KAIN TENUN NTB DIPAMERKAN DI AJANG NEW YORK FASHION WEEK

Februari 14, 2015

Tiga desainer Indonesia yakni Dian Pelangi, Barli Asmara dan Zaskia Sungkar akan membawa koleksi mereka yang terinspirasi dari kain Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam pekan mode internasional, New York Fashion Week 2015, di The Crowne Plaza Times Square Manhattan, 14 Februari mendatang.

Kain tenun NTB dipilih karena memiliki beragam jenis kain yang sarat akan budaya dan tradisi leluhur. Ini juga merupakan bentuk kecintaan dan kesetiaan tiga desainer sehingga kegiatan bertajuk From Lombok to New York tersebut dapat terlaksana.

Ketiga desainer masing-masing akan membawakan tema yang berbeda pada koleksinya. Dian Pelangi tetap konsisten pada warna-warna pelanginya dengan material tenun bima yang dibuat oleh suku Mbojo.

"Saya mengambil tema Tales of Tambora yang juga dalam rangka memperingati Tambora Menyapa Dunia. Saya sekaligus membuat campaign Hola Tambora untuk meng-aware masyarakat Amerika akan keberadaan Gunung Tambora," kata Dian Pelangi di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, saat konferensi pers From Lombok to New York, Kamis (29/1).

Sementara baik Barli Asmara dan Zaskia Sungkar memanfaatkan kecantikan tenun yang dibuat oleh suku sasak, Lombok Tengah. Barli membawa tema Royal Lombok untuk memunculkan kemegahan tenun NTB, sedangkan Zaskia mengangkat nama putri Lombok, Mandalika, sebagai tema dan inspirasinya.

"Saya membuat koleksi-koleksi sesuai dengan ciri khas saya, memainkan warna pastel yang lembut namun tetap elegan," jelas Zaskia.

Ajang New York Fashion Week akan memamerkan busana-busana musim dingin dari sejumlah desainer ternama yang ada di seluruh dunia. Menurut Dian Pelangi, kain tenun NTB memiliki material yang tebal sehingga sangat cocok dirancang sebagai busana musim dingin. Selain itu, kain tenun tersebut juga tidak mudah kusut dan tidak mudah luntur.

"Kami harus membuat busana yang sifatnya universal dan couture high quality, kain NTB kualitasnya memang sangat tinggi. Pengunjung yang datang nantinya berasal dari kalangan buyers internasional, media dan fashion blogger lokal," lanjut Dian Pelangi.

Perjanan Indonesian Designers Go to New York ini didukung penuh oleh Presiden RI, Joko Widodo, beserta Kementerian Pariwisata dan Pemerintah Provinsi NTB.

Rangkaian perjalanan tiga desainer akan dirangkum dalam hashtag di berbagai sosial media.

#ZBDforNYFW2015

#ZBDfashionvibe

#OPPOdesignersForNYFW

#FromLomboktoNewYork 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.