MASJID KUBAH EMAS DIAN AL MAHRI DEPOK

MASJID KUBAH EMAS DIAN AL MAHRI DEPOK



Masjid ini terletak di Jalan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok, Jawa Barat. Pandangan Anda saat tiba di sini adalah kilau emas bersinar terang pada kubah masjid yang menawan. Masjid ini disebut juga sebagai Masjid Kubah Emas karena memang kubahnya dilapisi emas berkilauan.

Kawasan masjidnya disebut-sebut sebagai yang termegah di Asia Tenggara. Menempati area seluas 8000 m² di atas tanah seluas 50 hektar dan merupakan bagian dari konsep pengembangan kawasan terpadu bernama Kawasan Islamic Center Dian Al-Mahri. Masjid ini diresmikan 31 Desember 2006 saat pelaksanaan sholat Idul Adha 1427 H, oleh pendirinya Ibu Hj. Dian Juriah Maimun Al Rasyid dan Bapak Drs H. Maimun Al Rasyid. 

Arsitektur Masjid Kubah Emas mengadaptasi masjid-masjid di Timur Tengah dengan ciri kubah, minaret (menara), halaman dalam (plaza). Selain itu ciri Timur Tengah juga terlihat pada penggunaan detail hiasan dekoratif dengan elemen geometris dan obelisk untuk memperkuat ciri keislaman arsitekturnya. 

Masjid ini mampu menampung 15 ribu jamaah untuk pelaksanaan sholat dan 20 ribu jamaah untuk pelaksanaan majelis taklim. Pada hari biasa dikunjungi 10 ribu orang sementara saat akhir pekan meningkat jadi 20 ribu hingga 30 ribu orang. Masjid ini mempunyai tempat parkir seluas 7.000 m² menampung 300 kendaraan roda empat atau 1.400 kendaraan bermotor. Tersedia tempat penitipan alas kaki yang tidak boleh ditinggal di luar. Pengurus masjid juga menyiapkan karpet plastik untuk mengurangi panasnya lantai saat siang hari di halaman masjid. 

Areal selasar masjidnya berukuran 45 x 57 m mampu menampung 8000 jamaah. Salah satu sisinya berhubungan dengan ruang sholat, sedangkan ketiga sisi lainnya dibatasi selasar dengan pilar-pilar berbalut batu granit dari Brasil. Pilar-pilat tersebut membentuk deretan arcade yang seolah menjadi pembatas dari halaman dalam. Ruang utama masjid berukuran 45 × 57 meter yang bisa menampung 8 ribu jamaah. 

Masjid megah dan indah ini ditujukan untuk menjadi simbol keagungan Islam dan pengembangan kebudayaan Islam di Indonesia. Saat ini yang sudah dibangun adalah masjid utama yang megah, kediaman pendirinya Hj. Dian Djuariah Maimun Al Rasyid, serta sebuah gedung serba guna dilengkapi taman luas yang indah. Rencana pengembangan berikutnya adalah pembangunan sarana pendidikan mulai dari taman kanak-kanak hingga perguruan tinggi serta pembangunan gedung dakwah sebagai pusat syiar Islam. 

Masjid Kubah Emas dibuka setiap hari untuk umum pukul 04.00-06.00 WIB dan pada pukul 10.00-20.00 WIB. Pada hari Kamis, masjid ini ditutup untuk persiapan sholat Jumat.

KULINER

Ada beragam jenis makanan dapat Anda temukan di Kota Depok, mulai dari yang tradisional hingga modern. Berikut referensi restoran yang bisa Anda kunjungi.Pondok Ikan Bakar Mut N MutJalan Raya Sawangan No. 9Kel. Pancoran Mas, Kec. Pancoran MasKota Depok 16436Cafetaria Pondok BoniJalan Akses UI 60 BKel. Tugu, Kec. CimanggisKota Depok 16951Bakmi JaposJalan Jati Raya TimurKel. Pangkalan Jati, Kec. LimoKota Depok 16513 Bakmi RayaJalan Limo Raya No. 11Kel. Limo, Kec. LimoKota Depok 16515 Bakmi TuguJalan Tanah Baru Raya No. 80Desa Tanah Baru, Kec. Bogor UtaraKota Bogor 16154 Bakso AtomJalan Cinere Raya No. 17BKel. Cinere, Kec. LimoKota Depok 16514 Bakso AtomJalan Hj Asmawi No. 81Kel. Beji, Kec. BejiKota Depok 16426 Kantin Rafi CaféJalan Masjid Alfaruq No.26Kel. Kukusan, Kec. BejiKota Depok 16425 Kupat Tahu MagelangJalan Cinere Raya No. 13 RT 01/15Kel. Cinere, Kec. LimoMie Ayam OkeJalan Tanah Baru Raya No. 13Desa Tanah Baru, Kec. Bogor UtaraKota Bogor 16154 Mie SehatJalan Cinere Raya No. 40 RT 04/16Kel. Cinere, Kec. LimoKota Depok 16514

