PAMERAN NASIONAL BONSAI DAN SUISEKI INDONESIA 2011: “GO GREEN JAKARTA”

Maret 05, 2011
Dari tanggal 5 sampai 13 Maret 2011, Jakarta akan menjadi tuan rumah Pameran Nasional Bonsai dan Suiseki se-Asia Tenggara. Dengan mengusung tema "Go Green Jakarta", Pameran Nasional Bonsai dan Suiseki Indonesia 2011 akan menampilkan beberapa karya terbaik Bonsai dan Suiseki dari seluruh wilayah Indonesia. Acara tersebut berlangsung di area parkir Gandara City Platinum, juga akan diisi dengan kegiatan Demo membuat Bonsai, workshop Bonsai dan presentasi video mengenai bonsai.

Bonsai dan Suiseki adalah seni eksotis Asia yang telah menjalar ke seluruh belahan dunia dan termasuk Indonesia. Seni merekayasa tanaman menjadi ukuran yang kecil ini dikenal luas dengan nama Bonsai, yang pertama dimulai di Cina, kemudian masyarakat Jepang meniru seni merekayasa tamanan ini dan mengembangkannya dari tahun ke tahun kemudian menyebarkan ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Suiseki juga dikenal dari Cina namun lebih dikembangkan di Jepang. Secara umum dikenal sebagai seni perpaduan imajinasi alam dan keindahan dalam membentuk batu yang tidak lazim. Batu dapat dibentuk menjadi pegunungan, danau, air terjun atau pemandangan alam lainnya, jadi intinya Suiseki merupakan representasi alam di tangan seseorang.

"Acara ini diperkirakan akan menjadi yang terbesar di ASEAN karena koleksi eksklusif Bonsai dan Suiseki yang akan dipamerkan jumlahnya sangat besar”, kata Budi Sulistiyo, Ketua Indonesia’s Bonsai Enthusiasts Association (PPBI). Selain itu, Budi juga mengatakan sekitar 500 koleksi bonsai dan 200 koleksi Suiseki akan dipamerkan dalam perhelatan ini.

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia, Jero Wacik dijadwalkan secara resmi akan membuka pameran ini pada Sabtu, 5 Maret 2011. Acara ini diperkirakan akan menarik pengunjung dari Jepang, Malaysia, Singapura, Swiss, Filipina, dan Taiwan, dan tentunya penggemar Bonsai dan Suiseki dari berbagai negara lain.

Sebagai sebuah pameran yang berhubungan dengan alam dan teknik kuno dalam menciptakan karya seni yang menakjubkan maka Pameran Nasional Bonsai dan Suseki Indonesia 2011 jangan sampai Anda lewatkan.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi link di bawah ini:

http://budi-sulistyo.ofbonsai.org/2011/

http://www.ferrysuiseki.com/

Online E-Book flyer:

http://budi-sulistyo.ofbonsai.org/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.