SUNGAI AIR BERAU

SUNGAI AIR BERAU


TINJAUAN
Sungai Air Berau yang berada di bantaran Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Bengkulu memiliki kejernihan air dan pesona alamnya yang indah. Sungai ini berjarak sekira 30 kilometer dari  Mukomuko, salah satu kabupaten di Provinsi Bengkulu.


Pemerintah setempat tengah menggiatkan promosi menjadikan Sungai Air Berau untuk wisata arung jeram bertaraf internasional. Itu karena kondisi alam sekitarnya mendukung dan debit airnya memiliki levelnya tingkat tiga cocok untuk penggemar pemula dan profesional.


Selain memiliki air sungainya yang jernih, di tempat ini juga banyak terdapat beragam ikan. Anda dapat melakukan kegiatan memancing. Di hulu Sungai Air Berau juga ada hutan perawan dan belum tersentuh.


Sungai Air Berau juga sering menjadi lokasi ritual Anak Daro Mandi Ke Air dimana merupakan salah satu ritual khas adat warga Bengkulu untuk memandikan bayi yang baru lahir di Sungai Air Berau.


KEGIATAN

Anda dapat menikmati kejernihan dan kebersihan Sungai Air Berau yang menyimpan berbagai spesies ikan. Tidak hanya itu, Anda juga dapat memancing ikan di sungai. Salah satu jenis ikan yang dapat ditemukan di sungai ini adalah ikan semah.

Pecinta arung jeram bisa mengunjungi Sungai Air Berau, karena memiliki debit air yang deras dengan banyak rintangan. Hal menarik lainnya di sungai ini setiap di Hari ulang Tahun Kota Mukomuko selalu diadakan lomba dayung sampan dan mengapa tidak Anda bisa pula ikut serta mengikuti lombanya.

Anda dapat berpetualang mencapai hulu Sungai Air Berau terletak di kaki Gunung Pandan Bungsu (1965 mdpl), pegunungan Bukit Barisan. Lokasinya berjarak 90 km dengan menempuh 3 jam perjalanan dari kota Mukomuko. Untuk menuju hulu sungai ini, ambil rute Jalur Lintas Barat (JaLinBar) Sumtera menuju Bengkulu ke arah selatan, melewati daerah Penarik. Sebelum masuk daerah Bungatanjung ada pertigaan, kemudian belok ke kiri mengambil jalan alternatif lintas provinsi Bengkulu-Jambi. Sesampainya di daerah Kecamatan Pondok Suguh ikuti arah pendakian Gunung Pandan Bungsu. Lokasi kolam alami ini hanya dapat didatangi dengan trekking selama 3 jam karena berada di pedalaman hutan.

Menelusuri lebih jauh lagi dan menikmati kesejukan alam, pergilah ke arah bagian hulu sungai. Di sana terdapat air terjun di dalam hutan yang masih alami dan belum tersentuh.



BERKELILING


TRANSPORTASI

Tersedia penerbangan rutin menuju Kabupaten Mukomuko. Berikutnya Anda dapat menggunakan sepeda motor atau menyewa kendaraan.  Penerbangan menuju Bandar Udara Mukomuko dapat dicapai dari penerbangan Bandar Udara Fatmawati Soekarno Bengkulu dan Bandar Udara Internasional Minangkabau Padang dengan pesawat Susi Air. Perjalanan menuju Mukomuko dari Bengkulu juga dapat ditempuh dengan mobil sekira 8 jam perjalanan.

Sungai Air Berau berjarak sekira 30 kilometer dari Kota Mukomuko. Untuk menuju lokasi, Anda dapat menggunakan motor atau mobil sewaan dengan biaya sekira Rp100.000,- hingga Rp500.000,- per 8-9 jam sehari tergantung jenis kendaraan. Harga tersebut sudah termasuk bensin dan supir.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.