PANTAI TAPAK PADERI

PANTAI TAPAK PADERI


TINJAUAN
Hasil gambar untuk PANTAI TAPAK PADERI
Provinsi Bengkulu yang berbatasan langsung dengan Samudera Indonesia memiliki garis pantai yang panjang dan menawan. Jika Anda berkunjung ke Bengkulu maka wajib mengunjungi salah satu tujuan wisata favorit masyarakat Bengkulu ini.


Pantai Tapak Paderi merupakan objek wisata yang lengkap berupa wisata pantai dan wisata sejarah. Tidaklah mengherankan karena memang menjadikannya andalan Wisata Bengkulu. Pantai ini langsung terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat sehingga menjadi keistimewaan tersendiri.



Pantai Tapak Padri awalnya merupakan pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu. Pantai ini juga sekaligus penunjang transporasi laut pemerintah Inggris di Bengkulu saat itu yang berjarak 100 meter dari Benteng Marlborough.



Di wilayah ini atas perintah Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffless dibangun benteng pertahanan dan juga pusat pemerintahan perwakilan Kerajaan Inggris. Benteng tersebut bagitu ternama di Nusantara yaitu Benteng Marlborough. Di pantai ini juga, terdapat kampung China yang yang dahulunya merupakan pusat.


Dari bagian atas Tapak Padri dapat Anda lihat keindahan laut Bengkulu. Pesona keindahan alamnyaseakantiada akhir.Matahari terbenam merupakan pemandangan yang tidak boleh Anda lewatkan. Anda juga dapat menikmati jagung bakar di pantai ini atau menggunakan perahu untuk menikmati suasana danau buatan yang terletak di pinggir pantai.


Pantai Tapak Paderi bersama dua obyek wisata lainnya yaitu Fort Marlborough dan Monumen Thomas Parr menjadi kawasan yang paling banyak dikunjungi masyarakat Bengkulu. Terutama saat bulan Ramadhan sambil menunggu terbitnya matahari pagi yang indah.


Pantai Tapak Paderi juga biasanya digunakan sebagai pusat Festival Tabot Bengkulu. Dalam festival ini Anda akan disajikan kemeriahkan pertunjukan seni, pasar, pameran kriya, aneka lomba, rebana, tari tabot, dan beragam acara seni lainnya.



KULINER

Seafood  merupakan makanan favorit di sini, kebanyakan dibakar bersama bumbu khas. Martabak juga merupakan salah satu makanan kegemaran orang Bengkulu. Untuk kuliner disekitar pantai maka Anda bisa menikmati jangung dan pisang bakar

BERBELANJA

Lokasi Tapak Paderi yang berada di Kota Bengkulu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan toko suvenir dan fasilitas penunjang wisata lainnya.

Di sepanjang jalan Pantai Tapak Paderi Bengkulu, Pantai Panjang, dan Pantai Jakat dapat Anda temukan deretan kios penjual cederamata dan oleh-oleh khas Bengkulu.


AKOMODASI

Karena lokasi Pantai Tapak Paderi strategis, membuat Anda mudah untuk mendapatkan akomodasi. Berikut ini beberapa hotel yang bisa menjadi referensi.



Hotel Raffles City Raffles City

Jl. Pariwisata No. 1, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 0736-27173/25762/25099

Fax: 0736-25728



Hotel Nala Sea Side Cottage

Jl. Pariwisata No 2, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 0736 344855



Hotel Puri Bidadari Beach

Jl. Pariwisata No 4, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 08153923777



Hotel Permata Gading

Alamat : Jl. Pantai Nala No 133, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 0736 21855



Hotel Pasir Putih Resort

Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 0736 25338



Hotel Grand Marina

Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 0736-5611001



Hotel Malibu Beach Hotel

Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 0736-5611001, 0736-5611183



Hotel Empang Wisata

Jl. Pariwisata, Pantai Panjang Bengkulu

Telp: 0736 26309


KEGIATAN

Memandang Matahari terbenam merupakan salah satu daya tarik Pantai Tapak Paderi. Rona warna keemasan Matahari saat terbit atau terbenamnya akan menjadi kenangan indah terabadikan dalam siluet kamera. Nikmatilah berjalan-jalan sekitar pantai sambil sesekali menikmati deru air laut berbuih di kaki Anda dan membenamkannya bersama pasir yang halus.

Anda dapat berjalan hingga ke Pantai Panjang dan Pantai Jakat. Keidahan kedua pantai ini tidak kalah indahnya. Pantai Panjang terkenal dengan garis pantainya yang panjang, pasir putih halus, dan pepohonan cemara yang rindang melambai-lambai diterpa angin laut. Disekitar pantai ini terdapat hotel, cottage, restoran, jogging track,kolam renang, dan kios cinderamata. Di Pantai Jakat yang bersih ini, Anda bisa menyewa jetski dan banana boat. Di sepanjang pantai ini terdapat penjual jangung dan pisang bakar khas Bengkulu atau membeli langsung hasil tangkapan dari nelayan.

Untuk wisata sejarah, Anda bisa berkunjung ke Benteng Marlborough. Benteng ini merupakan benteng pertahanan Inggris di pantai barat Pulaus Sumatera. Di dalam benteng ini terdapat ruang tahanan, gudang senjata, kantor, beberapa meriam, ruang perlidungan, terowongan sepanjang 6 meter, dan makam prajurit Inggris.




BERKELILING


TRANSPORTASI

Pantai ini terletak sekitar 15 km atau sekitar 40 menit dari Bandara Fatmawati. Dari sini, Anda dapat menyewa mobil yang banyak ditawarkan di sekitar bandara (penduduk setempat menyebutnya sebagai taksi) dan membayar sekitar Rp75.000,00 hingga tiba di Tapak Paderi.

Pantai Tapak Paderi lokasinya tidak jauh dari pusat kota Bengkulu, cukup ditempuh sekitar 10 menit dengan menggunakan mobil, minibus, taksi, ataupun sepeda motor.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.