MUSEUM SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II

MUSEUM SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II





Museum Sultan Mahmud Badaruddin II yang berada di seberang Sungai Musi ini memiliki bentuk asli bangunan tidak berubah dari masa awal pendiriannya. Lokasinya di Jalan Sultan Mahmud Badaruddin II No. 2, Palembang.

Di museum ini Anda dapat menikmati sekitar 556 koleksi benda bersejarah, mulai dari bekas peninggalan kerajaan Sriwijaya hingga Kesultanan Palembang. Nama Sultan Mahmud Badaruddin II dijadikan nama museum ini untuk menghormati jasanya bagi kota Palembang.

Museum ini berdiri di atas bangunan Benteng Koto Lama (Kuto Tengkurokato Kuto Batu) dimana Sultan Mahmud Badaruddin Jayo Wikramo dan Sultan Mahmud Badaruddin I (1724-1758) memerintah. Berdasarkan penyelidikan oleh tim arkeologis tahun 1988, diketahui bahwa pondasi Kuto Lama ditemukan di bawah balok kayu.

Benteng ini pernah habis dibakar oleh Belanda pada 17 Oktober 1823 atas perintah I.L. Van Seven House sebagai balas dendam kepada Sultan yang telah membakar Loji Aur Rive. Kemudian di atasnya dibangun gedung tempat tinggal Residen Belanda. Pada masa Pendudukan Jepang, gedung ini dipakai sebagai markas Jepang dan dikembalikan ke penduduk Palembang ketika proklamasi tahun 1945.  Museum ini direnovasi dan difungsikan sebagai markas Kodam II/Sriwijaya hingga akhirnya menjadi museum dan

Jam berkunjung museum ini adalah Senin hingga Kamis: 08.00 – 16.00 WIB, Jumat: 08.00 – 11.30; serta  Sabtu dan Minggu: 09.00 – 16.00. Untuk hari libur nasional akan tutup.

KULINER

Akan ada banyak pilihan kuliner di kota ini untuk Anda nikmati. Mengapa tidak kali ini coba nikmati kuliner Palembang sambil merasakan nuansa sungai melihat pemandangan Jembatan Ampera yang megah dikala malam hari. Riverside Restaurant di Komplek Benteng Kuto Besak menggunakan perahu tongkang yang disulap menjadi sebuah restoran dua lantai.

Anda dapat menikmati hilir mudik perahu nelayan yang menghiasi pemandangan sekitar dan menambah santai saat makan siang. Tersedia beragam seperti ikan gurame bakar, sapo tahu, kangkung hotplate, dan banyak lagi. Menu unggulannya adalah udang bakar cabai saus boombaru. Udangnya benar-benar manis dagingnya berukuran sedang dan berdaging empuk. Dipadukan saus cabai yang pedas dan sedikit asam membuat cita rasa udang bakar boombaru ini sangat lezat. Restoran ini berlokasi di tepian Sungai Musi kebanggaan masyarakat Palembang.

BERBELANJA

Setelah menyusuri sejarah dan peninggalan Sriwijaya maka lanjutkanlah dengan membeli souvenir yang ada di sekitar sungai. Di Museum Sultan Mahmud Badaruddin II sendiri tersedia toko yang menjual berbagai macam makanan dan souvenir. Toko-toko itu disebut Pasar 16 Ilir dan Pasar 35 Ilir. Sekitar 2 kilometer dari sana, Anda juga dapat menemukan pusat songket. Kemudian 50 meter berikutnya ada pusat ukiran Lekeur.

Palembang City Clothing mengusung tema jiwa muda dengan kaos bertemakan budaya masyarakat kota Palembang termasuk kata-kata humor, budaya masyarakat, gaya hidup, dan pesan moral. Kunjungi tempatnya di Jalan Bangau No. 29 Ilir Palembang, Telp. 0711-319640; 0711-7304774, 7304884, 7304994, atau 0811-293453. Tersedia pula websitenya di alamat: http://palembangcity.com.

