MUSEUM PROVINSI SULAWESI UTARA

MUSEUM PROVINSI SULAWESI UTARA


Museum ini dibangun untuk menyimpan semua dokumen yang terkait dengan budaya lokal, sejarah dan seni di Provinsi Sulawesi Utara. Museum ini memiliki koleksi lengkap yang terdiri dari 10 kategori yaitu: geologi, biologi, etnografi, arkeologi, sejarah, pengetahuan tentang pengumpulan mata uang, filologi, ceramologi, seni dan teknologi.

Museum milik negara ini resmi dibuka pada tanggal 9 Januari 1991 dan sampai saat ini, telah mengumpulkan 2.810 artefak. Sekitar 500 buah ditampilkan di ruang pameran dan dapat dilihat setiap hari kerja. Koleksi ini dikumpulkan dari kabupaten dan kota di Sulawesi Utara seperti Manado, Minahasa, Sangihe Talaud, Bolaang Mongondow dan Gorontalo.

KULINER

Hanya ada satu kantin yang tersedia di kompleks museum, terletak di samping gedung pameran, menyajikan makanan dan minuman.

BERBELANJA

Museum ini menjual suvenir dari berbagai daerah di Sulawesi Utara seperti tas, frame dan aksesoris lainnya yang terbuat dari tempurung kelapa. Suvenir-suvenir ini ditampilkan dalam rak kaca di samping pintu masuk.

AKOMODASI

Museum ini terletak di lokasi yang sangat strategis di pusat kota Manado. Anda dapat menemukan hotel dan penginapan di pusat kota. Harga kamar hotel di kota Tinutuan ini bervariasi tergantung pada preferensi Anda.

KEGIATAN

Di museum ini, pengunjung dapat melihat sakapeti atau topi perang Portugis dari Minahasa, kabela atau kotak daun sirih dari Bolaang Mongondow, klarinet (alat musik tradisional yang dimainkan secara berkelompok dari Minahasa) dan banyak lagi.

Selain itu, pengunjung juga dapat melihat tempat tidur pengantin dan pakaian yang digunakan selama upacara pernikahan tradisional, uang berniali Rp10 yang digunakan selama pendudukan Jepang, Belanda dan meriam Portugis dan keramik Cina.Suatu hal yang menarik adalah gantung sero atau jaring ikan tradisional juga ditampilkan di museum ini. Dari struktur bangunan dan desain, museum ini memiliki arsitektur rumah tradisional Minahasa.Jika Anda lelah berkeliling gedung ini, Anda bisa duduk di kursi batu di bawah pohon rindang di halaman museum ini yang meruakan tempat yang nyaman untuk bersantai dan melihat keindahan Manado dari dataran tinggi.

BERKELILING
Jika Anda memiliki waktu terbatas untuk berkeliling di Sulawesi Utara, museum ini adalah tempat yang harus Anda kunjungi. Bangunan tiga lantai ini memiliki ruang-ruang pameran yang menampilkan koleksi lengkap benda-benda sejarah dan budaya lokal.

Museum ini memiliki halaman yang besar dengan pintu masuk ke ruangan pameran. Museum ini juga memiliki papan arah untuk menunjukkan Anda arah tempat berbagai koleksi dipamerkan. Pengunjung dapat melihat replika dan barang asli, seperti replika Waruga atau peti Minahasa, replika watu Pinawetengan (batu megalitik). Museum ini juga memiliki pemandu berbahasa inggris yang bisa memandu pengunjung lokal dan internasional.

TRANSPORTASI
Museum ini terletak di Jalan WR Supratman No. 72 di Manado, Sulawesi Utara, telp. 0431-862685. Terletak di lokasi yang strategis dan jika Anda mengambil angkutan umum, Anda dapat turun di depan SMP Negeri 1 Manado.

Museum ini dapat diakses oleh angkutan kota seperti mikrolet (minibus) dan taksi. Anda hanya perlu membayar Rp2.000,00 jika Anda menggunakan transportasi umum. Museum buka dari hari Senin sampai Kamis pukul 08.30-09.00 waktu setempat, Jumat pukul 08.30-11.30, dan Sabtu pukul 09.00-14.00 WIB dan tutup pada hari Minggu dan hari libur nasional.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.