TOUR DE SINGKARAK DIGELAR JUNI 2014

Juni 07, 2014
TOUR DE SINGKARAK DIGELAR JUNI 2014


Tour de Singkarak ke-6 kembali akan digelar pada 7 - 15 Juni 2014. Event internasional perpaduan olahraga dengan pariwisata ini sudah tercantum dalam UCI Road Calendar, 2013 - 2014 Season, Asia Tour (www.uci.ch). Pihak panitia, terutama masyarakat dan pemerintah provinsi Sumatera Barat siap  menjadi tuan rumah mega event balap sepeda ini. Begitu pula officials dan seluruh panitia penyelenggara akan berupaya menyukseskan salah satu event balap sepeda yang termasuk paling banyak disaksikan secara langsung tersebut.

Tour de Singkarak merupakan salah satu kalender tetap dan mega event dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Provinsi Sumatera Barat, Pemerintah Daerah Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat, dan Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia (PB ISSI). Untuk tahun ini, TdS masih diselenggarakan dalam kelas 2.2 dan pihak penyelenggara event sedang mempersiapkan agenda survei fisik dan pertemuan koordinasi awal sebagai langkah strategis persiapan pelaksanaan.

Hingga tahun ke-5 pelaksanaannya TdS telah membuahkan dampak positif di berbagai bidang terutama mempromosikan Sumatera Barat ke mancanegara. Event ini memacu pembangunan infrastruktur daerah serta membuka akses wilayah untuk pasar dan investasi. Secara bertahap kegiatan TdS melahirkan dampak berantai efek ekonomi  diantaranya tumbuhnya perhotelan, transportasi, kuliner, kerajinan, dan  tujuan wisata. Bagi masyarakat Sumatera Barat sendiri, mega event ini akan memberi dampak positif beragam usaha ekonomi kreatif di sekitar wilayah yang dilalui rute lomba.

Dalam bidang olahraga balap sepeda, Tour de Singkarak telah memberikan dampak positif dan inspirasi bagi kemunculan berbagai lomba balap sepeda internasional lainnya di Indonesia. Tour de Singkarak juga telah menempatkan dirinya sebagai wadah dan ajang evaluasi performa atlet sekaligus tempat latihan dengan jalur menantang serta lawan yang kompetitif.

Secara internasional, banyak pembalap mancanegara begitu antusias ikut serta dan begitu juga sambutan masyarakat Sumatera Barat. Bahkan event ini termasuk ajang balap sepeda internasional yang paling besar ditonton dan paling meriah. Saat lomba ini dilangsungkan, jumlah berita yang muncul sangat besar karena media yang ikut hadir meliput datang dari berbagia media termasuk televisi, radio, media massa cetak dan juga online. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.