PULAU PRAMUKA

Juli 11, 2017
PULAU PRAMUKA


Pulau Pramuka merupakan salah satu pulau indah yang berada di tengah gugusan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau ini juga sekaligus menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu. Pulau Pramuka memiliki luas sekira 9 hektar dan masuk Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta. Pulau Pramuka memiliki fasilitas terbilang lengkap sebagai pusat pemerintahan di Kepulauan Seribu. Di sini tersedia penginapan, rumah makan, rumah sakit, masjid, lapangan olahraga, dan lainnya. 

Perairan sekitar Pulau Pramuka terbilang bagus untuk Anda sepuasnya snorkeling atau scuba diving karena air lautnya jernih dan berarus yang tenang. Kawasan ini terbilang kaya dengan terumbu karang yang tersebar berwarna-warni dihiasi beragam ikan yang berenang dengan bebasnya. Selain terumbu karang, pantai dari pulau ini memiliki pasir putih dan laut biru kehijauan yang akan membuat Anda betah dan ingin kembali lagi ke sini. Di Pulau Pramuka juga terdapat sebuah penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang dikembangbiakan dan dirawat di area khusus secara alami, sempatkan mengunjunginya!

Selain itu, pulau ini juga menjadi tempat penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang dikembangbiakan dan dirawat di area khusus secara alami, sempatkan mengunjunginya dan temui Bapak Salim. 

Penyu sisik merupakan hewan langka yang dilindungi. Tubuh hewan ini terbungkus karapas keras berbentuk pipih dan dilapisi zat tanduk. Fungsi karapas untuk melindungi diri dari predatornya. Di dada dan perut dilindungi lapisan yang disebut plastron.  Hewan ini juga memiliki tangan dan kaki sebagai alat dayung di bagian depan dan bagian belakang untuk kemudi.

Masyarakat di Pulau Pramuka juga terkenal ramah menyambut dan melayani keperluan wisatawan berwisata di pulau ini. Senyuman, sapaan, dan bantuan mereka akan membenamkan rasa hormat dan empati Anda kepada mereka. Bahkan mungkin saat nanti kembali lagi ke pulau ini mereka bisa mengenai Anda.

Pulau Pramuka dihuni masyarakat yang sebagian besar merupakan nelayan dan penyedia usaha wisata berupa penginapan. Kehidupan mereka terbilang sejahtera dan sebagian besar bangunan rumah di sini cukup memadai. Pulau Pramuka merupakan pulau dengan jumlah penduduk terbesar di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu yang terdiri dari berbagai etnis, yaitu: Betawi, Bugis, Banten, dan Madura.

Pulau Pramuka memiliki pusat informasi pariwisata yang dapat Anda manfaatkan.

KULINER

Di Pulau Pramuka, kulinenya bernuansa makanan olahan laut seperti ikan, cumi dan udang. Beberapa jenis makanan lain yang tersedia adalah sayur asem, perkedel, lodeh, dan lainnya. Hubungi Ibu Yuni (08782711073; 08567082795) untuk memesan beragam makanan olahan laut segar juga mencicipi sate gepuk yang menjadi kuliner nikmat khas Kepulauan Seribu.Anda juga dapat memesan catering kepada pemilik wisma dengan kisaran harga Rp20.000,- per orangnya.Kunjungi sebuah Resto Nusa berupa tempat makan terapung di tengah laut tidak jauh dari Pulau Pramuka dan bisa dicapai hanya beberapa menit dengan perahu. Nusa Resto yang menyediakan beragam makanan olahan laut sembari menikmati pemandangan tepi pantai. Di sini juga tersedia souvenir shop dan kolam renang terapung. 

BERBELANJA

Tersedia banyak penjual kudapan khas Kepulauan Seribu yaitu keripik sukun. Makanan ini berbahan sukun pilihan dipadu rempah-rempah pilihan dan tanpa bahan pengawet.Mengapa tidak Anda menyebrang ke Nusa Keramba untuk melihat penangkaran ikan atau membeli oleh-oleh berupa bandeng tanpa duri yang sudah terkenal lezat. Di sini juga tersedia cenderamata berupa baju dan kerajinan lainnya.

AKOMODASI

Penginapan di Pulau Pramuka terbilang terjangkau dengan berbagai fasilitas dan kemudahan untuk keluarga maupun rombongan. Tarifnya bervariasi mulai dari Rp350.000,- hingga Rp500.000,-, fasilitasnya berupa AC, televisi, dan kamar mandi. Beberapa penginapan mampu menampung lebih dari 10 orang dengan beberapa matras atau kasur tanpa ranjang. Ada banyak pilihan penginapan di pulau ini yang sesuai kebutuhan dan dana yang tersedia.

Temukan atau pesan sebelumnya Wisma Shafir tidak jauh dari kator bupati dan langsung menghadap ke pantai dan terbenamnya Matahari. Tersedia 5 kamar yang disewakan dengan ukuran cukup besar dilengkapi kamar mandi dan AC. Hubungi dan pesan sebelumnya kepada Ibu Sukriah karena saat akhir pekan biasanya sudah terpesan di nomor 087885230924; 02132070546. Harga sewa per malamnya Rp350.000,- hingga Rp500.000,-.

Untuk keperluan makan di Pulau Pramuka maka Anda dapat meminta bantuan pengelola penginapan untuk dipesankan makan pagi dan makan malam yang dibayar terpisah atau bersama harga sewa kamar. Pilihan lain tersedia warung makan di pulau ini.


