Festival Togean 2011: Keunikan Ragam Budaya Masyarakat Bahari

Juli 23, 2011

Mulai tanggal 23 hingga 27 Juli 2011 Kepulauan Togean yang menawan akan semakin indah dengan hadirnya Festival Togean 2011. Festival ini merupakan kombinasi unik yang memadukan keindahan alam darat maupun bawah airnya dengan keunikan ragam budaya masyarakat bahari. Festival ini adalah bagian dari kampanye megah Sail Tomini 2012.

Festival Togean 2011 akan dimeriahkan Underwater Photography, Jelajah Togean, Traditional Fishing, Parade Perahu Hias, Wisata Kuliner, pentas seni dan budaya, dan ada pula Rally Photo. Festival ini juga akan diramaikan atraksi khusus menyelam tradisional dari suku Bajo yang mendiami kepulauan ini. Mereka adalah penyelam handal yang menyelam lama di bawah air tanpa bantuan peralatan pernapasan.

Festival Togean 2011 pertama kali digelar tahun 2008. Tahun ini akan diikuti oleh perwakilan dari semua kota dan kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah. Selain itu hadir juga delegasi dari provinsi tetangga.

Festival ini dijadwalkan akan dibuka secara resmi Gubernur Sulawesi Tengah pada 23 Juli 2011. Hari kedua acaranya akan diisi kompetisi perahu hias, eksplorasi Togean, dan Rally Fotografi bawah air. Hari ketiga akan diisi lomba memancing tradisional dan pertunjukan seni dan budaya malam hari. Hari terakhir akan ditutup dengan festival kuliner dan pertunjukan khusus dan beberapa hiburan lokal.

Pemandangan alam Kepulauan Togean berpadu dengan keindahan pantai, keindahan bawah laut, flora dan fauna langka. Itu semua semakin lengkap dengan ditunjang kearifan lokal penduduk asli dan keunikan budayanya sehingga menguatkan kawasan ini sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia.

Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini dengan garis pantai yang berkelok, berbukit, dan merupakan perairan di garis Katulistiwa. Togean terlatak di Kabupaten Tojo Una-Una, Kepulauan Togean menawarkan kemegahan dan estetika alam bawah lautnya merupakan surga bagi wisatawan yang dihuni dengan berbagai karang tropis dalam ukuran jumbo serta berbagai spesies ikan hias dan kepiting kenari.

Untuk mencapai Kepulauan Togean yang berada di tengah Teluk Tomini, Anda dapat melalui beberapa pintu masuk, antara lain Kota Palu kemudian menuju Ampana melewati jalan darat 350 km, atau Luwuk di timur Provinsi Sulawesi Tengah, atau dari Gorontalo dengan menggunakan pesawat udara. Dari kota-kota tersebut perjalanan dilanjutkan dengan menyeberang laut menuju Wakai, di Kepulauan Togean.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi alamat berikut.

visitsulteng.com

atau

http://www.disbudpar.sulteng.go.id/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.