FESTIVAL JEPEN

Oktober 08, 2011
Kabupaten Berau, Kalimantan Timur menjadi tuan rumah Festival Jepen yang ketiga. Acara ini akan digelar selama 2 hari pada 8-9 Oktober 2011 di Gelanggang Olahraga Pemuda, Jalan Pemuda, Tanjung Redep, Berau, Kalimantan Timur. Berau sendiri terkenal dengan potensi agrobisnis dan energi terbarukan.



Festival ini bertaraf internasional karena diikuti grup Jepen dari luar Indonesia. Ada 15 grup Jepen akan mengikuti festival ini yang berasal dari Kalimantan, Sumatera, bahkan dari negara tetangga seperti Malaysia dan Brunei Darussalam.



Tari Jepen sejak dulu menjadi hiburan rakyat dan ikon budaya orang Melayu. Jepen atau di Jawa lebih dikenal zapin merupakan seni tari asal Yaman yang kemudian hidup dan dikembangkan masyarakat Melayu di pesisir Kalimantan, bagian Barat Sumatera, dan semenanjung Malaysia.



Festival Jepen menjadi upaya menciptakan kedekatan budaya dan historis masa lalu antarnegara serumpun Melayu yang juga menjadi budaya Indonesia. Festival ini diharapkan mengajak generasi muda di Kabupaten Berau dan di negara tetangga agar tidak melupakan budaya lokalnya.



Selain untuk menjaga kelestarian budaya Melayu khususnya Jepen, festival ini sebagai momentum untuk memperkenalkan pariwisata Kabupaten Berau termasuk ibukotanya Tanjung Redep hingga ke Derawan.



Berau memiliki hutan mangrove seluas 60 ribu hektare yang menjadi rumah bagi orang utan. Tidak melulu hutan, ada juga wisata bahari di Berau yaitu kekayaan terumbu karang karena posisi strategisnya sebagai kepala coral triangle. Laut Berau juga banyak dihuni penyu. Kabupaten Berau juga memiliki berbagai jenis obyek wisata lain seperti air terjun, hutan lindung di Kecamatan Kelay dan Segah. Wisata sejarah dan budaya di Kecamatan Teluk Bayur, Gunung Tabur dan Sambaliung.



Informasi lebih lanjut:

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Berau

Jl. Pemuda No. 35

Tanjung Redeb-Berau 77311

Kalimantan Timur - Indonesia

Telp./Fax. +62 554 21159

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.