PEKAN KEBUDAYAAN ACEH 2013: ACEH SATU BERSAMA

September 20, 2013
Provinsi Aceh yang berada di ujung barat Indonesia dalam waktu dekat ini akan dimeriahkan dengan sebuah pagelaran seni dan budaya bertajuk Pekan Kebudayaan Aceh 2013. Acara yang sudah memasuki tahun keenamnya itu akan berlangsung pada  20 - 29 September 2013  di Taman Sulthanah Syafiatuddin, Banda Aceh. Tahun ini Aceh Cultural Week akan mengangkat tema “Aceh Satu Bersama” untuk menyatukan dan memperkuat ikatan seluruh elemen masyarakat Aceh demi masa depan Provinsi Aceh yang lebih baik.



Sama seperti perhelatan sebelumnya, Aceh Cultural Week 2013 akan secara resmi dibuka Presiden Soesilo Bambang Yuhdoyono dan dihadiri masyarakat Aceh. Pagelaran ini akan menampilkan berbagai kekayaan seni dan budaya Aceh yang akan disajikan melalui serangkaian pameran, pertunjukkan dan berbagai program menarik lainnya.



Setelah acara pembukaan yang akan berlangsung pada 20 September, kemeriahan akan dilanjutkan dengan acara Parade Budaya pada 21 September 2103. Parade ini akan dipusatkan di Simpang Lima. Sedangkan dari 20 sampai 29 September 2013 akan hadir serangkaian pameran antara lain, yaitu: Pameran Warisan Budaya Aceh, Pameran Warisan Budaya Nusantara, Pameran literatur Islam dan Budaya Aceh, serta Pameran Barang Kerajinan dan Produk Rumah Tangga serta Obat-obatan tradisional Aceh.



Seluruh kegiatan pameran tahun ini akan berlangsung di beberapa tempat di Banda Aceh. Untuk mengakhiri pagelaran Pekan Budaya Aceh 2103, pada 28 September 2103 akan berlangsung Anugerah Budaya yang akan berlangsung di Hermes Palace Hotel.



Pekan budaya yang akan berlangsung selama seminggu penuh ini juga akan diisi serangkaian seminar yaitu mulai  25 - 26 September 2103 yang akan berlangsung di AAC Sultan Selim II. Berbagai pertunjukan seni dan budaya termasuk pagelaran teater, kaligrafi dan ukiran, Tari Saman, Tari Sudati, Rapai Geleng, Dalai Khairat, Zikir maulid, paduan suara, dan banyak lagi akan diselenggarakan dari 20-28 September 2013 di Taman Budaya Aceh, Taman Sulthanah Shafiatuddin dan Gedung Tgk. Chik Di Tiro. Untuk menambah kemeriahan berbagai permainan rakyat tradisional juga akan berlangsung di lapangan Tugu Unsyiah dan Jembatan Lamnyong pada 22-26 September 2013.

Informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman: http://www.pka6.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.