FESTIVAL KERATON DAN MASYARAKAT ADAT ASEAN

Oktober 25, 2013

Kota Mataram, ibu kota Nusa Tenggara Barat, mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN yang ke-2. Festival budaya ini akan berlangsung pada 25-28 Oktober 2013 dan pembukaannya dijadwalkan pada 26 Oktober 2013 di Lapangan Sangkareang.



Festival tahun ini akan diikuti 10 negara ASEAN dan 9 negara mitra ASEAN. Negara tetangga, seperti Malaysia dan Vietnam sudah mengkonfirmasi keikutsertaan mereka dan akan disusul oleh negara anggota lainnya. Tidak kurang dari 180 raja dan anggota keluarga kerjaan dari berbagai negara di ASEAN diperkirakan akan hadir. Sementara dari dalam negeri, sekira 600 orang utusan keraton dan masyarakat adat  akan turut memeriahkan acara. Festival se-Asia Tenggara ini juga tentunya akan diabadikan oleh fotografer profesional dari berbagai negara. 



Festival Keraton dan Masyarakat Adat ASEAN tidak hanya menyuguhkan parade budaya tetapi juga konferensi antar-masyarakat adat Nusantara yang nantinya diharapkan dapat melahirkan "Deklarasi Mataram". Festival ini pertama kali digelar di Denpasar, Bali 5 tahun lalu dan merupakan upaya ASEAN untuk memperkuat kerja sama antarnegara anggota dalam bidang budaya, selain dalam bidang politik, ekonomi, dan pertahanan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.