JAYAPURA

Juli 26, 2017
JAYAPURA

Menghadap ke Teluk Youtefa yang berinduk di Teluk Yos Sudarso, kota ini damai dan memukau sejak masa awal tumbuhnya. Bahkan dahulu, Sir Alfred Wallace menyebutkan bahwa pelabuhan di Jayapura lebih baik dibandingkan di Ternate atau Ambon. Kini Jayapura menjadi ibukota Provinsi Jayapura dan dihuni lebih dari 100.000 jiwa penduduk yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Jayapura, terletak di Papua bagian timur dan menjadi titik awal bagi wisatawan yang ingin berpetualang ke pedalaman Papua. Dari sinilah Anda bisa memulai perjalanan Anda ke Danau Sentani, Lembah Baliem, atau melakukan penelitian budaya. Jayapura adalah pintu gerbang untuk perjalanan luar biasa Anda ke salah satu pulau terbesar di planet ini. 

Di atas bukit yang indah berdiri sebuah bukit yang menjadi tempat terbaik untuk melihat pemandangan kota. Mungkin ini bukan aktivitas yang paling menarik untuk dilakukan di Papua tetapi sangat sayang untuk dilewatkan. inilah cara yang tepat untuk melihat betapa besar daerah ini. 

Jayapura selalu siap untuk menyambut wisatawan dari manapun. Kota ini adalah tempat untuk memulai petualangan eksotis Anda di Papua, menikmati budaya yang unik  dan pemandangan memukau yang belum banyak tersentuh.


KULINER
Karena kota ini adalah kota pelabuhan yang dikelilingi oleh pantai, makanan laut di sini sangat lezat dan paling populer.Hawaii adalah restoran yang melayani nasi bungkus atau nasi kotak dengan menu udang dan ayam goreng. Restoran ini terletak di sebelah bioskop, di taman  kota.Himalaya terletak di Jalan Matahari dan Jalan Ahmad Yani. Dengan menu Sotong, daging burung merpati, katak, udang, dan daging sapi tersedia di sini.Jaya Grill adalah restoran diatas air menghadap ke dermaga utama. Hamburger, udang, seafood cocktail, steak, kepiting, cumi, ayam, daging sapi, katak, babi, dan makanan Cina tersedia di sini.Restoran Matoa terletak di Hotel Matoa, menyajikan makanan dan minuman bergaya Eropa.Nirwana adalah sebuah restoran bergaya Padang, terletak di Jalan Ahmad Yani no. 40.Simpang Tiga Padang terletak di Jalan Percetakan No. 92. Restoran ini luas, bersih dan tentunya menyajikan makanan Padang.Porasco terletak di teluk, dekat gereja. Restoran dengan sisi terbuka ini hanya buka pukul 6:00-11:00. Anda dapat memilih berbagai makanan laut. Pastikan Anda setuju dengan harga yang ditawarkan pelayan sebelum Anda memesan.Rasa Sayang adalah restoran Hotel Triton, terletak di Jalan Ahmad Yani no. 52. Melayani banyak jenis makanan, termasuk sate. Yotefa ada di Jalan Percetakan no. 64, menawarkan makanan Eropa dan Indonesia.Pasar malam di depan Kantor Pelni tersedia setiap hari, melayani bakso, soto madura, bubur ayam, pisang goreng dan makanan ringan.

AKOMODASI

Ada sejumlah hotel yang memiliki pendingin ruangan yang tersedia di jatung kota Jayapura, namun harga di kota ini akan lebih mahal dibandingkan dengan daerah lain di Papua.
Beberapa penginapan juga tersedia di sepanjang jalan Sentani menuju Jayapura.

KEGIATAN

Bagi mereka yang ingin merasakan laut yang masih alami dan melihat biota laut yang beraneka ragam, teluk Tanah Merah yang berjarak 60 km dari Jayapura sangat ideal untuk snorkeling. Teluk ini juga lokasi yang bagus untuk scuba diving dengan pemandangan bangkai kapal Perang Dunia ke dua di dasar laut namun, Anda harus membawa peralatan menyelam sendiri.

Menyelam juga memungkinkan di teluk Pasir Enam, beberapa menit dari Jayapura dengan perahu atau satu jam dengan berjalan kaki di sepanjang jalan dari Angkasa II.

Museum Negeri dan Museum Universitas Cendrawasih menampilkan koleksi artefak unik  Papua dan benda-benda budaya lainnya. Museum ini menampilkan artefak dari seluruh daerah di Papua begitu juga dengan benda-benda dari masa penjajahan Belanda. Toko-toko suvenir di sini menjual ukiran dan kerajinan. Museum ini buka pukul 08:00-13:00 setiap Senin sampai Jumat.

Danau Sentani adalah danau yang megah, seluas 96 km2. Danau besar ini memiliki 19 pulau yang terpisah di dalam danau, begitu juga desa nelayan yang berdiam di tepi danau. Pemandangan danau ini akan sangat indah pada dini hari dan senja hari, jadi jika Anda berkunjung ke sini, jangan lupa membawa kamera Anda.

