BALI ARTS FESTIVAL 2011 KE-33

Juni 11, 2011

Diadakan setiap tahun sebagai perayaan seni dan budaya, Bali Art Festival yang ke-33 (BAF) atau Pesta Kesenian Bali akan berlangsung di Denpasar, ibu kota Bali, mulai dari 11 Juni sampai 9 Juli 2011. Bali Arts Festival adalah bulan yang penuh dengan pertunjukan seni harian, pameran kerajinan dan berbagai kegiatan budaya dan komersial terkait.

Pesta Kesenian Bali diselenggarakan sebagai upaya persembahan karya cipta seni terbaik masyarakat. Apabila kini masyarakat berkeinginan memilih untuk berkecimpung dalam kesenian dan kerajinan, profan dan sekular, pesanan dan kreativitas murni masyarakat Bali, semua itu mereka kerjakan dengan semangat "persembahan". Perbedaan itu tidak akan mengurangi hakekat berkesenian. Kegiatan berkesenian didasari oleh motivasi sebagai persembahan yang terbaik dan "spirit" dalam segala aktivitas masyarakat Bali.

Tahun ini juga menandai sebutan baru dari tema umum yang akan berjalan selama lima tahun dari tahun 2011 sampai 2015: Segara Giri yang berarti “Menilik Jejak Kehidupan”. Sebagai perhelatan awal dari tema umum yang akan digunakan selama lima tahun, tahun ini, BAF memilih tema “ Desa Kala Patra” atau Adaptasi Multikultural Dunia. Kegiatan ini berfungsi sebagai media penggalian, konservasi, dan pengembangan seni dan budaya Bali dalam proses pembangunan berkelanjutan yang membangun potensi budaya lokal selaras dengan budaya dalam dan luar negeri, dan akhirnya menciptakan budaya besar dunia secara holistik.

Acara ini akan menampilkan jejak budaya dari lereng pegunungan terpencil, pesta kuliner, tarian istana klasik, berbagai pertunjukan musik, kreasi seni baru dari sekolah-sekolah tari Denpasar, serta koreografi dan pertunjukan tari kontemporer dari provinsi lain dan dari luar negeri.

Festival ini dijadwalkan akan dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada hari Jumat 10 Juni 2011, dan diikuti oleh pertunjukan opera tari yang berjudul "Bhisma Dewabharata". Hari Berikutnya akan ditandai dengan parade kolosal yang akan melalui jantung kota Denpasar pada Sabtu, 11 Juni pukul 14:00 waktu setempat.

Sedikitnya 11 provinsi menyatakan kepastian untuk mengikuti Pesta Kesenian Bali termasuk: Jawa Timur, Lampung, Sumatera Barat,  Sumatera Utara, Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Nusa Tenggara Barat, Ternate, Sulawesi Utara dan Kalimantan Barat. Festival ini juga akan melibatkan sebanyak 334 kelompok seni dan sekitar 15.000 seniman.

Informasi selanjutnya di: www.baliculturegov.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.