BENTENG OTANAHA

BENTENG OTANAHA

Wajahnya yang kusam mempertegas usianya yang sudah uzur namun berdiri kokoh di atas bukit dengan pemandangan yang indah. Lokasinya berada di Kelurahan Dembe I, Kecamatan Kota Barat, Kota Gorontalo. Lokasi Benteng Otanaha dapat Anda temukan tidak jauh dari Danau Limboto.

Benteng ini merupakan penggalan kisah heroik masyarakat Gorontalo pada abad pertengahan. Bukan hanya cerita historis dapat Anda peroleh saat mengunjunginya tetapi juga rasa kagum karena keunikannya.

Dikelilingi hijaunya pepohonan dan perbukitan, Benteng Otanaha menyimpan kisah panjang kejayaan Gorontalo. Mulai dari kedatangan bangsa Portugis sekitar abad ke-15, petempuran dua kerajaan bersaudara (Gorontalo dan Limboto), hingga saksi bisu pendangkalan Danau Limboto yang kini menjadi ancaman serius masalah lingkungan. Disinyalir, Gorontalo dan Limboto pada awalnya adalah suatu genangan air yang terhubung ke laut. Kondisi tersebut memungkinkan kapal-kapal besar dapat bersandar masuk ke wilayah yang sekarang semakin dangkal tersebut

Keunikan lain benteng adalah terdiri dari campuran kapur dan putih telur burung maleo sebagai bahan perekatnya. Dulunya benteng ini merupakan tempat pertahanan raja-raja Gorontalo dari serangan musuh.

Benteng Otanaha dibagun Portugis abad 15 sekitar tahun 1522 atas permintaan Raja Ilato (Matolodolakiki) yang berkuasa antara tahun 1505-1585. Pembangunan benteng ini merupakan bagian dari pakta kerjasama pertahanan antara Gorontalo dan Portugis untuk mengusir bajak laut. Akan tetapi, ternyata Portugis menyalahgunakan kesepakatan ini sehingga seluruh rakyat dan pasukan Ndoba dan Tiliaya kemudian bangkit berperang untuk mengusir Portugis daritanah Gorontalo.

Nama otanaha diambil dari kata ‘ota’ yang berarti benteng dan kata ‘naha’  berarti orang yang menemukan benteng tersebut. Jadi Otanaha berarti benteng yang ditemukan oleh Naha. Benteng ini dibuat dari bahan-bahan berupa pasir, batu kapur dan telur burung maleo sebagai semen atau bahan perekatnya.

Struktur Benteng Otanaha terbilang unik karena memiliki 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga untuk menuju ke lokasi benteng. Jumlah anak tangga tidak sama untuk setiap persinggahan. Dari dasar ke tempat persinggahan I terdapat 52 anak tangga, ke persinggahan II terdapat 83 anak tangga, ke persinggahan III terdapat 53 anak tangga, dan ke persinggahan IV memiliki 89 anak tangga. Sementara ke area benteng terdapat 71 anak tangga. Jumlah keseluruhan anak tangga yaitu 348. Hingga kini, belum diketahui apa arti dan maksud jumlah anak tangga yang berbeda di setiap persinggahannya.

Dinas Pariwisata Kota Gorontalo menjadikan benteng ini menjadi salah satu tujuan utama obyek wisata di Gorontalo. Hal itu dikarenakan selain memiliki pemandangan alam yang cantik juga sangat berarti bagi masyarakat Gorontalo karena memiliki nilai historis yang tinggi.

KULINER

Di kota Gorontalo akan mudah untuk Anda menemukan jenis makanan yang sesuai dengan selera. Menu internasional dan menu tradisional tersedia di kota ini. Pencinta olahan laut akan senang berada di sini.

Perkedel ikan nike adalah kenikmatannya yang tiada tara patut untuk dicoba. Pepes Ikan Nike juga perlu dicoba yang dicampur dengan bumbu khas lalu dibungkus daun pisang dan dipanggang.

BERBELANJA

Di kota Gorontalo Anda bisa mendapatkan cenderamata seperti Kerawang yaitu salah satu kain tradisional Gorontalo yang ditenun dengan tangan (kain untuk wanita dan pria dari segala jenis usia).

Ornamen kayu berukir indah dan rumit bisa ditemukan di semua kabupaten yang patut dibawa pulang sebagai oleh-oleh dan dapat mempercantik salah satu ruang di rumah Anda.

AKOMODASI

Di sekitar benteng ini tidak tersedia akomodasi. Karena letaknya tidak terlalu jauh dari kota Gorontalo maka Anda bisa mendapatkan akomodasi dari Gorontalo yang termasuk penginapan sederhana sampai berbintang. Berikut ini beberapa referensi hotel yang bisa Anda pilih ketika berkunjug ke Gorontalo. Quality Hotel GorontaloJl. A. Yani Kota GorontaloTlp: (0435) 822222, Fax (+62435) 821111Saronde HotelJalan. Walanda Marmis Tlp: (0435) 824144Yulia HotelJl. Ahmad Yani Tlp: (0435) 828395Wisata HotelJl.23 Januari Tlp : (0435) 821736City HotelJl. Basuki Rahmat Tlp : (0435) 822437Krawang City HotelJl.Basuki Rahmat Tlp: (0435) 822437Citra HotelJl. Merdeka Tlp: (0435) 821249

KEGIATAN

Benteng Otanaha yang terletak di atas sebuah bukit merupakan keistimewaan tersendiri karena saat Anda berada di puncaknya serasa berada di puncak tanah Gorontalo. Tentu saja bonus utamanya adalah hamparan pemandangan indah dan mengesankan dari segala arah.

Untuk mencapai puncaknya merupakan tantangan tersendiri, Anda perlu melewati 4 buah tempat persinggahan dan 348 buah anak tangga. Keletihan Anda akan terbayar ketika tiba di puncak benteng.

Hamparan keindahan Danau Limboto menyajikan panorama yang indah, perbukitan hijau kehitaman disapu terik matahari yang sebagian tertahan awan, seolah seperti guratan lukisan raksasa, sawah-sawah terbentang luas dan hijau, serta keindahan Kota Gorontalo. Anda akan merasakan suasana tenang dengan hembusan semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi membuai pikiran dan perasaan.

Di dekat Benteng Otanaha juga terdapat dua benteng lainnya yaitu Benteng Otahiya dan Benteng Ulupahu yang sayang untuk dilewatkan dalam langkah kaki Anda.

Tips
Harga tiket masuk benteng ini Rp3.000,00 juga sekaligus tiket untuk parkir kendaraan.
BERKELILING
TRANSPORTASI
Akses menuju lokasi benteng ini dapat dimulai dari Bandar Jalaludin Isimu yang berjarak sekitar 20 km. Jarak Benteng  Otanaha dari Kota Gorontalo sekitar 8 km. Untuk sampai ke lokasi, Anda dapat menyewa bentor (becak motor) karena tidak tersedia kendaraan umum, dengan waktu tempuh  sekitar 20 menit.

Perjalanan akan melewati Jalan Trans Batudaa serta melalui Kecamatan Bongomeme dan Kecamatan Batudaa. Setelah memasuki perbatasan di Kabupaten Gorontalo dan Kota Gorontalo, tepatnya di Kelurahan Dembe I maka di sebelah kanan jalan terdapat pintu gerbang bertuliskan “Benteng Otanaha”.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.