KULINER ISTIMEWA JAWA BARAT

KULINER ISTIMEWA JAWA BARAT


Banyak orang mengunjungi Bandung, ibu kota provinsi Jawa Barat, untuk memanjakan lidah mereka. Bandung akan menawarkan berbagai hal yang akan membuat Anda kagum. Dari berbagai makanan yang dijual di pinggiran kaki lima sampai makanan di restoran mewah, setiap pengunjung pasti menemukan sesuatu yang sesuai dengan keinginan mereka di sini, di Bandung.

Sunda (orang-orang yang tinggal di Jawa Barat disebut orang Sunda) memiliki minuman yang menggoda. Makanan Sunda cenderung lebih manis namun lezat kecuali jika Anda menambahkan sambal dadak (cabai dan lainnya dihaluskan bersama-sama) pada makanan Anda. Jika Anda mencari rasa yang lebih pedas, tambahkan saja sambal dadak ini dengan nasi timbel (nasi putih yang dibentuk di dalam gulungan daun pisang) dengan makanan istimewa lainnya. Makanan yang menggoda lidah ini terlalu lezat untuk dilewatkan! Biasanya sayur asam disajikan bersama nasi timbel ini.

Orang Sunda suka makan sayur. Kadang-kadang mereka bahkan memakan sayuran mentah (disebut lalap atau lalapan) seperti ketimun, tomat, daun kemangi, terong, kubis, selada, dan sebagainya. Lalapan biasanya dilengkapi sambal dadak.

Mungkin salah satu hidangan yang paling terkenal adalah timbel, terdiri dari nasi timbel, lalapan, sambal dadak, sepotong ayam (digoreng atau dipanggang dalam gaya Sunda), tahu goreng, tempe goreng, sepotong jambal (ikan asin). Jika Anda ingin, Anda dapat menambahkan gepuk (irisan daging sapi, dicampur dengan bumbu tradisional, lalu digoreng), pepes (bahan utama seperti ikan, ayam, jamur, dll dicampur dengan bumbu yang dihaluskan lalu dicampur, dilipat ke dalam daun pisang, kemudian dikukus dan siap untuk makan), sayuran hijau yang ditumis, dan lain-lain. Nasi timbel adalah makanan favorit penduduk setempat dan juga wisatawan. Batagor (baso tahu goreng) adalah salah satu makanan istimewa yang paling dicari. Terbuat dari tahu dan saus kacang spesial, batagor? Popularitasnya tidak pernah hilang.

Bagi mereka yang menyukai makanan manis cobalah pisang molen, kue tradisional Indonesia yang terbuat dari pisang dan keju. Untuk variasi, cobalah brownies kukus. Es cendol, terbuat dari campuran beras yang dihaluskan, gula merah, dan santan, sangat menyenangkan jika dinikmati saat cuaca panas. Sedangkan untuk cuaca yang dingin, cobalah mencicipi bandrek atau bajigur.

Bandung juga menawarkan berbagai produk susu yang paling terkenal adalah yoghurt. Pada dasarnya ada dua jenis yoghurt di Bandung yang tipis dan yang tebal (gaya Perancis).

Makanan ringan ala Bandung dijual secara luas di seluruh kota. Diantaranya adalah Gehu (tahu yang diisi dengan taoge dan sayuran), pisang goreng, cireng (tepung tapioka yang digoreng), dan banyak lagi. Anda mungkin tertarik untuk mencoba makanan ringan lainnya seperti, nangka goreng, Peuyeum goreng (tape singkong yang goreng), nanas goreng, dan seterusnya. Ketan bakar dan jagung bakar juga sangat dianjurkan.

Nasi goreng, meskipun tidak berasal dari Bandung, juga favorit di kota ini. Bahannya bervariasi, kadang-kadang nasi dicampur dengan makanan laut (biasanya udang, potongan cumi-cumi, potong daging kepiting), ayam dan sayuran, daging kambing dan sayuran, ikan asin, dan sebagainya.

Cakue, makanan yang terbuat dari adonan tepung kemudian digoreng, juga layak untuk dicoba.
Bandung juga memiliki restoran lain, seperti Padang (makanan dari Sumatera Barat, bercitarasa pedas), Jawa (rasa manis), Cina, Jepang, Korea, Barat, India, dan sebagainya.

Makanan Sunda akrab disebut dengan makanan Parahyangan, Tanah para Dewa, kota dengan suasana metropolitan dan kota yang nyaman pada saat yang bersamaan. Dipenuhi restoran, factory outlet, dan mal, sehingga melakukan perjalanan ke Bandung akan sangat menyenangkan dan mengesankan.

