KIDULT: SOLO EXHIBITION BY TROMARAMA

Januari 06, 2011
Pada 6 - 25 Januari 2011 ini, bertempat di Tembi Contemporary Jl. Parangtritis Km. 8,5 Bantul, Yogyakarta, tiga seniman muda asal Bandung mengadakan Pameran TROMARAMA. Pameran ini merupakan pameran tunggal pertama mereka di Indonesia, setelah sebelumnya mengadakan pameran tunggal untuk pertama kalinya di Mori Art Museum, Jepang.

Mengangkat tema KIDULT, merupakan paduan dua kata, yakni ‘kid’ dan ‘adult’, dua hal yang selama ini selalu dilihat sebagai oposisi binner, tak saling bersinggungan. Dalam pameran ini, Tromarama menunjukkan bahwa keduanya merupakan kategori yang saling melengkapi dan bisa beririsan. Pameran Tromarama: Kidult ini memamerkan 4 judul karya berupa video animasi berikut juga instalasi objek.

Pameran ini menggarisbawahi jelajah Tromarama terhadap media baru, terutama yang berhubungan dengan teknik dan kemungkinan visual. Sensibilitas visual mereka jelas mencerminkan keterlibatan sepenuhnya pada gerakan anak muda global, ditandai semangat do it yourself atau persinggungan yang fantastis antara yang rebel dan yang arus utama yaitu seni tinggi dan bentuk populer.

Jika sebagian besar seniman video berkonsentrasi pada penggunaan kamera untuk merekam realitas maka upaya mereka untuk terus bekerja dengan tangan merupakan satu bentuk dialektika dengan teknologi. Teknologi tidak diterima sebagai sesuatu yang terberi, melainkan dimaknai lagi, ditampilkan dengan pendekatan baru. Di tengah narasi-narasi sederhana yang mereka kembangkan, mungkin melalui pameran inilah mereka mencoba menawarkan celah perlawanan.

Keterangan lebih lanjut, hubungi :
Elly A. Mangunsong
+62 818 468 283

tembicontemporary01@gmail.com
www.tembicontemporary.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.