DESA WISATA SAUWANDAREK

DESA WISATA SAUWANDAREK


Desa wisata Sauwandarek terletak di bagian barat Waisai, ibu kota kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Desa ini merupakan bagian dari kabupaten Mansar Meos. Rumah di desa wisata ini dihuni sebanyak 46 keluarga atau sekitar 179 penduduk yang masih tinggal di dalam rumah yang beratapkan daun jerami.

Di desa ini, perempuan, khususnya kaum ibu, memproduksi topi dan tas yang terbuat dari daun pandan laut. Desa ini terkenal dengan karangnya yang indah. Selain itu, ada sebuah danau asin lokal yang disebut Telaga Yenauwyau, yang terletak di belakang desa.


TRANSPORTASI
Untuk menuju ke desa wisata Sauwandarek, di Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Anda bisa mengunakan transportasi udara dan darat. Akan lebih mudah bagi Anda untuk mengambil penerbangan ke Sorong terlebih dahulu yang merupakan pintu gerbang ke daerah Raja Ampat.

Ada beberapa penerbangan yang dapat membawa Anda ke Sorong misalnya, Merpati Air, Express Air, dan Lion Air. Untuk transportasi laut, kapal yang transit di Pelabuhan Sorong adalah Dorolonda, Labobar, Gunung Dempo, Sinabung, dan Tatamailau.

Dari Sorong, Anda dapat mengambil kapal motor dari Pelabuhan Perikanan Sorong ke Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat. Dari Waisai, Anda dapat melanjutkan perjalanan Anda dengan menggunakan perahu anjang ke Sauwandarek.

Ada dua kapal alternatif dari Sorong ke Waisai. Pertama, dengan menggunakan speedboat selama sekitar dua jam, atau kedua, dengan menggunakan kapal pemerintah setempat selama empat jam perjalanan. Setelah itu, perjalanan Anda dengan perahu panjang dari Waisai menuju Sauwandarek akan memakan waktu sekitar empat jam.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.