PILIHAN MALAM TAHUN BARU DI SLEMAN

Desember 27, 2013

Memasuki perayaan tahun baru 2014, Sleman menawarkan beragam tujuan dan atraksi menarik untuk wisatawan dalam menyambut tahun baru 2014. Seperti diutarakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, AA Ayu Laksmidewi TP, MM, bahwa penyelenggaraan kegiatan yang diberi tajuk “Gebyar Obyek dan Daya Tarik Wisata (ODTW) 2013”.



Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman bersama pelaku industri pariwisata dan akan digelar di empat titik, yaitu: Kaliurang, Lapangan Denggung, Monjali, dan Taman Kuliner Condongcatur. Kegiatannya meliputi 3 acara utama, yaitu Festival Lampion, Kirab Budaya “Obor Merapi Sapit Urang”, dan Pesta Seni dan Kembang Api.



Dalam Festival Lampion akan diikuti semua lapisan masyarakat Kaliurang mulai dari pintu gerbang utama hingga kawasan Tlogo Putri. Acara ini berlangsung pada 27-31 Desember 2013.



Untuk menyemarakkan tahun baru 2014, akan ada pula pemasangan obor di sepanjang jalan di kawasan Kaliurang. Acara ini berikutnya pada Selasa 31 Desember 2013 mulai pukul 19.30 – 20.30 WIB akan ada Kirab Budaya “Obor Merapi Sapit Urang” sepanjang 1 (satu) kilometer yang diikuti sekira 10 kelompok budaya mengambil rute: Patung Udang – Patung Monyet – Taman Kanak-Kanak – (finish) Tlogo Putri.



Dalam acara Pentas seni dan Kembang Api akan digelar pada Selasa, 31 Desember  2013, pukul 19.00 – 24.00 WIB. Kegiatan dipusatkan di empat titik lokasi, yaitu: pertama, di Panggung Barak selatan Taman Kanak-Kanak dengan pentas campursari dari komunitas Hargobinangun Kaliurang. Kedua, di Gardu Pandang Boyong berupa pentas karawitan dan cokekan dari kelompok Garuda Dadali dari Sidoagung Minggir. Ketiga, di Panggung Tlogo Putri ada pementasan 3 grup band orkes melayu yaitu Nabila dari Ngawen Trihanggo Gamping, Seva Nada dari Morangan Triharjo Sleman dan Latanza dari Nyamplung Margokaton Seyegan. Kemudian keempat, di Lapangan Kaliurang Barat berupa pementasan elektone dan band dari masyarakat Kaliurang Barat.



Manajemen Monjali bekerjasama dengan PT Taman Pelangi juga akan menyelenggarakan kegiatan pentas musik akustik, pelepasan lampion terbang, pembagian terompet dan pesta kembang api yang digelar mulai Selasa 31 Desember 2013 pukul 17.00 WIB hingga dini hari dengan tiket masuk Rp.15.000,- .



Sementara itu, pada Selasa 31 Desember 2013 di Kawasan Taman Kuliner Condongcatur dipentaskan orkes melayu Yo Ben Nada dari Mesan Sinduadi Mlati, pukul 14.00 – 17.00 WIB dan Thee Plus Band dari Karangjati Sinduadi Mlati dan komunitas Koes Plus Sleman pada pukul 20.00 hingga dini hari. Di desa wisata Pulesari Wonokerto Turi pada malam tahun baru dipentaskan kesenian religius Kobrasiswa “Putro Mudo” dari dusun setempat mulai pukul 20.00 hingga dini hari.



Di Kawasan Lapangan Denggung Tridadi Sleman mulai pukul 19.00 hingga dini hari diagendakaan 4 zona kegiatan, yaitu Band dan Skateboard dari Komunitas Skateboard Denggung, musik keroncong, pameran komunitas kreatif Sleman, panggung seni pramuka se Kabupaten Sleman. Selain itu, ada juga medley tarian khas Sleman dan tarian massal bersama 300 anak-anak dan pemuda Sleman. Mengawali pergantian tahun 2014 di kawasan ini akan disambut dengan tembakan salvo dengan 100 meriam bambu.



Di Desa Wisata Temon Kampung Bocah, Pandowoharjo Sleman pada Minggu 29 Desember pukul 09.00 – 17.00 WIB dipentaskan kesenian kuda lumping “Cahya Budaya Sumbing” dari Kajoran Magelang. Pada Senin 30 Desember diagendakan lomba mewarna untuk anak-anak dan acara seremonial launching desa wisata Temon Kampung Bocah. Pada malam tahun baru, mulai pukul 20.00 WIB di tempat ini akan ada pula pagelaran wayang kulit semalam suntuk oleh Dalang Ki Bayu Sugati.



Bagi Anda yang berkunjung ke Kaliurang pada 1 Januari 2014 masih berkesempatan untuk menikmati kesenian jathilan “Turonggo Mudo Budoyo” dari Klenggukan Tirtomartani Kalasan, pada pukul 10.00 – 16.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.