April 14, 2012
MARKETPLACE OF CREATIVE ARTS DI BANDUNG: DESIGN NATION: CARVING CREATIVE SPACES


Marketplace of Creative Arts adalah sebuah ide bagi masa depan dimana seniman kreatif didukung, dikembangkan, dan dipaparkan ide-idenya. Mereka diberikan kesempatan untuk tumbuh menjadi seniman yang mewakili negara indentitas dan budayanya.

Marketplace of Creative Arts adalah sebuah kegiatan internasional yang mempertemukan seniman dari berbagai negara dengan komunitas-komunitas bisnis. Kegiatan tersebut kali ini memasuki tahun ke-4 dan akan berlangsung di Ciwalk, Bandung, pada 14-15 April 2012.

Dalam festival ini, Anda yang hadir akan disuguhkan sejumlah pertunjukan, yaitu: konvoi seni, seminar bisnis seni, pemutaran film-film pendek dari Asia Tenggara, kompetisi fotografi, dan pertunjukkan seni kolaborasi. Setidaknya akan berkumpul dalam acara ini sekira 40 seniman muda dari Asia Tenggara ditambah peserta dari Jepang dan India.

The Marketplace of Creative Arts diselenggarakan World Islamic Economic Forum (WIEF) Foundation dan Bandung Creative City Forum (BCCF) Alumni Seni Rupa Institut Teknologi Bandung. Pertama kali kegiatan tersebut diselenggarakan di Kuala Lumpur, Malaysia, pada 18-19 Mei 2010, kemudian penyelenggaraan ke-2 di Singapura pada 19 Februari 2011, dan terakhir yang ke-3 di Astana, Kazakhstan.

Dipilihnya Bandung dengan alasan sesuai dengan citra kota ini sebagai salah satu dari lima kota kreatif di Asia.  Bandung dinilai pihak penyelenggara telah berhasil membawa nama Indonesia dalam dunia industri kreatif. 

Tujuan penyengaraan Marketplace of Creative Arts adalah mendorong jiwa kewirausahaan praktisi seni dan menciptakan kesempatan bisnis di dunia seni. Selain itu, festival diharapkan juga menjadi wadah bagi seniman muda dari dalam dan luar negeri untuk berkumpul menunjukkan keahliannya dalam bidang seni.

Seniman yang tampil dalam acara ini memiliki karakteristik khas budaya negara asalnya. Mereka dipilih berdasarkan usia yang masih tergolong muda dan tentunya memiliki kemampuan kreatif seni. Sebagian dari seniman muda tersebut juga merupakan rekomendasi dari seniman-seniman senior. Sejumlah seniman muda Indonesia yang ikut hadir dalam festival tersebut adalah Sarasvati, Trah, Leonardo, Arumba, Imelda Rosaline, Ammy Alternative String, dan 4 Peniti.

Untuk informasi lebih lanjut silakan hunungi pihak berikut.

http://wief.org/

http://www.facebook.com/

http://artpage.wief.org/


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.