Pusat Ukiran Kayu Di Palembang

PUSAT UKIRAN KAYU DI PALEMBANG



TINJAUAN

Pusat Ukiran kayu di Palembang terletak di jalan Faqih Jalaluddin, dekat Masjid Agung Palembang. Puluhan ruang pamer yang dipenuhi oleh ukiran-ukiran cantik terdapat di pusat kota. Ukiran kayu Palembang, yang identik dengan warna merah dan emas gelap, ditampilkan di etalase terbuka di sepanjang jalan.


Anda juga dapat menemukan produk ukiran kayu yang setengah jadi, ukiran-ukiran kayu yang belum dihaluskan atau dicat. Para pengukir biasanya melakukan sentuhan akhir yang indah di toko mereka sebelum dijual.


Emas adalah warna yang paling dominan dalam ukiran kayu Palembang. Warna inilah yang membedakan ukiran kayu Palembang dari ukiran kayu dari daerah lain di Indonesia, seperti Jepara di Jawa Tengah.

Lemari, pintu, atau kaca, serta bingkai foto biasanya dicat dengan warna emas. Bagian lain ditutupi oleh warna merah dan hitam gelap. Gambar bunga dalam warna hitam membuat ukiran ini lebih indah.


KULINER

Anda tidak akan menemukan kesulitan untuk mencari makanan lokal di sini. Tak jauh dari Masjid Agung Palembang, Anda dapat menikmati makanan tradisional Palembang seperti empek-empek panggang dan kerupuk dengan harga Rp 1.500,00 sampai Rp 23.000,00 per buah, tergantung di mana Anda makan. Selain itu, ada warung yang menjual es belimbing yang hanya satu-satunya di palembang.

Di Sungai Musi, ada restoran terapung di mana Anda bisa makan sambil melihat Jembatan Ampera.


BERBELANJA

Anda pastinya bisa membeli ukiran di sini. Anda juga bisa berjalan-jalan di dekat Sungai Musi untuk menemukan sebuah pasar yang menjual berbagai jenis suvenir lokal. Ada juga pusat songket (kain tenunan) yang berjarak dua kilometer dari pasar ini.


AKOMODASI

Sangat mudah untuk menemukan hotel di Palembang. Anda dapat menemukan hotel berbintang atau biasa di sepanjang jalan Kapten A Rivai, Sudirman, R Sukamto, Veteran, dan Jalan POM IX.

KEGIATAN

Anda dapat membeli, melihat-lihat, atau bertanya tentang cat dan bahan baku ukiran. Bahan-bahan ini biasanya terbuat dari sumber daya alam yang tersedia.


BERKELILING

Untuk menjelajahi pusat ukiran kayu ini, akan sangat mudah dilakukan dengan berjalan kaki.


TRANSPORTASI

Jalan Faqih Jalaluddin terletak di dekat Masjid Agung Palembang. Anda dapat pergi ke Palembang dengan taksi atau mobil sewaan dari bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II di jalan Tanjung Api-Api, Palembang, yang dapat diakses dari Malaysia, Singapura, Cina, dan Thailand.

Di Pusat Kota, ada sembilan jenis transportasi publik termasuk tujuh bus kota dari berbagai tujuan yang dapat membawa Anda ke jembatan Ampera dengan biaya  Rp 1.500,00 sampai Rp 5.000,00.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.