PAMERAN WISATA RELIGI INDONESIA 2012

Februari 01, 2012
GELAR BUDAYA ACEH 2012 DI INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG



Indonesia memiliki beragam budaya yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Budaya tersebut patut dilestarikan seiring erosi budaya yang terus terjadi. Satu upaya datang dari Unit Kebudayaan Aceh, Institut Teknologi Bandung (UKA-ITB) dengan menghelat acara bertajuk, “Gelar Budaya Aceh 2012” di ITB, Bandung.

Gelar Budaya Aceh 2012 berupa pameran atau festival yang ditujukan untuk mengenalkan budaya Aceh pada masyarakat luas, sekaligus menyegarkan kembali ingatan mengenai kebudayaan Aceh. Acara ini terbuka baik bagi para mahasiswa ITB maupun bagi masyarakat umum.

Gelar Budaya Aceh ITB akan diselenggarakan selama sebulan yaitu sejak 1 Februari 2012 hingga 3 Maret 2012. Kegiatan akan dibagi menjadi 3 acara di 3 tempat berbeda. Pra event dimulai pada 1 hingga 29 Februari 2012 berupa pelatihan tari ratokduek mulai. Latihan akan mengambil tempat di Selasar TVST, Selasar Oktagon, Selasar FMIPA lt.2 dan Selasar Elektro Lt.2. Nantinya tarian ini akan dipentaskan pada Jumat, 2 Maret 2012 oleh peserta di Lapangan Cinta, Boulevard ITB.

Pada Jumat 2 Maret 2012, akan dihelat Pameran Budaya Aceh yang menampilkan ragam budaya Aceh disajikan dalam stand-stand. Ada pula penampilan tarian para peserta yang telah berlatih selama pra event. Kebudayaan yang akan dipamerkan meliputi artefak kebudayaan, kostum, kuliner, tarian, serta produk kebudayaan Aceh lainnya. Pameran ini bertempat di Lapangan Basket ITB dan Lapangan Cinta ITB.

Puncak rangkaian acara Gelar Budaya Aceh 2012 adalah pagelaran kisah perjuangan Cut Nyak Dhien yang mewakili semangat Aceh. Dalam pengemasan kisah ini, Gelar Budaya Aceh 2012 akan berkolaborasi dengan beberapa unit seni budaya ITB maupun sanggar kebudayaan lainnya. Puncak acara ini akan berlangsung pada 3 Maret 2012 di Auditorium Sasana Budaya Ganesha.

Unit Kebudayaan Aceh, Institut Teknologi Bandung (UKA-ITB) merupakan sebuah organisasi kebudayaan Aceh yang secara resmi berada di bawah naungan Institut Teknologi Bandung. Berdiri sejak tahun 1989 dan telah menjadi salah satu icon utama budaya Aceh di Bandung dan sekitarnya.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut silahkan hubungi pihak berikut.

Sekretariatan Unit Kebudayaa Aceh ITB (UKA ITB)
Sunken Court W-04, Kampus Institut Teknologi Bandung
Jalan Ganesha No. 10 Bandung

Twitter       :         @GBA_2012
Facebook    :         Gelar Budaya Aceh
Email          :         gelarbudayaaceh2012@gmail.com
Website      :         http://uka.itb.ac.id/gba2012            

Contact Person  
Ichsan        :         0856 9229 5020
Sayid           :         0852 7708 5811

Link Terkait

Panduan Kuliner Bandung
Bandung
Tempat Konvensi di Kota Bandung

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.