PULAU SARONDE

PULAU SARONDE



Indonesia memiliki banyak pulau-pulau kecil menawan yang belum banyak dikenal tetapi menyimpan keindahan menakjubkan. Salah satunya yang dapat Anda kunjungi adalah Pulau Saronde yang terletak di di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara. Lokasinya sekitar 65 km dari pusat Kota Gorontalo.

Pulau Saronde merupakan pulau kecil dengan luas keliling kurang lebih 1km. Pantai ini memiliki pesisir pasir putih terhampar mengelilinginya dengan batu karang indah menemani pemandangan pulau yang memesona.

Jika Anda berjalan dari selatan ke utara maka akan menemukan pemandangan yang berbeda. Hamparan pasir lembut yang membenamkan kaki Anda hingga batu karang dan  air laut yang jernih memanjakan mata.

Pulau ini merupakan permata wisata yang dimiliki oleh Provinsi Gorontalo. Keistimewaannya adalah taman laut di bawahnya begitu indah dengan beragam terumbu karang hingga kedalaman maksimal 150 cm, menjadikan pulau perairan di pulau ini cocok untuk kegiatan berenang dan snorkeling.

Ketika berkeliling, Anda bisa menyaksikan gugusan pulau lain di sekitarnya. Salah satu yang banyak dikunjungi adalah Pulau Lampu yang hanya berjarak 45 menit dari Pulau Saronde. Pulau ini tentunya juga menawarkan pemadangan yang elok dan memanjakan mata dan pikiran Anda.

Pulau Saronde merupakan gugusan dari Pulau Ponelo di Desa Ponelo, Kecamatan Kwandang, tidak jauh dari dermaga Pelabuhan Kwandang. Pada tahun 1990-an, dimasa pemerintahan Bupati Gorontalo, Marthen Liputo, pulau ini mengalami masa kejayaanya dengan tersedianya banyak cottage namun sayang potensi keindahan pulau ini sempat tidak terurus. Kini, dengan Dinas pariwisata Kabupaten Gorontalo Utara mulai melakukan pembenahan di berbagai bidang, mulai dari sarana pendukung akomodasi wisatawan sampai moda angkutan untuk memudahkan wistawan mengakses lokasi pulau nan indah ini.

BERBELANJA

Di Pulau Saronde Anda mendapatkan beberapa sovenir yang terbuat dari keong laut yang telah dipoles penduduk setempat menjadi hiasan dinding dengan berbagai macam model dan ukuran. Harganya bervariasi mulai dari 50 ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

AKOMODASI

Pulau Saronde menyediakan beberapa cottage yang disewakan dengan harga berkisar Rp150.000,00 per malam. Anda dapat memanfaatkan tenda untuk berkemah jika ingin bermalam di pulau ini. Akan tetapi, jika ingin menemukan fasilitas lebih memadai maka bisa pergi ke seputaran Kota Kwandang yaitu Ibu kota Kabupaten Gorontalo Utara.Jika Anda hanya berkunjung sehari di pulau ini maka bisa menginap di Kota Gorontalo. Disini terdapat berbagai pilihan akomodasi. Berikut ini beberapa informasi hotel yang bisa menjadi referensi. Quality Hotel GorontaloJl. A. Yani Kota GorontaloTelp: (0435) 822222, Fax (+62435) 821111Saronde HotelWalanda Marmis StreetTelp: (0435) 824144Yulia HotelAhmad Yani StreetTelp: (0435) 828395Wisata Hotel23 Januari StreetTelp: (0435) 821736City HotelBasuki Rahmat StreetTelp: (0435) 822437Krawang City HotelBasuki Rahmat StreetTelp: (0435) 822437Citra Hotel Merdeka StreetTelp: (0435) 821249


Tips
Waktu terbaik untuk mengunjungi Pulau Saronde adalah saat liburan dan pagelaran event – event berskala daerah maupun berskala nasional.


TRANSPORTASI
Pulau Saronde terletak di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, sekitar 65 km dari pusat kota Gorontalo dengan waktu tempuh sekitar 1 jam. Untuk menempuh perjalanan dari pusat Kota Gorontalo hingga ke dermaga Kwandang sebaiknya Anda menggunakan kendaraan pribadi.

Apabila Anda memutuskan untuk menggunakan angkutan umum maka ambillah angkutan umum rute Gorontalo-Kwandang dengan biaya sekitar Rp15.000,00 per orang. Jarak tempuh dari dermaga ke Pulau Saronde sekitar 60 menit dengan menggunakan jasa angkutan penduduk setempat atau disebut katinting.

Di dermaga kwandang telah tersedia taxi wisata ke Pulau Saronde dengan tarifnya Rp10.000 per orang.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.