FESTIVAL BAHARI KEPULAUAN TOGEAN 2015

Agustus 19, 2015

Festival ini akan digelar pada 19-23 Agustus 2015 bertempat di Lapangan Sepak Bola Wakai, Kabupaten Tjo Una Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Festival Bahari Kepulauan Togean merupakan kombinasi unik memadukan keindahan alam dari kedua wilayah di darat dan bawah air, serta keindahan multikultural rakyat yang unik.

Taman Nasional Kepulauan Togean adalah keindahan gugusan puluhan pulau-pulau kecil yang melintang di tengah Teluk Tomini. Ada 2 area ekosistem berupa lautan seluas 292.000  hektar dan datarannya 70.000  hektar. Di Togean ada sekitar 33 jenis mangrove yang terdiri dari 19 jenis mangrove sejati (true mangrove) dan 14 jenis mangrove ikutan (associate mangrove).

Di Kepulauan Togean dapat Anda lihat  hutan mangrove dan hamparan padang lamun patai atau ‘nambo’ (seagrass bed) yaitu berupa rumput pantai yang luas dan menjadi sumber makanan mamalia laut dugong. Beberapa spesies penyu langka juga ada di sini seperti penyu hijau (Chelonia mygas) dan penyu sisik (Eretmochelys imbriocata) yang menjadikan pantai yang indah di sini sebagai tempat mencari makan dan berkembang biak.

Untuk mencapai Togean Anda dapat memanfaatkan rute dari Jakarta ke Togean, yaitu: Jakarta-Palu-Ampana-Togean. Dari Jakarta ke Palu Anda dapat menggunakan pesawat Lion Air, Sriwijaya Air, dan Garuda Indonesia, dari Bandara Sukarno Hatta Cengkareng menuju Bandara Mutiara di Palu sekitar 3 jam. Alternatif rute lain adalah yang lebih singkat, yaitu: Jakarta-Luwuk-Ampana-Togean. Di Luwuk tersedia bandara dan melayani penerbangan dari Surabaya dan Makassar (Ujung Pandang). Dari Luwuk ke Ampana lebih dekat sekira 4-5 jam perjalanan darat.

Informasi dan keterangan silakan hubungi pihak berikut.

www.disparekrafsulteng.com



Dinas Pariwisata & Ekonomi Kreatif Prov. Sulawesi Tengah

Jl. Dewi Sartika No. 45

Telp/Fax. : (0451) 483941 - 483942

Email : sulteng.pariwisata@gmail.com                    

Telp. (0451) 424231; 0812 4510 6000

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.