PULAU BIDADARI

Juli 11, 2017
PULAU BIDADARI

Pulau Bidadari adalah salah satu pulau yang menawan di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Pulau indah ini dulunya bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Lokasinya termasuk yang dekat dari Jakarta sekira 15 kilometer atau 20 menit perjalanan dengan speedboat. 

Pulau Bidadari berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer. Secara administratif pulau ini masuk Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kabupaten Kepulauan Seribu.

Pulau Bidadari terus dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu karena keindahan alam sekaligus bersejarah. Bersejarah mengingat abad ke-17, Pemerintah Hindia Belanda membangun rumah sakit lepra dan kusta di pulau ini. Selain itu, pada 1786 dibangun pula sebuah benteng pertahanan untuk melindungi Kota Batavia (Jakarta) dari serangan musuh. 

Pulau Bidadari memiliki pantai berpasir putih dengan air laut yang jernih. Di sini tumbuh hutan mangrove dan tanaman langka yang terpelihara dengan baik seperti pohon perdamaian (Baringtonia exelsa), pohon kepuh, pohon sentigi (Pempis acidula), pohon kayu hitam (Diospyros maritama), pohon glodokan, dan beberapa tanaman buah. Sekira 60% tanaman di pulau ini terbilang jenis langka yang dilindungi.
Sebelum tahun 1970, pulau ini tidak pernah dikunjungi wisatawan. Barulah setelah tahun 1970-an, PT Seabreez mengelolanya untuk dijadikan resor wisata sekaligus mempopularkan namanya menjadi Pulau Bidadari. Menurut penuturan masyarakat, dinamakan Pulau Bidadari karena dahulu Pengeran Jayakarta dan keluarga kerajaan menjadikannya sebagai tempat rekreasi dan hanya keluarga kerajaan saja yang boleh berekreasi di pulau ini sehingga disebut Pulau Bidadari.

KULINER

Pulau Bidadari menyediakan restoran yang siap memanjakan lidah Anda dengan menu utama berupa makanan olahan laut yang diperoleh langsung dari nelayan. Cicipi menu favorit seperti sup kepala ikan, sup rajungan, kerang hijau, baby stingray, dan lainnya. Apabila Anda memilih makanan selain seafood maka cicipi nasi gorengnya seharga Rp20.000 per porsi, mie kuah Rp20.000 per porsi, atau ikan baronang bakar Rp55.000 per porsinya. Di sini kadang ada barbeque party di malam harinya.

BERBELANJA

Di Pulau Bidadari Anda bisa membeli cenderamata di toko suvenir yang tersedia.

AKOMODASI

Di Pulau Bidadari ada 49 cottage yang terapung dan juga yang berada di darat. Cottage terapung tersebut berupa rumah panggung di atas air dan berada di antara pepohonan yang menghadap ke laut layaknya perkampungan nelayan. Lokasi ini sangat tepat untuk Anda yang mencari lokasi bulan madu karena nuansa di sini jelas membangkitkan aura romantis. Di daratnya tersedia juga rumah adat Minahasa yang dilengkapi AC, water heater, dan televisi. Tersedia juga sarana karaoke, games, meeting room, restaurant, souvenir shop, bar, volley beach, dan tenis meja. Cottage ini juga dilengkapi tempat penyewaan peralatan olah raga air, seperti jetski, banana boat, canoe, dan alat pancing. Tidak semua pulau di Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu memiliki fasilitas listrik 24 jam. Pulau Bidadari adalah salah satu yang menyediakan listrik 24 jam. Tersedia juga air bersih yang layak pakai.

KEGIATAN

Karena lokasinya dekat dengan Jakarta sehingga air laut di pulau ini tidak tepat untuk snorkling dan diving. Akan tetapi, di sini Anda dapat mencoba atraksi wisata bahari seperti jetski, banana boat, canoe, atau memancing. Tersedia juga saranan outbond di cottage-nya. Anda dapat berjemur di bawah sinar mentari (sunbathing) karena tersedia kursi kayu di area khusus. Tempat ini cocok untuk bercengkrama atau membaca buku.Pulau Bidadari juga menjadi tempat pembibitan ikan lumba-lumba. Ada beberapa ekor lumba-lumba di sini. Anda atau anak-anak dapat berenang bersama lumba-lumba di sini.  Tersedia juga fasilitas terapi autis bagi anak dengan berinteraksi bersama lumba-lumba. Harga terapi ini adalah Rp150.000 per setengah jam. Dua ekor lumba-lumba yaitu Yossy dan Nia akan mengajak anak Anda berenang bersama dengan aman.Di Pulau indah ini juga dapat Anda temui peninggalan bersejarah berupa benteng beserta meriamnya. Bentuk bangunan benteng menara pengawas tersebut di Eropa lebih dikenal dengan sebutan Menara Martello. Fungsi bangunan ini sebagai menara pengawas dan benteng dengan bentuknya bundar bergaris tengah 23 meter dan tebal dinding 2,50 meter. Di bagian tengah terdapat sebuah dinding lingkaran yang berfungsi sebagai tempat menampung air bersih untuk keperluan minum dan memasak tentara penjaga saat itu. Berdasarkan penelitian dan penggalian dari Dinas Museum dan Sejarah DKI Jakarta, bangunan menara ini asalnya bertingkat dua karena adanya lubang-lubang penyangga balok lantai. Ruangan di lantai dua ada tujuh dan berfungsi sebagai ruangan tidur sekaligus tempat pengintaian. Salah satu berfungsi sebagai tempat penyimpanan amunisi. Pulau Bidadari memiliki beberapa titik untuk Anda menikmati Matahari terbenam. Anda dapat sepuasnya mengabadikan Sang Surya di Pulau ini dengan kamera kesayangan lalu pamerkan sebagai oleh-oleh atau muatlah di microbloger. Sunset di Pulau Bidadari telah banyak dimanfaatkan untuk lokasi photo prewedding.

BERKELILING
Cara terbaik berkeliling Pulau Bidadari adalah dengan berjalan kaki dan berbekal kamera. Pulau ini dapat dikelilingi dengan berjalan kaki sekira 1-2 jam.

TRANSPORTASI
Pulau Bidadari dapat dituju sekira 30-45 menit dari Dermaga 17 Marina Jaya Ancol dengan KM Kerapu. Harga tiketnya Rp32.000 (belum termasuk tiket masuk Ancol) dengan waktu tempuhnya sekira 20-30. Jadwal keberangkatan dari Marina Ancol pukul 08.00 atau pukul 09.00 dan kembali pukul 13.30 atau pukul 14.00 WIB. 

Sea Leader Marine Luxury Yacht menyediakan penyewaan carter tujuan Pulau Ayer, Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung, PulauKotok, Pulau Putri, Pulau Sepa, dan Pulau Pantara, serta pulau lain sesuai tujuan di kawasan Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Hubungi kantornya di Dermaga Marina Ancol, untuk charter (021-6450310) dan reguler (021-6450315).

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.