JAMBORE INTERNASIONAL TOYOTA LAND CRUISER 2015 DI CANDI PRAMBANAN

Maret 07, 2015

Penyelenggaraan Jambore Internasional Toyota Land Cruiser 2015 kali ini hadir di Kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada 7-8 Maret 2015. Ini merupakan penyelenggaraan yang kedua setelah sebelumnya Jambore Internasional Toyota Land Cruiser 2013 sukses digelar di Bali. Beberapa negara yang akan hadir dalam kegiatan tersebut antara lain adalah: Perancis, Jepang, Australia, Thailand, Singapura, Filipina, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Dwi Budi Santosa, pimpinan panitia acara tersebut, mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya acara ini adalah sebagai ajang silaturahmi antar negara dan antarchapter di seluruh Indonesia, juga sebagai wadah kompetisi dan adu kreativitas dengan menjunjung tinggi sportifitas serta diharapkan dapat memberikan hiburan bagi masyarakat.

"Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang populer dunia yang diharapkan akan memberikan kesan mendalam bagi para peserta jambore," kata Dwi Budi.

Acara ini akan dikemas secara fun dengan berbagai aktivitas sosial maupun otomotif yang ditujukan bagi anggota Toyota Land Cruiser Indonesia (TLCI), wisatawan dan masyarakat umum. Saksikan pemecahan rekor MURI 1.000 mobil Toyota Land Cruiser, lomba foto, bazaar multi produk, hingga aktivitas sosial seperti donor darah. Berikut ini acara yang akan dihadirkan.

Pemecahan rekor MURI 1.000 mobil Toyota Land Cruiser dalam satu lokasi kegiatan
Konfigurasi mobil Toyota Landcruiser yang diatur membentuk alphabet TLCI
Kontes ketangkasan melewati berbagai rintangan dengan Toyota Land Cruiser
Donor Darah (bekerjasama dengan PMI DIY)
Bakti Sosial untuk panti Asuhan
Lomba Foto, Fun Games, dan hiburan
Bazaar multi Produk
Foodcourt Area

Bagi para pelaku bisnis otomotif dan pendukungnya yang ingin berpartisipasi dalam event ini ataupun menjadi sponsor, dapat menghubungi PT. Medialink International atau bisa juga men-download proposalnya di laman berikut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Paraiwisata Kabupaten Sleman Ir. AA Ayu Laksmidewi TP, MM mengatakan bahwa pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi terhadap penyelenggaraan event Jambore Internasional Toyota Land Cruiser 2015 di wilayah Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Sehingga diharapkan event bertaraf internasional tersebut akan memberikan kontribusi positif terhadap dunia kepariwisataan di DIY khususnya Kabupaten Sleman.

Ayu menambahkan bahwa Kabupaten Sleman yang memiliki lokasi strategis dengan dukungan destinasi wisata yang sangat beragam membuka peluang yang luas bagi penyelenggaraan event-event bertaraf internasional, seperti halnya Jamboree Internasional Land Cruiser ini. Terlebih lagi pengemasan event tersebut dikaitkan dengan konsep-konsep sosial, lingkungan, budaya dan pariwisata.

Candi Prambanan yang nantinya akan menjadi lokasi acara Jambore Internasional Toyota Land Cruiser 2015merupakan salah satu ikon budaya Indonesia, sekaligus sebagai candi Hindu terbesar di Asia Tenggara. Candi ini diwarnai oleh legenda putri cantik Roro Jonggrang. Raja yang juga merupakan ayah dari sang putri memaksanya menikah dengan Bandung Bondowoso namun Roro Jonggrang tidak menyukainya. Setelah melalui pertimbangan yang panjang, akhirnya Roro Jonggrang memberikan satu syarat kepada Bandung Bondowoso untuk membangun 1000 buah candi sebelum fajar menyingsing. Ia berjanji akan menikahinya jika permintaan itu terpenuhi. Ketika Bandung Bondowoso sudah menyelesaikan 999 candi, Roro memerintahkan para wanita untuk memukul padi agar ayam berkokok.

Setelah tahu bahwa Roro berbuat curang, akhirnya Bandung Bondowoso kesal dan menyulap Roro Jonggrang menjadi candi yang keseribu yang kini dikenal sebagai Candi Prambanan, sedangkan candi di sekitarnya dinamakan Candi Sewu atau Seribu Candi.

Relief yang terdapat du dalam candi menuturkan cerita epik Ramayana. Di dalamnya terdapat barang-barang sejarah seperti batu Lingga Batara Syiwa sebagai simbol kesuburan. Keindahan serta kerumitan arsitektur Candi Prambanan sebagai bangunan yang sangat menawan menobatkannya sebagai situs warisan dunia tahun 1991 oleh UNESCO.

Untuk menuju ke Candi Prambanan, dari Yogyakarta, Anda dapat menyewa mobil ke Klaten ataupun menggunakan transportasi umum Trans Jogja.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.