Untuk mendapatkan susasana kota Palembang yang nyaman maka Anda dapat mengunjungi Palembang Indah Mall (PIM) di Jalan Letkol Iskandar 18. Tersedia tenant-tenant ternama di sini. Mall ini sering menjadi tempat temu artis, audisi, dan pertunjukan musik seperti PIM Jazz festival. Kalangan muda di kota Palembang menjadikan PIM sebagai tempat nongkrong mereka.

AKOMODASI

Berikut ini daftar akomodasi yang kami referensikan di sekitaran Ilir Barat I.
Sriwidjaja Hotel

Jl Letkol Iskandar 31,24 Ilir, Ilir Barat I Palembang  

Telp. 0711 354193

Syailendra Hotel

Jl Jend Sudirman 619,14 Ili, Ilir Timur I Palembang

Telp. 0711 364850


Basema Dempo Hotel

Jl Jend A Yani 3,14 Ulu, Seberang Ulu I Palembang

Telp. 0711 512541

Dharma Agung Hotel

Jl Kol H Burlian Km 7,5/45, Sukarami, Palembang

Telp. 0711 410558

Palapa Prima Hotel

Jl Musi II 54,Siring Agung, Ilir Barat I Palembang

Telp. 0711 442524

Shofa Marwah Hotel

Jl Kapt Anwar Sastro 1297, 20 Ilir III, Ilir Timur I Palembang

Telp. 0711 320932

Al Fath Melia Hotel

Jl Aipda KS Tubun 19,17 Ilir, Ilir Timur I Palembang

Telp. 0711 317174

Duta Palembang Hotel

Jl Letkol Iskandar 535,24 Ilir, Ilir Barat I Palembang

Telp. 0711 369177

KEGIATAN

Kegiatan berwisata di museum sejatinya tidaklah membosankan. Apalagi apabila Anda pergi dengan bekal pengetahuan pengantar sebelumnya. Di Museum Sultan Mahmud Badaruddin tersimpan lebih dari 500 benda bersejarah berupa koleksi arkeologi, etnografi, biologi, keramik, senirupa, dan numismatik.

BERKELILING
Untuk berkeliling kota Palembang akan ada beberapa pilihan moda mulai dari bus, taxi, perahu bidar, hingga mobil ketek. Yang terakhir apabila Anda temukan maka patut dicoba. Mobil antik tersebut berupa jeep willys sisa perang dunia II yang mirip angkot Jeepney di Filipina. Masyakat Palembang memberinya nama mobil ketek karena suara mesin mobil ini sangat mirip suara mesin perahu di sepanjang aliran Sungai Musi. Pemiliknya bukan dari kalangan pengoleksi mobil antik, melainkan para juragan angkot yang dimiliki secara turun-temurun.

Keberadaan mobil ketek ini terancam punah karena tidak tersedianya onderdil dan kalah bersaing dengan angkutan umum modern. Untuk menemukan kendaraan unik ini coba ditemui di Jalan KH A Azhari, kawasan 7 Ulu sampai 1 Ulu dekat stasiun kereta api Kertapati, dan sekitar Jalan Sosial di Km 5 Palembang sampai Lebongsiarang, Ilir Timur. Di tiga tempat itu, disesaki mobil antik jenis jeep willys.

TRANSPORTASI
Anda dapat mengunjungi Palembang dari Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin. Arahkan tujuan berikutnya ke Sungai Musi yang berseberangan dengan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Anda dapat menggunakan taksi atau mobil sewaan dari bandara. Jarak antara bandara dan pusat kota sekitar 6 kilometer. Di pusat kota, ada sembilan jenis angkutan umum, di antaranya adalah bus kota dari berbagai tujuan yang dapat membawa Anda ke Ampera dengan ongkos Rp1.5000-Rp5.000.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.