KULINER

Untuk mencoba nasi timbel dan makanan Sunda lainnya, Anda dapat mencoba restoran-restoran di bawah ini, jadi saat Anda sedang di Bandung, Anda akan menemukan banyak restoran yang menjual makanan lezat.BUMBU DESAJalan Pasirkaliki 160, BandungJalan Laswi 1, BandungMakanan tradisional dengan lingkungan yang elegan.BALE GAZEEBOJalan Surapati 49Tempatnya luas, dimana Anda bisa menikmati hidangan dengan gaya lesehan atau duduk di  kursi.SINDANG RERETJalan Raya Cikole Km 22Jalan Raya Propinsi Ciwidey, Kabupaten BandungJalan Surapati 53Salah satu restoran Sunda yang terkenal di Bandung.SAUNG KABAYANJalan Dr. Junjunan 107, BandungMasakan Sunda yang disajikan secara modern.SARI PARAHYANGANJalan L.L.R.E. Martadinata (Riau) 156-158Jalan Soekarno-Hatta 408Menyajikan makanan khas Sunda yang lezat.KELAPA LAGOONJalan Sumatera 9Tempatnya modis. Makanannya lezat dengan harga yang terjangkau.Pusat makanan kebanyakan berada di mal yang juga menyediakan masakan Sunda , yang paling terkenal adalah Ampera. Anda bisa menikmati nasi timbel di sini setelah berkeliling mal.Jika batagor tampaknya menggoda Anda, maka Anda mungkin ingin mengunjungi restoran di bawah ini:BATAGOR RIRIJalan Burangrang 41Anda bisa membeli batagor yang dimasak setengah matang, jadi Anda bisa memasaknya sendiri di ruman. Batagor yang setengah matang hanya bertahan beberapa hari di lemari pendingin.

BATAGOR KINGSLEYJalan Veteran (Bungsu) 25Anda juga bisa membeli batagor setengan matang di sini.BATAGOR YEYEJalan Buah Batu 139Jalan Cihampelas 198BTerkenal dengan batagornya dan sup daging kambingnya. Pisang molen, brownies kukus juga tersedia di:

KARTIKA SARIJalan Buah Batu 165AJalan Kebon Jukut 3CJalan H. AkbarJalan Kopo Sayati 111AJalan Terusan Jakarta 77EJalan Ir. H. Djuanda (Dago)PRIMA RASAJalan Kemuning 20Jalan Buah Batu 169AJalan Peta 169Toko roti-toko roti lainnya juga menjual makanan lezat. Jika Anda sibuk, Anda dapat pergi ke supermarket. Kebanyakan mall di Bandung menjual pisang molen dan brownies kukus.Es cendol tersedia di:

Es cendol yang paling terkenal adalah es cendol Elizabeth, karena dijual di depan toko Elizabeth (toko yang menjual tas dan sepatu) di sisi Selatan Bandung. Namun, mungkin akan lebih mudah bagi Anda untuk memesan es cendol di restoran tradisional atau membelinya di supermarket (dibungkus plastik, jadi Anda harus tambahkan campuran susu, santan, sirup, gula, dan).

Bandrek dan Bajigur tersedia di hampir semua restoran Sunda.

Kadang-kadang mereka bahkan menjual bandrek dan bajigur dalam kantong kecil, sehingga Anda bisa membawanya sebagai suvenir untuk orang yang Anda cintai.

Anda harus mencoba yoghurt, mungkin Anda ingin mencoba tempat di bawah ini.RUMAH MAKAN YOGHURTJalan Cisangkuy 66Yoghurt tipis, tempat berkumpul anak-anak muda juga orang tua.BMC (BANDOENGSCHE MELK CENTRALE)Jalan Aceh 30Anda bisa mencoba olahan susu di tempat ini, seperti susu, kefir dan lain-lain.OLEH-OLEH ODISEJalan Sukawarna Baru 28Menyajikan yoghurt tipis nan segar. Anda bisa memesan yoghurt dalam ukuran kecil atau besar.

Tertarik dengan makanan ringan?Snack yang dijual di kaki lima dapat ditemukan di seluruh kota Bandung, terutama di Jalan Supratman dan Jalan Cilaki. Ketan bakar dan jagung bakar / rebus dapat ditemukan di Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) dan di daerah Lembang.Ingin merasakan nasi goreng?Anda bisa menemukan nasi goreng di  kaki lima, restoran, atau pusat makanan di mal.Cakue? Coba tempat ini:

HAUS TEABEC Mall Jalan Purnawarman 13-15 Lantai 2, C-05Istana Plaza Mall Jalan Pasirkaliki 121-123, LG-B3Coba tambahkan saus yang bervariasi pada cakue Anda.Ingin mencoba makanan padang yang pedas? Cobalah restoran-restoran di bawah ini:SIMPANG RAYA RESTAURANTJalan Buah Batu 150Jalan Ir. H. Djuanda (Dago) 55 Jalan SurapatiJalan L.L. R.E. Martadinata (Riau)Lebih mahal dibandingkan restoran lain tapi menawarkan makanan yang enak. Cobalah ayam pop tanpa sambal. RUMAH MAKAN KAPAU JAYAJalan Dipati Ukur 80ARelatif murah dan enak.Jika Anda ingin menikmati masakan Jepang, Cina atau Korea, cobalah tempat dibawah ini:HANAMASAJalan Ir. H. Djuanda (Dago) 48Makanan dihidangkan dengan gaya prasmanan.SAN SUSHI BARHotel Holiday InnJalan Ir. H. Djuanda 29Seperti kedai-kedai sushi di Jepang.OKOHHotel HorizonJalan Pelajar Pejuang 45Tempat bagi penggila terayaki dan sushi.MOMIJI JAPANESE CUISINEJalan Braga 64Klasik dan unik.PAGODA MENU MANDARIN HALAL RESTAURANTJalan Trunojoyo 32Tempatnya luas bergaya oriental. Makanannya enak dan halal.EASTERN SHARK FIN?S RESTAURANTIP Mall, Jalan Pasirkaliki 121-123Makanan Cina dengan berbagai variasi.  