BERBELANJA

Bagi Anda yang berniat mampir ke toko souvenir, di sana terdapat aneka cenderamata, seperti cangkir, pin, kaos, mukena, sajadah, songkok, dompet, jam, piring, dan lain-lain.Beberapa referensi toko souvenir yang bisa Anda kunjungi.Butik HariyantoJl. H. Kimah No. 11Kel. Rangkapan Jaya Baru, Kec. Pancoran MasKota Depok 16434F. Widayanto, Rumah KeramikJl. Curug Agung No. 1 Tanah Baru, Beji, Depok 16428Telp        : +62 21 7757685; +62 21 7757686Fax        : +62 21 772 03294Selain barang-barang menarik, makanan khas Depok pun bisa Anda dapatkan, seperti:Sempatkanlah mencicipi penganan khas daerah ini yaitu dodol depok. Penganan yang satu ini cukup populer, hampir  di banyak tempat, makanan ringan berbahan baku tepung beras ketan ini banyak ditemui. Tapi dodol depok punya rasa berbeda, legit dan kenyal pula teksturnya. Aroma kelapanya begitu harum dan menggugah selera. Dodol depok diolah menggunakan tungku tradisional dengan bahan bakar arang yang apinya juga dijaga tidak boleh terlalu besar tapi jangan pula terlalu kecil.

AKOMODASI

Untuk akomodasi, Anda dapat melihat link berikut.

KEGIATAN

Di sini Anda dapat beribadah sekaligus berwisata. Kemegahannya akan membuat Anda betah berlama-lama menikmatinya. Anda tentunya dapat menghabiskan waktu dengan sholat, berzikir, tadarus, atau mengkaji agama Islam.Untuk Anda yang ingin sekadar menikmati keindahan masjid ini maka dapat memulainya dengan mengamati 5 kubah masjid yaitu satu kubah utama dan empat kubah kecil, jumlah 5 perlambang  rukun Islam. Masjid ini memiliki kubah yang dilapisi emas setebal 2-3 milimeter ditambah mozaik kristal. Bentuk kubah utama menyerupai kubah Taj Mahal. Kubah tersebut memiliki diameter bawah 16 meter, diameter tengah 20 meter, dan tinggi 25 meter. Sementara empat kubah kecil berdiameter bawah 6 meter, tengah 7 meter, dan tinggi 8 meter. Selain itu di dalam masjid terdapat lampu gantung yang didatangkan langsung dari Italia seberat 8 ton. Lampu tersebut serupa dengan lampu di Masjid Sultan Oman. Di belakang lampu indah tersebut, langit-langit kubah berganti warna setiap waktu sholat. Saat Anda menengadahkan kepala ke atas menatapnya maka sangat indah terlihat berwarna warni.Amati juga relief hiasan di atas mihrab imam yang terbuat dari emas 18 karat. Relief menghiasi pula pagar di lantai dua dan hiasan kaligrafi di langit-langit masjid. Sedangkan mahkota pilar masjid yang berjumlah 168 buah berlapis bahan prada atau sisa emas. Di dasar kubah, terdapat cincin dengan aksen warna emas. Di bawahnya terdapat 33 jendela masing-masing dihiasi kaligrafi asma Allah, sehingga Asmaul Husna pun terpampang di tiap jendela. Anda juga dapat melihat 6 menara (minaret) masjid ini yang berbentuk segi enam. Masing-masing terdiri dari enam tingkat yang melambangkan rukun iman dan tingginya 40 meter. Keenamnya dibalut batu granit berwarna abu-abu dengan ornamen melingkar pada setiap tingkatannya. Pada puncak minaret terdapat kubah berlapis mozaik emas 24 karat.

Tips
Ada larangan menginjak rumput yang ada di taman sekitar masjid. Akan tetapi, banyak yang menggelar tikar di sana sembari menikmati keindahan masjid, hal ini tetap tidak diizinkan sebenarnya. Apabila Anda ingin beristirahat maka di seberang masjid ada ruang serba guna untuk bersantai.
Ada pemisahan antara pintu masuk pria dan wanita. Ada aturan bagi wanita untuk memakai pakaian yang menutup aurat atau mengenakan jilbab.
BERKELILING
TRANSPORTASI
Masjid ini terletak di Jalan Meruyung Kecamatan Limo Kota Depok, Jawa Barat. Bagi Anda yang berminat mengunjungi Masjid Kubah Emas relatif tidak terlalu sulit, karena dapat ditempuh dari beberapa arah. Dari arah Terminal Depok, Anda yang menggunakan kendaraan pribadi dapat mengambil jalan menuju arah Kecamatan Sawangan. Setelah sampai di pertigaan Parung Bingung, Anda disarankan berbelok ke kanan ke arah Kecamatan Cinere, lalu menuju lokasi masjid. Jarak antara pertigaan Parung Bingung ke lokasi masjid sekitar 3-4 km. 

Bagi Anda yang menggunakan angkutan umum, dari Terminal Kota Depok, dapat berangkat menggunakan jasa angkutan kota (angkot) nomor 03 menuju pertigaan Parung Bingung. Dari pertigaan ini, Anda disarankan menggunakan ojek menuju Masjid Kubah Emas. Kota Depok berjarak sekitar 7 km dari Masjid Kubah Emas. 

Sedangkan untuk Anda yang berangkat dari Terminal Lebak Bulus atau Terminal Pondok Labu di Jakarta Selatan, dapat menggunakan jasa angkutan kota (angkot) bernomor 102 menuju pertigaan Parung Bingung, kemudian belok kanan menuju arah lokasi masjid.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.