AMBARAWA

Juli 18, 2017
AMBARAWA

Di pedalaman Semarang, ibu kota Provinsi Jawa Tengah terdapat rerimbun pohon hijau berpadu bersama pemandangan gunung api yang indah. Keelokan ini semakin lengkap dengan hamparan lembah hijau dan sawah yang subur.

Keindahan Panorama Ambarawa telah menggugah minat bangsawan dari Belanda dahulu untuk menjadikannya tempat peristirahatan mereka.

Ya, di Ambarawa maka Anda akan merasakan sebuah kota di Jawa Tengah yang berhawa sejuk dengan sejuta pesona mulai dari keindahan panorama pegunungan, tempat wisata bersejarah, hingga aneka hidangan kuliner. Bagaimana, pernahkah Anda mengunjungi kota yang cantik ini?

Ambarawa dapat dicapai dengan berkendara selama setengah jam dari Semarang. Di kota Ambarawa Anda dapat menikmati kehidupan pedesaan khas Jawa yang sesungguhnya. Kota Ambarawa terletak sekitar 17 km sebelah utara Salatiga.

LokomotifDi Ambarawa, Anda juga dapat menemukan Museum Kereta Api Indonesia yang merupakan rumah bagi 21 lokomotif tua. Lokomotif tertua tersebut salah satunya adalah Hartmann Chemnitz yang berangka tahun 1891 dan masih sempat beroperasi hingga tahun 1970-an.

Di dekat museum ini juga terdapat sebuah Gua Perawan Maria dan Jalan Salib yang dikelilingi oleh taman bunga dan kolam ikan.

Sedikit kemudian Anda lanjutkan arah perjalanan ke barat tepatnya di dataran tinggi Dieng terdapat kuil kuno yang dikenal sebagai Gedong Songo yang dibangun antara 730 -780 M pada masa Dinasti Sanjaya.

Juga tidak jauh dari Ambarawa terdapat perkebunan kopi Losari dan kota bukit Bandungan yang merupakan tempat rekreasi favorit di Semarang dan Yogyakarta.

Ambarawa juga memiliki sisi sejarah yang suram yaitu ketika Perang Dunia II, Jepang menahan  orang-orang Eropa di kamp-kamp di kota ini.

KULINER

Makan di pedesaan Jawa Tengah tidak akan terlupakan, bukan hanya karena kelezatan rasanya di setiap gigitan sayuran yang dikukus, kari tradisional dan sate, tetapi juga untuk harga yang sangat terjangkau dan kadang akan membingungkan karena begitu murah harganya.

Serabi patut pula dicicipi seperti serabi ngampin atau serabi kucur yang  terkenal dengan rasanya yang manis. Serabi ini dimasak tradisional dan Anda dapat menemukannya hampir di sepanjang jalan antara Semarang dan Ambarawa. Deretan warung dicat biru siap menanti kunjungan Anda di sana.

Kue beras semiyer juga lezat untuk dicoba. Kue ini bertekstur tipis namun renyah. Bahan utamanya adalah singkong yang tumbuh melimpah di daerah tersebut.

Pecel Mbok Kami dan Pecel Tukinem (didirikan oleh Veronica Tukinem) disebut-sebut menjadi salah satu makanan yang harus dicoba di Ambarawa. Makanan ini terdiri dari nasi putih dengan sayuran rebus dengan pasta kelapa di dalam daun pisang, ditambah beberapa kerupuk yang melengkapi kenikmatannya. Jika Anda ingin menambahkan beberapa pelengkap seperti ayam  goreng, telur, kari ikan, dan kari daging sapi, maka Anda tidak akan melupakan betap nikmat makanan ini. Untuk menikmati Pecel Mbok Kami dan Pecel Tukinem jangan lewatkan jam operasionalnya yaitu antara jam 7 pagi sampai 12 siang di sekitar Kantor Gotong Royong. Apabila Anda melewatkan waktu tersebut maka Anda bisa pergi ke rumah Nyonya Veronica Tukinem di Sanggrahan, dekat dengan sekolah teknik Dr Cipto.

