ROCK IN SOLO DAN SEJUMLAH EVENT BUDAYA DI SOLO

Agustus 01, 2013
Rock In Solo, sebuah acara tahunan musik rock di Solo akan kembali digelar pada Agustus 2013 bertepat di Stadion Sriwedari, Solo. Festival musik rock ini akan mengundang puluhan band rock Indonesia serta mancanegara. Digelar sejak tahun 2004, event yang disebut-sebut sebagai festival musik terbesar di Jawa Tengah ini selalu sukses menarik perhatian ribuan penggemar musik rock/metal dari berbagai penjuru Tanah Air.



Selain Rock in Solo, masih banyak sejumlah event budaya yang digelar bulan Agustus di Kota Solo. Acara tersebut terutama berkaitan bulan ramadhan dan Idul Fitri yang tahun ini jatuh pada bulan tersebut. Paring Dalem Zakat Fitrah akan dilaksanakan pada 5 Agustus 2013 di Kraton Surakarta/Masjid Agung. Event ini berupa pengiriman zakat fitrah ke Masjid Agung diiringi abdi dalem dan santi swaran.



Pada 9 Agustus 2013 akan digelar pula Grebeg Pasa, yaitu prosesi membawa gunungan dari Keraton Surakarta ke Masjid Agung. Upacara tradisional ini berkaitan pula dengan Hari Raya Idul Fitri. Bakdan Ing Balekambann dijadwalkan pada 8-18 Agustus 2013 di Taman Balekambang. Pementasan kesenian tradisi dan modern akan memeriahkan event ini. Pelestarian tradisi pasar rakyat di kawasan Bonrojo Sriwedari, Maleman Sriwedari, akan digelar pada 10-25 Agustus 2013 di Taman Sriwedari. Tradisi ini telah dilaksanakan sejak masa pemerintahan raja terbesar Keraton Kasunanan Surakarta, Paku Buwana X.



Pada 21-28 Agustus 2013, Pekan Syawalan ing Jurug akan berlangsung di Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ). Akan dimeriahkan beragam hiburan dan pertunjukan seni dimana puncak acara akan digelar kirab gunungan ketupat dan prosesi gethek Jaka tingkir yang biasanya melibatkan artis kenamaan. Apresiasi Musik Kebangsaan akan dilaksanakan pada 30 Agustus 2013 di Balaikota Surakarta. Gelaran musik ini sebagai sebuah upaya untuk membangkitkan rasa cinta Tanah Air melalui musik dan lagu bertema kebangsaan.

Photo Courtesy http://pariwisatasolo.surakarta.go.id/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.