PUSAT PENANGKARAN BUAYA TERITIP

PUSAT PENANGKARAN BUAYA TERITIP

Teritip merupakan pusat penangkaran bagi sejumlah besar buaya di Kalimantan Timur. Saat ini, terdapat lebih dari 1.450 ekor buaya di tempat ini mulai dari buaya muara (Crocodylus porosus) dan dua spesies yang terancam punah yaitu buaya air tawar (Crocodylus siamensis) serta buaya supit (Tomistoma segellly).

Buaya-buaya ini dibesarkan di dalam puluhan kandang di lahan seluas 5 hektar. Kandang ini dikategorikan menjadi 4 jenis yaitu, kandang untuk anak buaya, kandang untuk menimbang berat badan buaya, kandang untuk buaya muda, dan kandang untuk buaya dewasa. Setiap pengunjung harus membayar Rp10.000,00 per orang untuk bisa masuk. Buka setiap hari Senin hingga Minggu pukul 8.00-17.00.


KULINER

Bagi Anda yang ingin berwisata kuliner dapat mencoba sate buaya dengan harga Rp3.000,00 per tusuk. Sate ini dipercaya mampu meningkatkan kekuatan dan vitalitas pria. Alat kelamin Buaya juga dijual dengan harga Rp700.000,00-Rp400.000,00.Harap dicatat bahwa sate buaya, alat kelamin buaya dan minyak hanya tersedia selama akhir pekan dan hari libur. Apabila Anda ingin mencicipi hidangan yang lain maka bisa pergi ke Balikpapan dan menyantap makanan di restoran biasa.

BERBELANJA

Di Teritip, para pengunjung bisa membeli berbagai tipe suvenir yang terbuat dari kulit buaya atau suvenir berbentuk buaya.

AKOMODASI

Pusat penangkaran buaya Teritip terletak tidak jauh dari pusat kota Balikpapan. Anda bisa tinggal di hotel-hotel yang ada di sepanjang jalan Sudirman, Marsma Iswahyudi, atau Mulawarman.

KEGIATAN

Sejauh ini, buaya dikenal sebagai hewan liar dan berbahaya. Namun, di dalam pusat penangkaran ini, pengunjung dapat melihat reptil ini lebih dekat. Selain itu, pengunjung juga bisa memberi makan langsung buaya ini dengan ikan dan ayam.

Tips
Pusat penangkaran ini merupakan objek wisata yang aman menarik untuk keluarga. Lokasinya yang luas dan teduh serta memiliki aulanya yang besar, sangat nyaman dan memungkinkan Anda untuk beristirahat, makan dan minum selama piknik bersama keluarga tercinta.


BERKELILING
Pusat penangkaran buaya ini termasuk luas, namun Anda  masih mungkin untuk berkeliling dengan berjalan kaki. Selain buaya, Anda juga bisa berkunjung ke kandang ular dan monyet. Dua ekor gajah lampung siap untuk mengantar dan menemani Anda berkeliling.


TRANSPORTASI
Kalimantan Timur merupakan sebuah provinsi yang unik. Ibu kotanya adalah Samarinda tetapi pintu masuknya berada di Balikpapan. Bandara Sepinggan berada di Jalan Marsma Iswahyudi, Balikpapan.

Pusat Penangkaran Buaya Teritip terletak sekitar 28 kilometer dari Balikpapan. Tepatnya di Jalan Mulawarman No. 6, Desa Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur 76118. Telepon: 0542-790568.

Dibutuhkan sekitar 20 sampai 30 menit perjalanan ke tempat ini. Anda juga bisa mengambil transportasi umum nomor 7 dari Stasiun Bus Damai, Balikpapan


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.