KONFERENSI TINGKAT TINGGI ASEAN KE-18

Mei 07, 2011
Indonesia akan menggelar KTT ASEAN ke-18 pada 7-8 Mei 2011 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.  KTT ASEAN ke-18 ini akan dihadiri kepala pemerintahan negara-negara yang tergabung dalam ASEAN, yaitu: Indonesia, Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Vietnam. Selain itu juga akan hadir kepala pemerintahan dari negara-negara sahabat ASEAN dan pimpinan lembaga-lembaga internasional. Delegasi ASEAN akan datang ke Indonesia sejak tanggal 3-4 Mei 2011.

Upacara Pembukaan akan berlangsung pada 7 Mei pukul 09.00 WIB di JCC Assembly Hall I-II dihadiri semua delegasi dan tamu undangan. Pukul 14.00 WIB akan digelar Rapat pemimpin ASEAN dengan ASEAN Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) dan pertemuan informal pemimpin ASEAN dengan perwakilan Civil Society Organizations (CSO).

Pada malam hari, Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Istri akan menjamu makan malam bagi kepala negara/pemerintahan negara-negara ASEAN dan pasangan, para menteri dan pasangan, sekretaris jenderal ASEAN dan pasangan, juga Senior Official Meeting, Senior Official Meeting Leaders, perwakilan, serta tamu undangan.

Pada tanggal 8 Mei konferensi akan dimulai pukul 9 pagi dilanjutkan kesimpulan hasil sidang pleno. Sekitar pukul 15.25 WIB menandai penutupan acara akan dilakukan penandatanganan oleh Menteri Luar Negeri ASEAN disaksikan para pemimpin ASEAN. Konfrensi pers oleh Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Konferensi Tingkat Tinggi ASEAN ke-18 dijadwalkan di JCC Assembly Hall II.

Sebelumnya KTT ASEAN akan didahului rangkaian pertemuan Senior Official Meeting (SOM), dan menteri luar negeri dalam format ASEAN Foreign Ministers Meeting (AMM) maupun ASEAN Coordinating Council (ACC). Secara pararel juga diselenggarakan pertemuan rutin pejabat tinggi dan tingkat menteri dari ketiga Dewan Komunitas ASEAN yakni ASEAN Political Security Community Council (APSCC), ASEAN Economic Communty Council (AECC), dan ASEAN Social Cultural Community Council (ASCCC).

KTT ASEAN adalah pertemuan tahunan yang salah satunya membahas ekonomi dan pengembangan kebudayaan negara-negara di Asia Tenggara. KTT ASEAN ini merupakan forum internasional yang penting dalam peran Indonesia di kancah internasional. Keberhasilan penyelenggaraan KTT ASEAN akan meningkatkan kredibilitas bangsa Indonesia sebagai pemimpin negara-negara kawasan ASEAN.

Terhitung 11 Januari 2011 hingga 31 Desember 2011 Indonesia menjadi tuan rumah pertemuan ASEAN pada tingkat Working Group, Senior Official Meeting (SOM), menteri hingga kepala negara/pemerintahan. Ini berarti Indonesia bertanggung jawab menyelenggarakan KTT ke-18 dengan tema “ASEAN Community in a Global Community of Nations”.

Temukan informasi lebih lanjut di alamat berikut.

www.aseansec.org
aseancommunityindonesia.org
www.aseansummit.org

The Jakarta Convention Center (JCC)
Jl. Jend. Gatot Subroto
Jakarta, 10270
PO BOX 4916 JKT 10049
Indonesia
Tel: (62-21) 572-6000
Fax: (62-21) 572-6523 / 28
Situs Web: www.jcc.co.id

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.