Taman Nasional Kerinci Seblat

TAMAN NASIONAL KERINCI SEBLAT



TINJAUAN

Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) adalah area konservasi alam. Taman seluas 1.368.000 Ha (hasil tata batas) ini terletak di empat provinsi, yaitu: Sumatera Barat, Jambi, Bengkulu, dan Sumtera Selatan.   Taman nasional ini merupakan penyatuan dari beberapa cagar alam, yaitu Inderapura dan Bukit Tapan, serta Suaka Margasatwa Rawasa Huku Lakitan-Bukit Kayu Embun dan Gedang Seblat. Kawasan tersebut berfungsi  sebagai hidro-orologis yang sangat vital bagi wilayah sekitarnya.


Flora yang dilindungi di TNKS termasuk Kantung Semar (Nephents Ampularia), Bunga Anggrek dan diantaranya tumbuhan-tumbuhan tropikal. Fauna yang dilindungi termasuk Macan, Beruang, Rusa dan jenis-jenis primata dan burung.


Endemik primata yang dilindungi di TNKS termasuk Simpai, Ungkou, Siamang (Symphanlangus Syndactylus), monyet dan monyet berhidung panjang. Berbagai jenis burung termasuk Rangkong, Tohtor dan burung Kuau serta Elang. Kebanyakan adalah fauna yang langka.


KULINER

Diperbatasan antara desa Limau Gadang dan akses utama ke TKNS, ada beberapa warung-warung makanan lokal dimana Anda bisa menikmati kopi, teh dan makanan kecil. Jika Anda ingin bermalam di hutan, Anda harus membawa perbekalan Anda sendiri.

BERBELANJA

Kantor Resor Lumpo terletak tepat di belakang pasar Painan memungkinakan Anda membeli suvenir-suvenir setempat.

AKOMODASI

Jika Anda tidak ingin bermalam di hutan, TNKS menyediakan penginapan bagi wisatawan.

Di perbatasan antara desa Limau Gadang dan jalan masuk ke TNKS, ada beberapa toko-toko makanan lokal dimana Anda bisa menikmati kopi atau teh dengan makanan ringan. Jika Anda ingin tinggal di hutan, Anda harus membawa perbekalan sendiri.

KEGIATAN

TNKS di Lumpo Resor memiliki air terjun yang disebut Air Terjun Lumpo yang terdiri dari tiga level dan yang tertinggi sekitar 80 meter. Dari pinggiran desa Limau Gadang, perjalanan akan memakan waktu 4 jam dengan mobil sejauh 7 km ke air terjun. Bukit Bontak dan Gunung Kerinci terletak di Solok Selatan. Selain trekking, hutan yang dilindungi ini dapat juga digunakan untuk berkemah.


BERKELILING

TNKS adalah tujuan wisata yang spesial. Ini berarti TNKS adalah tempat yang tepat untuk pencinta alam yang suka menjelajah di dalam hutan. Trekking ke pusat-pusat resor harus dipandu oleh petugas yang berpengalaman. Jika Anda ingin bermalam, Anda bisa ditemani oleh penduduk lokal untuk membawa tenda dan perlengkapan memasak Anda.

TNKS adalah area yang sulit karena kemiringannya yang 90 derajat, berlumpur dan terdapat sungai kecil berbatu.


TRANSPORTASI


Akses yang paling mudah ke TNKS adalah di Sumatera Barat tepatnya dari Painan, distrik Pesisir Selatan atau Solok Selatan. Dari bandara internasional Minangkabau, Anda harus ke Padang dahulu dan melajutkan perjalanan ke Painan dengan menyewa mobil atau menggunakan agen perjalanan dengan biaya sekitar Rp 40,00 sampai Rp 50,000. Di Painan Anda harus melapor ke Kantor Lumpo Resor, yang terletak tepat di belakang stasiun bus dan pasar. Bawa surat izin Anda dari Kantor Pusat Pengurus Taman Nasional II (PTN II) di Padang ke area konservasi (SIMAKSI)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.