KUIL BAN HIN KIONG

KUIL BAN HIN KIONG



Kuil Ban Hin Kiong yang indah ini berada di pusat Kampung Cina Manado dan telah berusia 335 tahun ini merupakan kuil Cina tertua yang dibagun di sini selama dinasti Qing di Cina (1644-1911). Kuil ini adalah rumah ibadah untuk para pengikut Tridharma di Manado dan daerah sekitarnya.

Nama Ban Hin Kiong terdiri dari tiga kata, Ban berarti "banyak", Hin berarti "nikmat berlimpah" dan Kiong berarti "istana". Oleh karena itu, Ban Hin Kiong berarti istana suci yang memancarkan banyak kebahagiaan. Di kuil Ban Hin Kiong, diadakan sejumlah acara tahunan setiap Tahun Baru Cina dan pada Goan Siao atau Cap Go Meh.

KULINER

Karena Kuil ini terletak di dalam Kampung Cina, Anda bisa menemukan banyak restoran Cina dan warung di sekitar sini. Coba cicipi loba, daging babi yang diiris dan dicelupkan ke dalam saus tapioka, rasanya manis dan harganya hanya sekitar Rp 10 ribu per porsi.

BERBELANJA

Tidak banyak yang bisa dibeli di komplek Kuil ini karena pada dasarnya Kuil ini adalah tempat sembahyang.

AKOMODASI

Karena Kuil ini terletak di pusat kota Manado, Anda bisa menemukan banyak hotel untuk menginap, dari hotel bintang tiga sampai penginapan yang terjangkau. Perjalanan ke kuil ini hanya memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit dari Manado.

KEGIATAN

Kuil Tridharma ini merupakan kuil tertua di bagian Timur Indonesia, kuil Ban Hin Kion ini memang sangat unik desain arsitekturalnya. Anda dapat mengikuti proses perbaktian di kuil ini kecuali di lantai tiga. Ada 16 jenis ritual upacara dengan tujuan yang berbeda berbeda.Selain itu, candi dengan arsitektur Cina klasik ini juga mengadakan beberapa kegiatan rutin untuk perayaan, seperti Imlek (tahun baru Cina) dan Toa Peh Kong pada bulan Februari.

Toa Peh Kong ini merupakan tradisi Cina yang dibawa ke sini oleh leluhur Cina. Selama perayaan ini, kuil ini ramai dan hidup oleh banyak atraksi budaya Cina seperti Barongsai, ince pia (sebuah pertunjukan kekebalan), Pikulan (kereta dihiasi dengan simbol-simbol agama) dan Kuda Lo Cia. Kelompok penari Cina, tarian tradisional Kabasaran Manado dan musik tradisional bambu untuk melengkapi prosesi yang penuh warna ini.

Tips
Cara terbaik untuk mengunjungi kuil adalah di bulan Februari selama parayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh. Berbagai pertunjukan menarik dan parade diadakan bagi masyarakat lokal dan wisatawan.

BERKELILING
Candi berwarna merah ini tampak elegan dan menarik dengan ornamen di semua sisi. Ornamen-ornamen ini adalah simbol yang menggambarkan pesan suci tentang penciptaan langit, bumi dan manusia. Mereka merupakan gambar Allah dalam segala kebaikan-Nya dalam satu totalitas terpadu, harmonis dan lengkap.

Di dinding belakang Anda akan menemukan lukisan. Panel tengah menunjukkan seorang anak yang sedang mencoba untuk memetik buah dengan seorang pria tua berdiri di sampingnya. Simbol ini berarti bahwa apa yang kita tanam itu yang akan kita tuai. Ada banyak simbol-simbol bermakna di dalam kuil ini yang mengingatkan kita tentang kekuasaan Allah.

Pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke area doa pengikut Tridharma di lantai tiga, tapi pengunjung harus melepaskan sepatu mereka di pintu masuk.

TRANSPORTASI
Kuil  Ban Hin Kiong terletak di jalan D.I. Panjaitan Manado, yang merupakan pusat kota Kampung China dimana terdapat banyak pura dan kuil, rumah-rumah dan pasar menarik yang dikelola oleh orang Cina. Candi sangat strategis dan mudah dicapai dengan transportasi umum, mikrolet atau taksi. Pengunjung juga dapat menyewa mobil atau sepeda motor untuk berkeliling Kampung China.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.