FLAMBOYANT CENTREFlamboyant Centre, Jalan Sukajadi 232-234Restoran bagi pecinta nasi hainan dan juan.KOREAN HOUSEJalan Sukajadi 175Tempat yang nyaman dengan pelayanan yang baik.HAN KOOK GARDEN RESTAURANTJalan Karang Sari 21Sangat bergaya Korea dan modern.

Jika steak dan makanan barat menjadi favorit Anda, maka Anda mungkin akan tertarik untuk mencoba tempat-tempat ini:

CAFE BALIJalan L.L. R.E. Martadinata (Riau) 215Makanan barat yang enak dengan suasana Bali. Selain makanan barat, tempat ini juga menyajikan makanan tradisional Indonesia.

DAKKEN COFFEE & STEAKJalan L.L. R.E. Martadinata (Riau) 67Sementara Anda sedang menikmati steak, Anda juga bisa mencoba kopi di restoran ini. Sangat ideal sebagai tempat bersantai dan makan.

WARUNG LAOSJalan Prof. Dr. Eyckman 2Menyediakan spaghetti dan pizza yang lezat.

SUIS BUTCHER & TERRACEJalan Dr. Setiabudhi 174Suasananya menarik dan tentunya makanan yang lezat.TAMANI CAFÉJalan Ir. H. Djuanda 7-9Menyajikan makanan barat yang lezat, juga melayani makanan Indonesia dan Jepang dalam porsi yang besar.Bandung juga memiliki banyak restoran yang melayani masakan laut di antaranya adalah:KEPITING SUPER PARIT 9 SEAFOODJalan Cendana 4Anda juga bisa menikmati hidangan kepiting di sini.

THE OCEAN SEA FOOD & GRILLJalan Sukajadi 225Di akhir pekan Anda akan dihibur oleh pertujukan musik di restoran ini. Sedangkan bagi Anda yang menyukai masakan Thailand, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat di bawah ini.   

COCA SUKIJalan Ir. H. Djuanda (Dago) 173Pelayanannya ramah dan makanannya lezat.ROYAL SIAM THAI RESTAURANTJalan Braga 121 Lantai 2Hidangan Thai yang bervariasi.Pecinta makanan Vietnam bisa mengujungi restoran ini:HANOI HOUSEJalan Sunda 56Jika Anda mengunjungi tempat ini di akhir pekan, Anda bisa memesan menu khusus mereka.

BERBELANJA

Bandung terutama menawarkan makanan dan minuman sebagai suvenir. Kunjungi toko-toko yang menjual keripik tempe yang terkenal, keripik oncom, pisang sale, dodol, dan oleh-oleh lainnya:

RAOS, KARYA UMBITerletak di Jalan Cihampelas.

AKOMODASI

Di kota Bandung terdapat berbagai penginapan mulai dari hotel melati sampai hotel berbintang.

KEGIATAN

Berbelanjalah sampai Anda lelah di Factory Outlet dan Mal yang bertebaran di Bandung, kunjungi jalan Cihampelas untuk mencari celana jeans dan pakaian, pergilah ke jalan Cibaduyut untuk melihat produk kulit khususnya sepatu dan tas dan juga mengunjungi tempat-tempat lain yang menarik di Bandung dan sekitarnya.

Tips
Jika Anda berencana untuk pergi ke Bandung, belilah peta Bandung yang lengkap di toko-toko buku besar. Dengan begitu Anda dapat menghemat uang. Daripada menyewa mobil, misalnya, Anda dapat memaksimalkan transportasi umum untuk menjelajah Bandung.
Jika Anda tidak yakin mengenai adat istiadat setempat, bahasa, menu, dll jangan ragu untuk bertanya!
Disarankan untuk belajar beberapa frase penting dalam bahasa Indonesia. Tidak semua orang Indonesia dapat berbahasa Inggris dengan baik.

BERKELILING
Transportasi umum yang disebut angkot, beroperasi di seluruh Bandung. Untuk kenyamanan yang lebih baik, akan lebih baik jika Anda naik taksi. Untuk kenyamanan yang lebih baik lagi, Anda bisa menyewa mobil. Menyewa mobil untuk satu hari akan menghemat waktu dan Anda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain karena Bandung relatif kecil, Anda bisa mengunjungi sebagian besar tempat-tempat menarik Bandung dalam sehari.

TRANSPORTASI
Ada banyak cara untuk pergi ke Bandung. Anda dapat pergi dengan pesawat, kereta, atau menyewa mobil dari Jakarta.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.