SUBAN AIR PANAS

SUBAN AIR PANAS


TINJAUAN
Mata air dari Bukit Kaba mengalir ke kolam pemandian melalui saluran air yang dilengkapi sistem pengaturan suhu. Airnya yang jernih dan terasa hangat menebarkan rayuan agar orangdatang menghampiri untuk berendam dan merilekskan tubuh mereka. Di Suban Air Panas nyatanya memang akan menjadi tempat untuk Anda menikmati air hangat di tengah cuaca dingin dengan hadiah tambahan pemandangan nan elok.


Suban Air Panas berada di Desa Penantian, Kelurahan Tulang Ulu, Kecamatan Curup Timur, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu. Tujuan wisata seluas 30 hektar itu memiliki suasana nyaman karena dikelilingi area perbukitan rimbun menghijau.


Ini adalah tujuan wisata alam  tertua di Kabupaten Rejang Lebong sekaligus di Provinsi Bengkulu. Sejak zaman Pendudukan Jepang, masyarakat sekitar menemukan dan menggunakannya untuk menyembuhkan penyakit kulit. Lalu tepat pada 1967 obyek wisata ini dibangun dan terus dikembangkan. Anda sekarang bisa menikmati 5 kolam air hangat dan 1 kolam air dingin untuk berwisata bersama keluarga.


Usai berendam Anda pun dapat melanjutkan dengan trekking melihat dua buah air terjun yang tidak jauh dari Suban Air Panas. Tinggi air terjun pertama tingginya mencapai 50 meter, kemudian yang kedua lebih rendah yakni 15 meter. Uniknya, salah satu dari air terjun tersebut bercabang dua menghasilkan panorama yang luar biasa memesona. Berbeda dengan kolam pemandian, air terjun tersebut memiliki suhu dingin namun rupanya seringjuga dinikmati wisatawan.


Selain itu, di sekitar kolam terdapat dua buah batu megalitikum yaitu Batu Tri Sakti dan Batu Menangis. Keduanya memiliki mitos, Batu Tri Sakti diyakini dihuni oleh tiga orang hebat yang kerap menjaga pengunjung.


Sementara itu, pada Batu Menangis, warga setempat sering mendapatinya mengeluarkan air. Ada legenda darinya terkait seorang putri yang bernama Gemercik Emas yang menangiskarena tidak ingin dijodohkan dengan seorang asal Rejang bernama Putra Gambir Melang.

KULINER

Banyak warung yang menjual aneka makanan di dalam kompleks Suban Air Panas. Akan tetapi, Anda bisa pergi ke Kota Curup untuk menemukan hidangan yang lebih beragam. Mayoritas rumah makan memang menyajikan hidangan Padangtetapi Anda juga bisa mendapati makanan khas Bengkulu seperti sambal tempoyak, sambal ujak, dan gulai umbut.

BERBELANJA

Kota Curup terkenal sebagai wilayah dataran tinggi nan subur, tempat berbagai macam buah dan sayur tumbuh segar dan dikirim ke kota-kota lain. Salah satu komoditi yang populer di sini adalah buah stroberi. Tidak jauh dari Suban Air Panas terdapat kebun-kebun stroberi yang buahnya dapat Anda petik langsung dan dibeli sebagai buah tangantetapi jika ingin lebih instan maka di dalam obyek wisata ini pun banyak penjual stroberi yang sudah dikemas.


AKOMODASI

Waktu tempuh dari Kota Bengkulu ke Suban Air Panas kurang lebih selama 2 jam sehingga Anda bisa tetap memilih menginap di Kota Bengkulu ataupun mencari pengalaman yang berbeda di Kota Curup.



Berikut ini adalah beberapa hotel yang direkomendasikan.



Kota Curup

Hotel Aman Jaya

Jl. A.K Gani Curup

Tlp. (0732) 21365



Hotel Bukit Kaba

Jl. Sukowati

Tlp. (0732) 21355



Hotel Wisata Baru

Jl. Merdeka 755, Curup

Tlp. (0732) 24161



Sementara di Kota Bengkulu, Anda dapat mengindap di beberapa hotel di bawah ini.



Grage Horizon

Jl. Pantai Nala 142, Anggut Bawah, PO BOX 44

Telepon: +62 736 21722

Email: gragehorizon@gmail.com

Website: http://www.gragehorizon.com/



Hotel Santika Bengkulu

Jl. Pantai Nala No.142, Bengkulu.

Tlp. (021) 21722 Fax: 25854

Email: bengkulu@santika.com, reservation@bengkulu.santika.com



Hotel Splash

Jl. Sudirman No 48

Telepon: +62 736 23333

Email: splash_hotel@ymail.com

Website: www.hotel-splash.com



Hotel Madelin

Jl. Bakti Husada No 88

Telepon: +62 736 52777



Nala Sea Side

Jl. Sudirman No.48 Bengkulu

Tlp (0736) 344855



Jodipati Hotel

Jl. Sutoyo No.30 Bengkulu 38224

Tlp. (0736) 20996 Fax. 20996

Email: jodipataibengkulu@gmail.com



Xtra Hotel

Jl. Sutoyo No.31, Tanah Patah Bengkulu

Tlp (0736) 346865, 20107

Hp. 081273005555

Fax. (0736) 345974


KEGIATAN

Pemandian Suban Air Panas cocok menjadi tujuan wisata  keluarga. Destinasi ini memiliki beberapa kolam sehingga mampu menampung banyak pengunjung. Air panas dari Bukit Kaba juga dipercaya mampu menyembuhkan beberapa penyakit kulit, pegal linu dan rematik. Rekreasi semakin menarik karena Anda dapat menikmati alam di sekitar Suban Air Panas, berkelilinglah untuk menilik keunikan air terjun dan Batu Menangis.

Anak-anak akan betah karena usai bermain air di kolam dan air terjun, mereka pun dimanjakan dengan komedi putar yang bisa dijumpai pada akhir pekan. Untuk kelengkapan berenang, tersedia juga penyewaan ban untuk anak-anak.

Jelajahi tempat ini dan temukan menemukan kebun-kebun kopi milik penduduk setempat. Sebagian lagi memilih menanam aren yang bisa diolah sebagai bahan baku gula merah.




BERKELILING

TRANSPORTASI

Air Panas sekira 6 kilometer dari Kota Curup, ibukota Kabupaten Rejang Lebong, tepatnya di Jalan Lintas Curup-Lubuk Linggau. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum berupa mobil travel dengan jurusan Bengkulu-Curup atau rute lain yang menghubungkan Curup dengan provinsi tetangga. Tarifnya bervariasi mulai dari Rp40 ribu. Di bawah ini adalah agen mobil travel yang bisa Anda hubungi.



CV. Bengkulu Mandiri Travel

Tlp. 081367836336



CV. Putra Anugrah Wisata

Tlp. 085279588306



CV. Trans Wisata Travel

Tlp. 085274513052



Apabila Anda menggunakan kendaraan pribadi maka cukup  telusuri Jalan Lintas Curup-Lubuk Linggau dan akan menemukan petunjuk berbelok ke lokasi Suban Air Panas.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.