BERBELANJA

Anda dapat membeli tahu serasi, yaitu tahu yang sudah siap dikemas. Bahan tahu dari kedelai dari kota ini dikenal sebagai salah satu yang terbaik di Jawa Tengah. Sebuah paket berisi 8 potong tahu serasi dihargai sekitar Rp10.000,00. Belilah maka Anda akan merasakan bagaimana lezatnya kedelai dari Ambarawa.

AKOMODASI

Berikut ini beberapa hotel yang direkomendasikan saat Anda berkunjung ke Ambarawa.

Losari Spa Retreat and Coffee Plantation

Telp            : +62 298 596 333

Fax             : +62 298 592 696

Email         : info@losaricoffeeplantation.com

Selain hotel-hotel di atas juga terdapat hotel dan penginapan lainya tersebar di sekitar Semarang, Anda bisa memeriksanya di sini.

KEGIATAN

Area Rawa Pening

Keberadaan sebuah area rawa bernama Rawa Pening terkait erat dengan nama Ambarawa. Ambarawa artinya rawa yang luas (dalam bahasa Jawa, amba artinya luas). Rawa Pening merupakan daerah rawa yang mencakup empat kabupaten berbeda yang terletak di lembah Gunung Merbabu dan dikelilingi pegunungan. Rawa ini ditumbuhi eceng gondok yang merupakan bahan untuk membuat souvenir cantik dan tas untuk ekspor.

Ada sebuah taman di tepi danau yang buka pukul 08.30 sampai 21.00. Ada juga perahu yang dapat disewa sekitar Rp25.000,00 untuk perjalanan satu jam.

Mengambil foto-foto di sini adalah salah satu kegiatan paling menarik untuk Anda lakukan terutama saat matahari terbit dan saat langit merefleksikan perubahan warna yang indah.

Pukul 5 pagi adalah waktu sempurna untuk menunggu Matahari terbit ditangkap kamera Anda.



Museum Kereta Api Ambarawa 

Stasiun Kereta Api Ambarawa dibangun 21 Mei 1873 dengan nama awal Willem I Railway.  Raja  Belanda Willem I memerintahkan pembangunan stasiun ini. Ada dua jenis kereta api beroperasi dari Ambarawa menuju Yogyakarta melalui Magelang dari arah selatan..

Museum kereta api Ambarawa didirikan pada 6 Oktober 1976 di Stasiun Ambarawa untuk melestarikan lokomotif uap. Saat ini salah satu kereta api uap tersebut dapat dilihat di sepanjang jalur antara Jambu dan Secang dan juga di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Kota Ambarawa berada di ketiggian 474 meter di atas permukaan laut, sedangkan Jambu berada di 478 meter, melewati Bedono pada ketinggian 711 meter dengan jarak kurang dari 5 km. Jalur ini kemudian turun ke Secang di ketinggian 466 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar jalur ditutup tahun 1970 dengan pengembangan sistem jalan yang lebih baik antara Semarang dan Yogyakarta. Saat ini sejumlah kecil kereta api masih beroperasi bagi wisatawan dan charter selama musim panas dari bulan Juni hingga Agustus.

Dengan kereta wisata tersebut Anda bisa menikmati panorama sepanjang perjalanan berupa Gunung Ungaran dan Gunung Merbabu yang menjulang tinggi serta hamparan Rawa Pening di bagian bawahnya. Anak-anak desa akan datang menyambut Anda dengan bersorak ketika kereta melintas sehingga menjadi tontonan yang menarik. Seorang penulis, Phillips Game menjulukinya ‘Queen of the Mountain’.

Anda dapat memandang takjub panorama alam pegunungan dan hamparan perkebunan di sisi kanan dan kirinya dari dalam kereta lokomotif tua yang melewati rute Stasiun Ambarawa-Bedono sepanjang 9 km.

