DESA KEPUHSARI

DESA KEPUHSARI


Desa ini berlokasi di Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dari jumlah penduduk sekira 6.000 jiwa, 50 orang diantaranya mencari nafkah dengan membuat wayang kulit. Selalu ada meja di depan rumah untuk menatah dan melubangi wayang kulit. Itu adalah pemandangan sehari-hari yang akan Anda dapati saat berkunjung ke sini. Dari anak-anak, dewasa hingga lansia pun melakukannya.

Salah satu pembuat wayang senior yang masih bertahan hingga saat ini adalah Pak Wagimin. Pria berusia 55 tahun tersebut sudah membuat wayang sejak 1970an. Rumahnya sekarang dijadikan sanggar pembuatan wayang, penduduk setempat kerap mengambil material berupa kulit kerbau dari sana untuk ditatah dan dicat di rumahnya masing-masing. Akan tetapi, jika Anda ingin menyaksikan perajin bekerja bersama-sama maka silahkan kunjungi Balai Desa Kepuhsari.

Bisa dibilang wayang kulit yang diproduksi di Desa Kepuhsari memiliki kualitas premium, digunakan oleh sejumlah dalang terkenal di sekitar Pulau Jawa. Bahan yang digunakan adalah kulit kerbau asli. Karena proses pengolahan kulit tergolong sulit, para perajin membeli yang sudah jadi dari Yogyakarta. Satu buah wayang dipatok mulai harga Rp500 ribu, untuk yang gunungan dimulai dari Rp1 juta. Para perajin ini biasanya hanya melayani pesanan.

Membuat wayang tampaknya sudah mendarah daging dan dilestarikan secara turun-temurun warga Desa Kepuhsari. Salah satu perajin wayang di desa ini adalah Dwi Sunaryo yang menurutnya telah berjalan sampai 20 generasi. Anaknya yang bernama Bambang Riyadi, pernah diundang UNESCO ke China untuk mengikuti pameran kerajinan dan budaya. Ia meraih medali emas dari penyelenggara.

Pengunjung yang singgah di sini didominasi oleh turis mancanegara, sebagian besar dari Eropa. Ada juga wisatawan Nusantara yang berkunjung namun sebagian besar merupakan dalang ataupun pecinta wayang. Mereka datang untuk mengoleksi warisan budaya yang bisa awet hingga 100 tahun itu.

KEGIATAN

Selain melihat pembuatan wayang dan mengabadikan momentum itu lewat kamera, Anda bisa ikut serta melakukannya. Para perajin sangat ramah menyambut dan memberi informasi kepada pengunjung. Mereka pun dengan senang hati menerima Anda menjadi tamu, sambil melihat-lihat koleksi wayang yang dipajang di rumah mereka.

Di hari-hari tertentu, Anda bisa menyaksikan pementesan wayang di rumah Pak Giri, salah satu perajin yang juga merupakan dalang di Desa Kepuhsari. Sering juga dipentaskan pagelaran wayang dengan dalang kecil yang sudah berprestasi.

Kegiatan bersama wayang bermanfaat untuk meningkatkan moral hidup, integritas, rasa tanggung jawab, ketekunan dan peduli terhadap sesama. Dalam menatah misalnya, perajin membutuhkan kesabaran dan motivasi untuk berkarya lebih baik. Selain itu, menjadi dalang dan menyaksikan pertunjukan wayang juga belajar meningkatkan moral karena yang dibawakan adalah kisah-kisah terpuji dan menghibur.

Desa ini menawarkan 4 paket program, yaitu: Arjuna (1 Hari), Kresna (2 Hari), Pandawa (3 Hari), dan Pandawa Max. Untuk informasi selengkapnya, silahkan kunjungi situs resmi Desa Wayang Kepuhsari.

Dari pusat Kabupaten Wonogiri, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Manyaran di selatan kota. Ada bus mini dengan rute Kecamatan Manyaran bertarif Rp8rb, mintalah kepada kondektur untuk diturunkan di Desa Kepuhsari.


Tips
Tak ada papan penjelas nama Desa Kepuhsari yang dipasang di sini sehingga jika menggunakan kendaraan pribadi maka Anda harus aktif bertanya pada penduduk setempat. Akan tetapi, jangan khawatir karena desa ini begitu terkenal, hampir seluruh penduduk Kecamatan Manyaran mengetahuinya dan bisa menunjukkan jalan untuk Anda.


BERKELILING
Rumah-rumah di Desa Kepuhsari juga berfungsi sebagai homestay untuk wisatawan. Pilihan lain, Anda bisa menyentuh pusat kota Wonogiri ataupun kembali ke Solo dan Yogyakarta untuk menemukan hotel-hotel melati hingga hotel berbintang.

TRANSPORTASI
Kabupaten Wonogiri bisa diraih dengan bus selama 15-20 jam dari Jakarta. Jika ingin menghemat waktu, Anda bisa terbang terlebih dahulu ke Yogyakarta ataupun Solo. Ada taksi yang bisa disewa dengan tarif Rp300 ribu hingga ke pusat Kabupaten Wonogiri.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.