TABUHAN ISLAND PRO KITEBOARDING DI BANYUWANGI

Agustus 22, 2015

Banyuwangi menggelar event internasional yang menarik untuk disaksikan, yaitu Tabuhan Island Pro Kiteboarding. Acara tersebut akan berlangsung pada 22 dan 23 Agustus 2015 dengan mengambil tempat di Pulau Tabuhan, Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Ajang Tabuhan Islan Pro Kiteboarding sendiri digelar atas kerja sama Pemkab Banyuwangi dan Bangsring Brezze Resort. Event Tabuhan Island Pro Kiteboarding sendiri telah berproses menjadi event terbesar di Asia Tenggara.

Tabuhan Island Pro Kiteboarding akan diikuti oleh 40 atlet dari 20 negara. Peselancar yang akan tampil dari mancanegara seperti dari Amerika Serikat, Inggris, Swedia, Finlandia, Belanda, Lithuania, Polandia, Rusia, Perancis, Spanyol, Jerman, Austria, Selandia Baru, Australia, Thailand, Singapura dan Tiongkok, serta tentunya peselancar asal Indonesia.

Kiteboarding adalah olahraga air yang memadukan beragam unsur, mulai dari selancar angin, selancar, paralayang bahkan senam menjadi satu jenis olahraga. Atlet akan berdiri di papan selancar yang dihubungkan dengan layang layang paralayang. Mereka memanfaatkan angin dengan kekuatan besar. Terdapat sejumlah gaya dalam kiteboarding seperti freestyle, free-ride, downwinders, speed, course racing, wakestyle, jumping dan kitesurfing ombak.

Total hadiah yang akan disediakan dalam kejuaraan ini sebesar Rp 100 juta oleh sejumlah perusahaan besar di industri selancar seperti Rip Curl, Rip Curl School of Surf, Best Kiteboarding, Airush, Huna Boards, Freedom Kiteboarding Magazine dan Beach Hut and Surftime. Sejumlah nama ang dipastikan hadir adalah Dan Sweeney juara Freestyle Kiteboarding asal Australia; Narapichit Pudja juara kedua World Champion Race dan Asian Champion Race; Niklas Langseth, Juara Freestle Kiteboarding Swedia; Meiju Ketola asal Finlandia; serta Fu Sumsion asal Australia.

Pulau Tabuhan mempunyai potensi untuk menjadi idola baru bagi pecinta kiteboarding karena mempunyai angin yang cukup kuat dan memiliki pemandangan yang sangat bagus. Di Bali kekuatan angin hanya sekitar 10 sampai 15 knot dan itu kurang bagus tetapi di Pulau Tabuhan angin sangat kuat terutama pada bulan Mei sampai Oktober dengan kecepatan angin secara konstan mencapai 20-25 knot. Bagi atlet semakin kuat angin maka akan semakin bagus. Belum lagi Pulau Tabuhan memiliki pasir putih dan air yang masih jernih.

Pulau Tabuhan adalah pulau kecil seluas sekitar 5 hektar yang indah, persis di tengah selat Bali dan memisahkan Pulau Jawa dengan Pulau Bali. Lokasinya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo. Di sekitarnya ada kebun bawah  dengan beraneka biota dan di atasnya ada berbagai jenis satwa darat seperti burung maleo yang bermigrasi dari Sulawesi. Untuk menuju Pulau Tabuhan, wisatawan membutuhkan waktu sekitar 20 menit dari Pantai Bangsring Banyuwangi dengan menggunakan kapal wisata yang dioperasikan oleh kelompok warga lokal.


Informasi dan keterangan silakan hubungi pihak berikut.

http://www.tabuhanislandpro.com/index.html

Edy : 0812 3463 6910

Twitter : @banyuwangi_kab @bwi_festival

www.banyuwangikab.go.id



Tersedia juga paket bangsring boat dengan harga Rp100.000,- / orang menggunakan Kapal Wisata PP. P Tabuhan Banyuwangi. Aktivitas yang dilayani meliputi snorkeling, makan siang, snack dan banan boat. Untuk reservasi: 0823 1299 0888; Twitter : @bangsringbreeze; www.tabuhanislandpro.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.