Museum kereta api Ambarawa ini digunakan hingga 1964 dan terdapat 21 lokomotif uap yang berada di utara dan di barat museum. 5 lokomotif uap di depo dengan 3 di antaranya masih dapat beroperasi dengan baik. Selain itu terdapat beberapa alat-alat kuno seperti mesin hitung mesin ketik, pesawat telegram, pesawat telepon, dan sebagainya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai tarif kereta api, Anda dapat menghubungi alamat berikut.

Museum Kereta Api AmbarawaAmbarawa Railway MuseumJalan Setasiun No. 1, Ambarawa.Telepon: +62 298 91 035.


Tlogo Agro-tourism  

Beberapa kilometer dari Rawa Pening terdapat Desa Wisata Agro Tlogo. Anda akan diajak bernostalgia di tengah perkebunan kopi dan cengkeh. Perkebunan yang paling luas adalah perkebunan karet seluas sekitar 600 hektar ditambah perkebunan kopi dan cengkeh. Kebun buah tropis juga mengelilingi desa yang sejuk ini.

Ada juga sekitar 20 cottage dan 16 kamar sewaan tersedia bagi Anda yang ingin membenamkan diri dalam kehidupan desa Jawa yang benar-benar nyata. Desa ini berada di ketinggian 400-675 meter di atas permukaan laut dan disebut Desa Delik. Lokasinya sekitar 40 km dari Semarang. Pengalaman menjadi bagian dari kehidupan pekebun dan merasakan suasana desa adalah pengalaman wisata yang sempurna.



Candi Gedong Songo  

Ambarawa, terletak di kabupaten Bandungan yang  juga memiliki sebuah kompleks candi Hindu-Buddha disebut Candi Gedong Songo. Songo berarti 'sembilan' yaitu jumlah candi-candi ini yang berdiri di lereng Gunung Ungaran, sekitar 9 kilometer dari pusat kota Ambarawa. Candi dan gunung sekitarnya memberikan harmoni sempurna membentuk bagian tak terpisahkan dari lingkungan alam yang menawan.

Candi Candi Gedong Songo dibangun Dinasti Sanjaya Hindu abad ke-8 atau antara 730-780 SM. Saat itu Ratu Shima berkuasa dengan kepemimpinannya yang berkeadilan dan percaya pada Satu Tuhan, Sang Hyang Widhi.

Menurut keyakinan ini, tubuh manusia memiliki sembilan lubang yang perlu dikontrol. Orang Jawa menyebutnya babahan hawa sanga, yaitu sembilan lubang dalam tubuh kita yang wajib dikendalikan dengan bijak sehingga akan mengarah pada kedamian hidup.

Candi Gedong Songo ditemukan kembali tahun 1804 di bawah tumpukan tanah dan tetumbuhan tropis oleh Sir Thomas Stamford Raffles. Candi yang tersebar di 5 kelompok utama ini didedikasikan untuk Dewa Shiva, Brahma dan Wisnu meskipun hadir di beberapa lokasi.

Anda bisa berkuda dari Desa Candi ke kompleks untuk menikmati keindahan alamnya. Biaya naik kuda sekitar Rp50.000,00. Anda pun dapat melakukan tawar-menawar.

Lain-lain

Tempat-tempat menarik di sekitar Ambarawa adalah yang berkaitan dengan perjalanan sejarah perjuangan kemerdekaan antara lain Museum Isdiman Palagan dan Benteng Willem I sebagai tangsi tentara Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.


TRANSPORTASI
Ambarawa dapat ditempuh sekitar satu setengah jam perjalanan dari Semarang, ibu kota Jawa Tengah, atau sekitar 2 jam dari Yogyakarta.

Terminal bus Ambarawa disebut Terminal Bus Bawen. Jika Anda berada di Yogyakarta maka bisa pergi ke Stasiun Bus Giwangan. Jika Anda berada di Semarang, lanjutkan ke Terminal Bus the Terboyo, kemudian dari Ambarawa bisanya bus lagsung ke Yogyakarta.

Bus-bus yang direkomendasikan adalah: PO Raya, Kramat Djati, dan Nusantara.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.