BROMO MARATHON 2013

September 01, 2013
Kemegahan dan keindahan bentang alam Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru, tempat berdiamnya Gunung Bromo di Jawa Timur akan menjadi saksi perjuangan para pelari dalam lomba Bromo Marathon 2013. Acara yang baru kali pertama dilaksanakan ini dijadwalkan berlangsung pada 1 September 2013.



Bromo Marathon akan meliputi tiga kategori kompetisi, yaitu: Full-marathon (42.195 km), Half-marathon (21.975 km), dan lari 10 K. Full-marathon akan dimulai pada pukul 5.30 WIB, Half-marathon akan menyusul setengah jam kemudian, dan lari 10 K akan dimulai setengah jam berikutnya.



Peserta akan melintasi desa-desa di sekitaran Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru dan sepanjang kaldera Tengger yang pemandangannya spektakuler. Garis start dan finish berada di Desa Wonokitri. Desa tersebut adalah jantung kebudayaan masyarakat Tengger dimana keturunan Hindu dari penguasa Majapahit kuno masih mempertahankan agama, tradisi leluhur, dan kebudayaan mereka.



Meninggalkan Wonokitri, pelari akan melintasi jalan tak beraspal menuju Desa Podokoyo untuk kembali lagi ke jalan raya beraspal. Rute berlanjut menuju Desa Ngawu, tempat berdirinya sebuah pura Hindu kuno.



Dari Ngawu, pelari akan melintasi jalur menanjak dan berkelok menuju tepian kaldera. Setibanya di Viewpoint Dinglik, rute akan kembali ke jalur beraspal dan mendaki menuju ke puncak Gunung Pananjakan. Selanjutnya, rute jalur menurun menuju ke garis finish di Wonokitri.



Bromo Marathon dijadwalkan menjadi event tahunan dan penggalangan dana dari event ini akan digunakan untuk kepentingan pengembangan fasilitas sekolah di sekitarnya.



Informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan kunjungi situs resminya berikut ini. http://bromomarathon.com/.



Photo courtesy : http://bromomarathon.com/.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.