GUNUNG DUA SUDARA


GUNUNG DUA SUDARA

Saat Anda tiba di Kota Bitung, Sulawesi Utara, sambutan hangat langsung diberikan oleh sebuah gunung cantik yang memiliki puncak kembar. Gunung Dua Sudara sebutannya, ini merupakan gunung non aktif di sebelah timur Gunung Klabat. Letaknya di Kelurahan Madidir Unet, Kecamatan Madidir, sekira 12 kilometer dari pusat Kota Bitung dan bertatapan langsung dengan Cagar Alam Tangkoko Batuangus.

Dua puncak Gunung Dua Sudara menciptakan lansekap yang khas saat diabadikan ke dalam kamera, keduanya terlihat jelas dari pesisir Selat Lembeh. Meskipun rupanya sangat mengesankan, masih jarang pendaki yang ingin menaklukan gunung setinggi 1.351 m dpl ini.

Lereng kaki Gunung Dua Sudara dipenuhi oleh pohon enau yang sengaja ditanam oleh Pemerintah Kota Bitung. Ini dilakukan dengan tujuan kelestarian lingkungan karena menurut Teori Wallace, Tangkoko dan Gunung Dua Sudara merupakan wilayah yang dilewati hembusan angin panas dari selatan ke utara. Jika tidak ada pembebanan, angin akan menghantam langsung Kutub Utara sehingga es akan mencair.

Selain itu, komoditi hasil perkebunan warga seperti jagung, ubi, kelapa dan pisang juga menghiasi kaki gunung ini. Selebihnya adalah kepungan pohon rotan, beringin, hutan jati dan ilalang yang ditinggali oleh hewan endemik Sulawesi seperti kuskus, tarsius dan burung maleo.a

KEGIATAN

Nama Gunung Dua Sudara memang tak begitu tersohor namun keberadaannya merupakan primadona bagi pendaki lokal. Satu-satunya rute yang memungkinkan adalah dari sisi Kota Bitung. Biasanya butuh waktu lebih dari empat jam untuk sampai ke puncak dengan medan penuh lumpur.

Tidak ada izin khusus untuk mendaki namun Anda harus membayar biaya masuk dan biaya pemandu sebesar Rp85 ribu untuk wisatawan mancanegara dan Rp75 ribu untuk wisatawan lokal. Pembayaran dilakukan di pos 1 yang bertempat di Cagar Alam Tangkoko-Dua Sudara, Desa Batu Putih.

Dalam perjalanan, Anda akan menemukan hutan lumut  yang menandakan bahwa puncak sudah dekat. Setibanya di puncak, bersiaplah menemukan bivak eks tempat latihan TNI AD.

Tips
Penting untuk membawa alat navigasi seperti kompas dan peta karena gunung tidak memiliki jalur pendakian yang tetap. Juga perlu diingat bahwa Gunung Dua Sudara tidak memiliki sumber air sehingga Anda harus membawa persiapan air yang cukup.

Saat bermalam di tenda, disarankan untuk tidak terlalu banyak membuka pintu tenda karena banyak sekali serangga yang akan masuk.

TRANSPORTASI
Jarak dari Manado, ibukota Sulawesi Utara ke Bitung sekira 44 kilometer. Apabila tidak menggunakan kendaraan pribadi maka Anda bisa menaiki bus umum dengan rute Manado-Bitung dari Terminal Paal Dua atau Terminal Karombasan.

Alternatif lain bisa menggunakan taksi dengan tarif Rp200 ribu. Adapun taksi yang bisa Anda hubungi dan pesan adalah: Blue Bird  (0431-86 1234), Trust Taxi ( 0431-824000) dan Celebrity Taxi(0431-851010).

Dari Kota Bitung ke Desa Batu Putih, Anda bisa naik mikrolet dengan jurusan Terminal Girian, tarfinya Rp2.500 dengan lama perjalanan 10 menit. Apabila menyewa ojek, tarifnya Rp5 ribu.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.