BULELENG FESTIVAL 2015: “GURMITANING DEN BUKIT”

Agustus 04, 2015

Buleleng Festival (Bulfest) kembali hadir di Pulau Bali dimana kali ini akan berlangsung pada 4-8 Agustus 2015 bertempat di Tugu Singa Ambara Raja, Kota Singaraja, Buleleng, Bali. Tahun ini Bulfest mengangkat tema “Gurmitaning Den Bukit”. Tema tersebut memiliki makna gemuruh musik di Kabupaten Buleleng dengan tujuan mengeksplorasi musik tradisional hingga musik modern di Buleleng.

Bulfest merupakan event budaya yang menyajikan kombinasi antara seni, budaya, pendidikan dan lingkungan sosial yang akan mengarahkan Buleleng pada terintegrasinya pelestarian, kreativitas, inovasi, promosi dan branding Buleleng. Selain itu, diharapkan acara ini membawa branding positif Buleleng dan iklim positif seni budaya dan pendidikan di Buleleng.

Festival Bulfest akan menghadirkan budaya lokal, seni kontemporer, industri rumah tangga, kuliner, sastra, dan musik. Nantinya akan ada bentuk keluaran berupa dokumentasi terkini tentang Buleleng, buku antologi puisi dan prosa se-Indonesia tentang Buleleng, website, publikasi online dan offline.

Buleleng Festival 2015 juga akan menampilkan gong kebyar secara massal. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Buleleng, merancang 20 sekaa gong kebyar yang tampil dalam pembukaan. Gong Kebyar dan Tari Teruna Jaya sengaja dipilih sebagai representasi kesenian khas Kabupaten Buleleng. Kedua kesenian itu diketahui diciptakan seniman asal Bali Utara.

20 sekaa gong kebyar akan tampil bersamaan atau mebarung. Setiap sekaa juga akan membawakan tari teruna jaya. Sekaa-sekaa yang tampil dalam pembukaan Buleleng Festival adalah yang terpilih oleh Disbudpar Kabupaten Buleleng dan Majelis Pertimbangan dan Pembinaan Kebudyaan (Listibiya) Kabupaten Buleleng dengan berbagai pertimbangan salah satunya sempat tampil dalam ajang tingkat kabupaten.

Kegiatan Buleleng Festival 2015 rencananya tidak hanya menampilkan beraneka kesenian khas Kabupaten Buleleng. Akan tetapi, beberapa penyanyi lokal dan nasional juga akan menyemarakan acara. Panitia Bulfest tengah mengupayakan mengundang artis nasional, yaitu Nidji untuk mengisi pembukaan Bulfest. Selain itu, beberapa band lokal kenamaan Bali turun ditampilkan panitia seperti, Lolot, Nanoe Biroe, XXX, dan Bintang Band. 


Informasi dan keterangan hubungi pihak berikut.

www.bulelengfestival.com

Fan Page: Facebook dan Twitter

Email ke : bulfest.media@gmail.com

Contact Person: Cok Adithya : 081 236 53 07 07;  Dedek : 087 863 074 222

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.