FESTIVAL SABANG FAIR 2014

Juni 18, 2014
FESTIVAL SABANG FAIR 2014


Kota Sabang di Pulau Weh akan menghelat acara budaya menarik bertajuk Festival Sabang Fair (FSF) 2014. Acara ini akan berlangsung di Taman Sabang Fair pada 18-24 Juni 2014. Acara ini diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Sabang dalam rangka menjaga eksistensi kebudayaan Sabang dan Aceh serta menyambut HUT ke-49 Kota Sabang.

FSF 2014 dimeriahkan dengan pawai budaya yang mengambil garis start di Pujasera dan berakhir di arena Taman Sabang Fair. Ada 15 kabupaten dan kota dari Provinsi Aceh yang akan mengikuti pawai ini. Setelah pawai usai, acara dilanjutkan dengan pembukaan FSF oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah.

Sementara itu, diselenggarakan juga berbagai lomba. Sebanyak 53 grup seni yang terdiri dari 21 grup tari, 9 cagok, 14 musik, dan 9 teater akan berkompetisi dalam festival ini. Nomor yang dilombakan diantaranya: tari kreasi baru Aceh, cagok lawak Aceh, musik garapan etnik Aceh dan teater rakyat Aceh. 

Pada puncak acaranya, pentas FSF 2014 akan diisi oleh para talent dan bintang tamu, seperti Seuramoe Reggae, Grup Singa Nagan, Amoba Band, Yafi ‘n Friend, The Prak Band, dan masih lainnya. Pengumuman pemenang dan hadiah lomba juga akan dilakukan pada akhir festival.

Sabang merupakan kota di Pulau Weh yang kemudian lebih popular daripada nama pulau induknya sendiri. Sabang adalah pintu gerbang di ujung barat Indonesia. Kota ini menjadi destinasi wisata bahari Indonesia yang menawarkan surga bagi para penyelam. Di sini Anda dapat menikmati alam bawah lautnya untuk bertemu ratusan spesies ikan dan kekayaan terumbu karang alami. 

Di Sabang juga Anda dapat menikmati beragam wisata bahari, wisata benteng bersejarah, mencicipi kulinernya, atau sekadar berkeliling menikmati pemandangan alamnya yang masih asri menghijau. Wisatawan biasanya menghabiskan waktu di Sabang antara dua hingga 7 hari. 

Kota Sabang di Pulau Weh dapat dijangkau dengan kapal feri dari Pelabuhan Ulee Lhue di Kota Banda Aceh sekira 14 mil laut. Tersedia dua armada kapal cepat dengan waktu tempuh 45 menit dan feri biasa dengan waktu tempuh 90 menit. Untuk terbang ke Banda Aceh dapat menggunakan Garuda Indonesia dari Jakarta maupun Medan yang terbang pulang pergi dua kali sehari. Untuk akomodasi di Sabang ada beragam dapat dipilih seperti di Sumur Tiga, Sabang Hill, Pantai Gapang, atau nikmati rumah-rumah penginapan yang ada di sisi tebing tepat di atas bibir Pantai Iboih.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.