PULAU SILADEN

PULAU SILADEN



Siladen adalah salah satu pulau yang membentuk Taman Nasional Bunaken-Manado, di Provinsi Sulawesi Utara. Pulau yang luasnya hanya sekitar 31,25 ha ini begitu indah dikelilingi pantai berpasir putih, ditumbuhi pepohonan palem, sagu, woka, silar, dan kelapa. Pulau Siladen berada di sebelah timur Pulau Bunaken atau berjarak 3 km dan 8 mil dari pusat kota Manado dan dapat ditempuh dengan kapal motor sekira 45 menit.

Bagi Anda yang mendamba suasana alami dengan ketenangan maka pulau ini menyuguhkan harmonisasi pemandangan alam, suasana keindahan alam bawah laut, suara kicauan burung, hembusan angin laut yang segar, dan sinar Matahari khas pantai siap menjadi teman Anda untuk beberapa hari. Di pulau ini terdapat katamaran (perahu kaca), diving center, cottage, dan warung makan sehingga Anda dapat memilih atraksi wisata yang sesuai selera.

Nama Siladen berarti kandas, berasal dari cerita tentang sebuah kapal yang dipergunakan orang Sangier saat sedang berlayar kemudian mengalami kecelakaan di tengah laut dan tenggelam. Lokasi tempat kapal tersebut tenggelam kemudian diberi nama Siladen.

Kehidupan bawah laut pulau ini begitu menakjubkan dengan terumbu karang yang beranekan ragam dan biota laut lainnya yang berwarna warni. Di pulau ini ada dua lokasi menyelam paling potensial yaitu Siladen dan Siladen Utara dengan kedalaman dasarnya berkisar antara 20 meter sampai 50 meter. Dinding karang di dasar laut pulau ini terlihat seperti rak buku dan di setiap rak terdapat berbagai jenis ikan yang berbeda. Berbagai jeni ikan yang menjadikan perairan Pulau Siladen ini sebagai rumah mereka antara lain ikan kuda gusumi (Hippocampus kuda), oci putih (Seriola rivoliana), lolosi ekor kuning (Lutjanus kasmira), goropa (Ephinephelus spilotoceps dan Pseudanthias hypselosoma), ila gasi (Scolopsis bilineatus), dan lain-lain. Sedangkan jenis moluska seperti kima raksasa (Tridacna gigas), kepala kambing (Cassis cornuta), nautilus berongga (Nautilus pompillius), dan tunikates/ascidian. Sementara itu, ada juga beragam terumbu karang yang ada di perairan pulau ini antara lain jenis Pocilopora sp, Seriaattopora sp, Pachyseris sp, Porites sp, Fungia sp, Herpolitha sp, Holomitra sp, Galaxea sp, Pectinia sp, Lobophyllia sp, Echinopora sp dan Tubastrea sp.

Di atas darat pulau ini berdiam beberapa jenis satwa seperti kera hitam (Macaca nigra nigra), rusa (Cervus timorensis russa), dan kuskus (Ailurops ursinus ursinus). Ada juga burung camar yang kicauannya sangat merdu bagaikan musik yang mengalun mendedangkan indahnya Pulau Siladen.

KULINER

Bubur Manado merupakan makanan khas Manado yang lezat. Bubur ini dicampurkan dengan labu kuning, singkong rebus, irisan jagung, sayuran bayam, daun suraung, dan bumbu penyedap lainnya. Bubur ini lebih nikmat jika dihidangkan bersama nikei, yaitu sejenis peyek yang terbuat dari gerusan ikan teri kecil-kecil dan sambal cakalang.

Satu lagi hidangan lezat yang tidak boleh Anda lewatkan, yaitu ayam rica-rica. Hidangan satu ini terkenal memiliki rasa pedas dan kaya rasa. Anda bisa memesan makanan tersebut di resort dan homestay tempat menginap.

AKOMODASI

Pulau Siladen merupakan salah satu pulau di Taman Nasional Bunaken-Manado yang memiliki akomodasi lengkap. Berikut ini dua di antara resort dan homestay yang popular.

Siladen Resort and Spa

Pulau Siladen 95011, Taman Nasional Bunaken Marine Park, Manado, Sulawesi Utara Tel. +62 8114300641

E-mail: info@siladen.com

Website: www.siladen.com

Tante Martha Homestay merupakan homestay yang paling terkenal dengan 4 bungalow nyaman dan dekat dengan nuansa alam.

KEGIATAN

Pulau Siladen adalah lokasi wisata air dan wisata bahari. Di sini Anda dapat menikmati taman laut dengan cara berkeliling naik perahu berkaca (katamaran), snorkeling, diving, foto bawah laut; atau bermain dan berjemur badan di pantai.

Pulau Siladen merupakan salah satu pulau yang perairannya memiliki keanekaragaman hayati melimpah. Pulau ini sangat cocok untuk kegiatan menyelam, menyaksikan berbagai macam biota laut dengan berbagai bentuk, warna dan karateristik. Menyelam di Perairan pulau ini mungkin bisa menjadi pelampiasan rasa ingin tahu Anda mengenai kehidupan bawah laut yang menakjubkan.

Bagi Anda yang bukan penyelam profesional atau belum mempunyai pengalaman menyelam sama sekali maka tidak perlu kawatir. Itu karena kegiatan snorkeling akan menyajikan pengalaman yang tak kalah cantiknya berupa indahnya bentuk dan warna warni terumbu karang. Tidak hanya itu, Anda pun bisa menyaksikan terumbu karang dari atas kapal dengan naik perahu berkaca (katamaran). Ombak di pulau ini tidaklah terlalu besar sehingga aman jadi sempatkan diri Anda untuk berenang.

Hamparan pasir putih yang bercahaya bermandikan sinar Matahari terhampar di dataran pulau tersebut menjadi pemandangan tersendiri dari kejauhan. Setelah melakukan kegiatan menyelam dan snorkeling, gelar kain pantai Anda di atas pasir dan rebahkan tubuh untuk merasakan sinar matahari menyapu kulit Anda sambil bersantai membaca buku kesukaan. Untuk pilihan lain Anda bisa berkeliling pulau mencari pemadangan menarik dan baru.

Jika Anda memiliki waktu yang lama untuk tinggal di Pulau Siladen, disarankan untuk berkunjung ke pulau-pulau tetangganya seprti Pulau Bunaken, Pulau Manado Tua, Pulau Mantehage, dan Pulau Naen.


Tips
Waktu terbaik berkunjung ke pulau ini adalah mulai bulan Juli dan Agustus. Saat masa musim kunjungan, biasanya operator selam akan sibuk jadi lakukan pemesanan lebih awal.
Waktu terbaik untuk menyelam adalah pada bulan Augustus dan September. Jika Anda bukan penyelam profesional, lebih baik Anda melukan kegiatan snorkeling.
Mohon untuk tidak membuang sampah sembarangan demi keberlangsungan pariwisata Pulau Siladen.

TRANSPORTASI
Garuda Indonesia, Lion Air, Batavia Air, serta beberapa maskapai penerbangan domestik lainnya terbang setiap harinya dari Jakarta dan Makassar ke Manado,serta dari Surabaya dan Bali. Dari Kota Manado perjalanan menuju Pulau Siladen terbilang singkat hanya sekira satu jam menggunakan kapal motor.ya




Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.