Bintan Mangrive

BINTAN MANGROVE


TINJAUAN

Tidak jauh dari kawasan wisata Bintan Resort yang begitu luas, terdapat hutan bakau yang dibelah oleh sungai berkelok-kelok. Hutan mangrove yang tumbuh di sini sempat ditebang oleh warga untuk dijadikan kayu arang dan bahan bangunan. Akan tetapi, kini kelestariannya dijaga agar pepohonan senantiasa hidup dan wisatawan pun dapat menikmati kesejukan alam.





Lokasi Bintan Mangrove berada di Sungai Sebong yang membelah kawasan Kampung Lagoi dengan Desa Sebong Lagoi, Sei Kecil. Sungai Sebong, airnya yang sangat jernih membentang sepanjang 6,8 kilometer dari danau di sebuah bukit. Uniknya sumber air berasal dari hujan, bukan terkumpul dari mata air di dalam tanah.


Mengikuti paket wisata Mangrove Discovery Tour dari PT Bintan Resort Cakarawala (BRC) dan Yayasan Eko Wisata Sebong Lagoi sebagai pengelolanya adalah pilihan utama. Dengan menggunakan speedboat Anda dapat menikmati pengalaman berpetualang di tengah-tengah hutan bakau Pulau Bintan.


Suara monyet yang terdengar akan membuat Anda menerawang sekitar dari keberadaan mereka. Jika beruntung, Anda pun bisa bertemu dengan burung raja udang (kingfishers) yang warnanya cantik, berang-berang, ular pohon, dan bahkan ribuan kunang-kunang yang bersinar di malam hari menghasilkan pemandangan menakjubkan.


Keberadaan hutan mangrove di Sungai Sebong berhasil diselamatkan dari ancaman kerusakkan. Tidaklah heran jika pada 2003, Bintan Mangrove Discovery Tours mendapatkan penghargaan PATA (Pacific Asia Travel Association) Gold Award untuk kategori ekowisata.


Mangrove merupakan tanaman yang sangat kuat dan fungsional. Mereka dapat menyesuaikan diri dengan air laut maupun air tawar. Akar mangrove sangat kuat sehingga mampu membuat sistem pengolahan air dan menyerap nutrisinya secara efisien sehingga air sekitar akan tampak jernih. Nutrisi memiliki fungsi beragam, termasuk menyuplai makanan untuk ikan karang dan udang. Mangrove juga dikenal sebagai pelindung pantai dari tsunami dan gelombang air yang mengalir di Sungai Sebong.


Sungai Sebong memiliki empat jenis bakau. Pertama adalah Avicennia yang sering juga disebut pohon api-api dan dapat ditemukan di pantai berpasir dan biasanya memiliki bunga kecil berwarna kuning. Lalu ada bakau Rhizophoran yang akarnya tumbuh hingga melayang di atas tanah sebagai pelindung pantai. Terdapat juga akar lutut Bruguiera yang kerap ditemukan di kawasan campuran air asin dan air tawar, tanaman ini dapat tumbuh hingga 30 meter. Terakhir adalah Xylocarpus yang tumbuh di air segar dan memiliki buah seukuran bola tendang.


Seluruh populasi tanaman menciptakan habitat yang nyaman bagi keraabu-abu. Sesekali Anda bisa melihat burung kuntul yang bermain di antara lumpur. Berhati-hatilah karena ular bakau hitam bergaris kuning pun kerap meringkuk di cabang pohon sehingga dianjurkan tidak merokok saat pengarungan.



KULINER

Setiap hotel memiliki restoran yang menyajikan bermacam kuliner, berikut ini beberapa diantaranya:



Kopi-O

Terletak di Bintan Lagoon Resort, menawarkan masakan Indonesia dan India.

Telepon: +62 770 691388



Rice

Bintan Lagoon Resorts

Menawarkan masakan Barat, Cina dan Fusion

Telepon: 62 770 691388



Nelayan Grill

Bintan Lagoon Resort

Spesial seafood bakar dan steak

Telepon: +62 770 691388



Kelong Seafood Restaurant

Nirwana Gardens

Menawarkan seafood segar yang lezat

Telepon: +62 770 692505



Cafe Helo Helo

Pasar oleh-oleh makanan Indonesia dan Cina

Telepon: +62 770 692488



Hotel juga menyajikan masakan Jepang, lalu ada restoran Asia di Nirwana Gardens yang unggul dalam masakan Thailand. Restoran Orzo di Bintan Lagoon Resort memiliki pilihan menu Mediterania dan Italia, sementara Spice Restaurant menyajikan masakan India dan Internasional.

Sebagian restoran berada di dalam hotel, namun ada juga yang berdiri sendiri. Anda bisa menikmati pemandangan pantai yang romantis jika bersantap di restoran dengan letak strategis.


AKOMODASI

Di dekat Sungai Sebong tentu saja terdapat banyak hotel, sebagian merupakan hotel berbintang, di antaranya berikut ini.



Angsana Bintan

Telepon: +62 770 693111

www.angsana.com



Ria Golf Lodge

Telepon: +62 770 692842 atau +65 64933165

www.riabintan.com



Banyan Tree Bintan

Telepon: +62 770 693100



Nirwana Gardens

Telepon: +62 770 692505

www.nirwanagardens.com



Bintan Lagoon Resort

Telepon: +62 770 691388

www.bintanlagoonresorts.com



Club Med Bintan

Telepon: +62 770 692801

www.clubmed.com


KEGIATAN

Bintan Resorts Cakrawala Tours menawarkan tur mangrove seharian penuh, sekaligus mengajak Anda menikmati makan malam di hutan magrove sambil melihat cantiknya mengamati kunang-kunang.

Pemandu wisata akan menceritakan banyak hal menarik mengenai ekosistem di hutan tersebut. Pada malam tertentu, kunang-kunang turun berbondong-bondong untuk kawin. Kunang-kunang betina cirinya berkedip-kedip (menyala) lambat sedangkan si pejantan lebih cepat kedipannya. Mereka mencari pasangan di kelompoknya masing-masing dan ketika menemukan pasangannya mereka akan terbang bersama-sama di atas pohon, bahkan serempak menerangi langit sekitar. Biasanya kondisi tersebut terjadi pukul 02.00 hingga lewat darinya kunang-kunang akan lenyap.

Tur menyusuri sungai berlangsung sekitar satu setengah jam. Selama itu Anda akan dimanjakan  pemandangan indah magrove di tepi sungai. Anda akan melewati Desa Sungei Kecil, tempat tinggal Bapak Leman yang diyakini dapat berkomunikasi dengan  buaya di Sungai Sebong. Di sepanjang sungai pun terdapat pondok nelayan, juga pohon nipah yang menghasilkan buah attap chee untuk dijadikan manisan maupun minuman lokal.



Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi pihak berikut.



PT Bintan Resort Cakrawala

Wisma Bintan Resor, Jalan Raja Haji Sebong Lagoi

Tanjung Uban, Bintan Utara

Telepon: +62 770 692092

Website: brctours@bintan-resorts.com.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.