KEGIATAN

Di pulau yang masih alami tetapi tersedia fasilitas lengkap ini Anda dapat melakukan banyak hal mulai dari snorkeling, diving, memancing, canoe, atau sekedar duduk santai sembari memandang Matahari terbenam di dermaganya.Untuk menikmati keragaman dan keindahan biota bawah laut di sekitaran Pulau Pramuka maka manfaatkan jasa penyedia snorkeling di dermaganya. Anda hanya perlu menyediakan dana sebesar Rp20.000,- hingga Rp40.000,- untuk sewa peralatan selama 6 jam dan Rp300.000,- untuk sewa perahu berkeliling sekitar pulau. Anda juga dapat menyewa peralatan snorkling atau diving di sebuah toko sebelah rumah sakit dan kantor pos. Harga sewanya sekitar Rp40.000,-. Tersedia beberapa titik menyelam dan snorkling di sekitaran Pulau Pramuka. Salah satu yang menariknya adalah spot APL yang menyediakan beragam jenis ikan hias, coral dan terumbu karang.  Ada pula spot karang sempit dengan beragam jenis terumbu karang berukuran besar. Anda juga bisa menikmati snorkling di Pulau Semak Daun dan Pulau Air yang jaraknya tak jauh dari Pulau Pramuka.

Tersedia beberapa titik menyelam dan snorkling di sekitaran Pulau Pramuka. Salah satu yang menariknya adalah spot APL yang menyediakan beragam jenis ikan hias, coral dan terumbu karang. Ada pula spot karang sempit dengan beragam jenis terumbu karang berukuran besar. Anda juga bisa menikmati snorkling di Pulau Semak Daun dan Pulau Air yang jaraknya tak jauh dari Pulau Pramuka.Cobalah menantang deru adrenalin Anda dengan atraksi banana boat. Untuk yang lebih tenang naiki canoe atau di daratnya dengan bersepeda mengelilingi Pulau Pramuka.Anda yang hobi memancing dapat melakukanya di dermaga pulau ini tepatnya di bagian depan pulau. Pilihan lain adalah menyewa kapal nelayan menuju lokasi yang dihuni banyak ikan besar.Pulau Pramuka memiliki pusat informasi taman laut yang dapat Anda manfaatkan. Tersedia berbagai infomasi, foto, dan hewan laut yang sudah diawetkan. Bersebelahan dengan pusat informasi terdapat penangkaran penyu sisik (Eretmochelys imbricata) yang ditetaskan secara alamiah. Temui Bapak Salim untuk mendapatkan penjelasan mengenai kehidupan hewan cantik tersebut. Bila beruntung barangkali pada saat yang tepat Anda dapat turut serta melepas penyu yang cukup umur ke alam bebas.Penyu sisik merupakan hewan langka yang dilindungi. Tubuh hewan ini terbungkus oleh karapas keras berbentuk pipih dan dilapisi zat tanduk. Fungsi karapas untuk melindungi diri dari predatornya. Di dada dan perut dilindungi lapisan yang disebut plastron.  Hewan ini juga memiliki tangan dan kaki sebagai alat dayung di bagian depan dan bagian belakang untuk kemudi.Pulau Pramuka hanyalah sebatas tempat penetasan telur bagi penyu sisik. Hewan ini tidak pernah mendarat untuk bertelur di pulau ini. Akan tetapi, penyu sisik di Pulau Pramuka menjadi salah satu tempat penangkaran terpenting bagi hewan tersebut di samping juga ada di Pantai Selatan Jawa Barat sekitar Pangumbahan, Cikepuh, di Pantai Selatan Bali sekitar Kuta, di Kalimantan Tengah sekitar Sungai Cabang, di Pantai Selatan Lombok, dan di Jawa Timur sekitar Alas Purwo.

BERKELILING
Pulau ini tidak terlalu luas sehingga Anda hanya perlu menghabiskan waktu sekira 1 jam untuk menjelajahinya. Manfaatkan juga penyewaan sepeda untuk berkeliling yang dapat Anda temui di beberapa sudut jalan kecil. Penyewaan sepeda per jamnya adalah Rp15.000,- dan seharian Rp30.000,-

TRANSPORTASI
Anda perlu menempuh jalur laut selama 2,5 jam dari Muara Angke menggunakan kapal kayu bermesin berkapasitas 50 ke Pulau Pramuka. Kapal tersebut berangkat setiap harinya pukul 07.00 dan 13.00 baik dari Muara Angke maupun Pulau Pramuka. Ongkos per orangnya mulai dari Rp35.000,-. Beberapa pemilik kapal tradisional melengkapi layanannya dengan jasa asuransi. Untuk anak berumur di bawah 3 tahun dibebaskan dari biaya dan anak 4 tahun ke atas akan dikenakan harga normal. Saat masa liburan atau akhir pekan, Anda disarankan datang 30 menit menjelang keberangkatan karena biasanya harus berebut tempat dengan penumpang lain.

Pilihan lebih ekslusif, Anda dapat memanfaatkan speedboat dari Dermaga Marina Jaya Ancol. Jadwal keberangkatan selain yang reguler juga bisa di-carter. Waktu tempuhnya sekira 1-1,5 jam dengan kapasitas kapal bervariasi mulai 15 hingga 30 penumpang. 

Sea Leader Marine Luxury Yacht menyediakan penyewaan carter tujuan Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, PulauKotok, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan Pulau Pantara, serta pulau lain sesuai tujuan di kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Hubungi kantornya di Dermaga Marina Ancol, untuk charter (021-6450310) dan reguler (021-6450315).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.