Mendaki ke puncak Gunung Ifar dan menikmati pemandangan Danau Sentani yang menakjubkan merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Di sini Anda juga dapat mengunjungi Monumen Jenderal Macarthur. Monumen ini bejarak 6 kilometer dari Sentani. Dari ketinggian, Danau Sentani terlihat menakjubkan. Legenda mengatakan bahwa  tempat ini merupakan tempat di mana Jenderal Macarthur duduk untuk menemukan strategi perang dunia ke duanya. Mendayung di atas  perahu di danau Sentani merupakan pengalaman yang indah. Air di danau ini sangat tenang dan dipenuhi oleh 24 pulau yang kaya dengan barang kesenianya.Berternak buaya adalah pekerjaan yang biasa di Jayapura. Antara Jayapura dan Sentani, terdapat tempat peternakan buaya yang merupakan rumah bagi buaya dari semua ukuran. Jika Anda ingin menikmati pengalaman yang eksotis, Anda bisa mencicipi daging buaya saat Anda berada di Jayapura.Festival budaya Danau Sentani merupakan daya tarik utama di wilayah ini. Selama festival, sebuah tarian perang yang digelar di kapal memberikan daya tarik yang spektakuler bagi pengunjung. Beberapa desa danau dari seluruh Papua dan Indonesia mengirimkan perwakilannya untuk berpartisipasi dalam acara ini untuk menampilkan keterampilan dan budaya masing-masing. Silakan kunjungi www.sentanilakefestival.com untuk rinciannya. Hal yang penting jika Anda ingin melakukan perjalanan ke pedalaman Papua. Kantor polisi terletak di sebelah Hotel Matoa. Bawa paspor Anda, salinannya, dan empat lembar foto.


Tips
Banyak pengunjung datang ke Jayapura untuk mendapatkan izin perjalanan mereka dari kantor polisi, Surat Jalan, hanya butuh setengah jam bagi petugas untuk menyelesaikan surat izin ini.

Penukaran uang bisa dilakukan di Expor-Impor Bank di Jalan Ahmad Yani. Jika Anda berencana bepergian lebih jauh ke pedalaman, ingatlah untuk menyediakan uang rupiah lebih.

Jika Anda mengalami kecelakaan ringan, Anda bisa pergi ke puskesmas di jalan Ahmad Yani.


BERKELILING
Kota ini ukuranya tidak terlalu luas, sehingga Anda dapat mengunjungi berbagai tempat dengan mudah dengan berjalan kaki. Namun, jika Anda berniat untuk mengunjungi Sentani dan pantai di pinggiran kota, mungkin lebih baik untuk mencoba transportasi umum. Terminal angkutan umum hanya ada di sebelah kantor pos. Angkot (minibus umum) yang nyaman dan cukup ekonomis. Minibus sewaan adalah pilihan lain, tetapi Anda harus mengeluarkan keterampilan tawar-menawar Anda. Sekali lagi, pastikan untuk menyetujui harga sebelum Anda naik.

TRANSPORTASI

Sebagai ibu kota provinsi, Jayapura juga terhubung dengan kota-kota besar lainya di Indonesia melalui udara dan laut. Jika Anda terbang disarankan untuk selalu memeriksa rincian penerbangan dengan maskapai penerbangan Anda. Penerbangan di Bandara Sentani, terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) dari Jayapura.

Di luar bandara, minibus menunggu penumpang untuk pergi ke Jayapura. Harga bervariasi jadi pastikan Anda setuju dengan harganya sebelum Anda naik.

Garuda terbang ke Biak, Makassar, Surabaya, dan Jakarta setiap hari, juga terbang pada hari tertentu ke Sorong, Manado, Denpasar-Bali, dan Ambon. Informasi lebih lanjut tersedia di kantor Garuda di Jalan Percetakan No. 2. Telepon +62 967 21220.

Kantor Merpati Airlines terletak di Jalan Ahmad Yani No. 15. Hubungi kantor  perwakilannya di +62 967 21111. Kantor  ini terletak di sebelah Hotel Matoa. Merpati terbang setiap hari ke Wamena pukul 7 pagi, juga terbang ke beberapa kota di Papua dan kota-kota lain di Indonesia pada hari tertentu.

Kantor MAF (Misionaris Aviation Fellowship - Protestan) terletak di sebelah terminal udara Sentani. Jadwal penerbanganyanya diatur berdasarkan kebutuhan gereja. Maskapai ini menyediakan jasa terutama untuk misionaris. Jika Anda terbang dengan menggunakan MAF, maskapai ini akan menghitung berat badan Anda, termasuk bagasi Anda. MAF tidak melayani penerbangan carteran ke bagian dalam pulau. Untuk mengatur penerbangan hubungi MAF dua bulan sebelum tanggal keberangkatan Anda, dan kemudian periksa beberapa minggu sebelum kedatangan Anda. Kantor ini berada di Jalan Pelabuhan, melewati Bank Indonesia. Hubungi  perwakilannya di +62 967 21264.

AMA (The American Missionary Alliance) adalah MAF versi Katolik Roma. Silahkan hubungi petugasnya di +62 967 21925. Kantor ini terletak di Jalan Sam Ratulangi no. 3, P.O. Box 523, Jayapura.

Kantor Pelni terletak di Jalan Halmahera No. 1. Nomor telepon mereka adalah +62 967 21270. Memiliki kapal buatan Jerman dengan kapasitas 2.400 penumpang berangkat ke Jakarta dan beberapa tempat lainnya setiap 15 hari. Lima kelas yang berbeda tersedia di kapal ini. Silakan hubungi petugasnya untuk memeriksa daftar harga.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.