KOTA SUNGAI PENUH

Juni 06, 2017
KOTA SUNGAI PENUH

Mobil travel berkendara sejauh kurang lebih 420 kilometer dari pusat Kota Jambi. Mulai dari jalanan mulus hingga jalanan berbatu telah dilewati selama 10 jam. Lampu-lampu berkilauan dari kejauhan dan kesibukan lalu lintas menyeruak menandakan bahwa Anda telah memasuki Kota Sungai Penuh. Inilah kota yang menjadi pintu gerbang untuk sebuah keindahan bernama Kerinci itu bersemayam
Kota Sungai Penuh merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Kerinci, letaknya di kawasan Bukit Barisan dan sebagian besar lahan termasuk ke dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Kota ini dikelilingi hutan lebat dengan ketingian 100 -1000 m dpl. Inilah yang menyebabkan Kota Sungai Penuh memiliki iklim yang sejuk dan nyaman.
Selain itu, ada banyak sumber mata air di sini sehingga Sungai Penuh sangat cocok dijadikan tujuan wisata air. Saat ini kota tersebut memiliki dua buah kolam renang namun belum dilengkapi dengan water park.
Pariwisata Sungai Penuhterbilang kaya, memiliki segenap kekayaan alam yang begitu eksotis, kekayaan flora dan fauna, tradisi seni budaya dan peningalan arkeologi yang sudah tua. Anda bisa menikmati hari di Bukit Tapan, Taman Bunga Puti Senang, atau sekadar melihat Tari Iyo-Iyo yang sudah jadi tradisi. Bagi penikmat sejarah, Masjid Agung Pondok Tinggi juga dan Mesjid Raya Rawang merupakan dua bangunan religi yang banyak menyimpan peradaban masa lalu.
Sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Sungai Penuh mayoritas berasal dari jasa. Inilah yang menyebabkan kota tersebut berpotensi untuk dibangun pasar tradisional pariwisata yang khusus menjual barang-barang cenderamata dari industri kecil. Dengan semboyan "Sahalun Suhak Salatuh Bdei", masyarakat Kota Sungai Penuh selalu memperlihatkan kekompakan dan bermusyawarah untuk mencapai mufakat.

KULINER
Di sekitar Jalan R.E Martadinata, ada banyak rumah makan yang menghidangkan masakan Indonesia seperti soto, pecel, gulai dan kuliner khas Jambi seperti gulai ikan semah. Pilihan lain rumah makan Padang yang melimpah di sekitar Kota Sungai Penuh.
Cicipi juga soto semurup yang sangat mirip dengan soto padang. Kuliner ini dijual tidak jauh dai Pasar Semurup, sekira lima belas menit dari Kota Sungai Penuh ke arah Kota Padang. Soto semurup berkuah bening dan berisi soun, perkedel kentang dan irisan dendeng sapi yang renyah. Hangatnya makanan ini cocok menemani udara Kota Sungai Penuh yang begitu dingin.
BERBELANJA
Ada beberapa pusat perbelanjaan di Kota Sungai Penuh seperti Pasar Beringin Jaya, Pasar Tanjung Bajure dan berbagai mini market yang tersebar di wilayah kota dan yang paling modern adalah Kincai Plaza yang juga dijadikan sebagai landmark kota ini.

AKOMODASI
Terdapat beberapa hotel kelas melati di Sungai Penuh dengan tarif mulai dari Rp100 ribu, diantaranya Hotel Jaya Wisata, Hotel Aroma dan Hotel Busana. Apabila Anda ingin menginap di hotel berbintang dengan fasilitas lebih baik maka Hotel Kerinci bisa dijadikan pilihan. Harga sewa per malamnya mulai Rp220.000,-.

KEGIATAN
Malam hari di Kota Sungai Penuh sangat indah jika dilihat dari ketinggian Bukit Sentiong, raihlah tempat ini ketika menjelang senja. Bila ingin wisata petualang yang menantang, Kabupaten Kerinci yang berbatasan langsung dengan Kota Sungai Penuh menawarkan wahana alam yang benar-benar menarik. Mulai dari Danau Kerinci, Gunung Kerinci, beragam air terjun hingga sumber mata air panas disuguhkan di sini.
Di Taman Bunga Puti Senang yang berlokasi di Jalan Raya Puti Senang, Desa Talang Lindung, ada taman bunga dan panorama bukit-bukit yang mengelilingi Kota Sungai Penuh. Meski fasilitasnya belum memadai namun bungabougenville yang elok akan cukup menentramkan bersama pemandangan indah dan angin sepoi nan sejuk. 

TRANSPORTASI
Tersedia angkutan antarprovinsi di Sumatera menuju Kota Sungai Penuh. Beberapa daerah yang menjangkaunya adalah: Bangko, Muara Bungo, Sarolangun, Jambi, Kuala Tungkal, Padang, Bukittinggi, Pekanbaru, bahkan Dumai.

Kota Sungai Penuh mampu dicapai melalu jalur darat dari  Kota Jambi dengan waktu tempuh 10 jam dan dari Kota Padang sekira 7 jam dengan mobil travel. Adapun jasa pengelola travel yang bisa Anda hubungi adalah: Travel Ayu (0751) 7878747: Travel Safamarwa 085263558899  dan Travel Klinci Putih: (0751) 446676.

Kondisi jalan sudah mulai membaik, namun dari Kabupaten Bangko hingga Kota Sungai Penuh, Anda akan melewati jalan berkelok. Tentu perjalanan ini tidak akan sia-sia karena Anda dimanjakan dengan alam yang subur.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.