TORAJA EXPO 2013

Mei 10, 2013
Keindahan alam dan budaya Tana Toraja, Sulawesi Selatan, yang menakjubkan akan menjadi sorotan publik bersamaan dengan digelarnya Expo Toraja untuk kali pertama. Event ini dijadwalkan berlangsung pada 10-12 Mei 2013 di Jakarta International Exhibition Center, Jakarta.



Toraja Expo 2013 akan menampilkan berbagai atraksi budaya yang menarik dan pertunjukan seni tradisional dari etnis Toraja. Kopi Toraja yang legendaris yang telah dikenal hingga di belahan dunia lain selama berabad-abad juga akan menjadi sorotan. Pengunjung akan pula dimanjakan dengan berbagai pilihan kerajinan dan souvenir terbaik dari Toraja.



Saat “ditemukan" dan mulai dikenal dunia pariwisata sejak awal abad ke-20, Toraja saat ini masih memegang teguh kepercayaan, ritual dan tradisi leluhur. Padahal telah banyak masyarakatnya yang hidup modern atau telah memeluk agama Kristen.



Toraja terkenal dengan ritual upacara pemakaman (Rambu Solo) yang besar-besaran, mahal, dan melibatkan seluruh desa itu. Daya tarik lain dari Toraja yang paling ikonik adalah cara mereka mengubur kerabat yang telah meninggal. Kuburan gua yang menakjubkan serta kuburan gantung di dinding bukit yang curam menjadi pemandangan khas Tana Toraja. Di bagian depan kuburan-kuburan pada tebing tersebut ditemukan pula patung-patung kayu (tau-tau) mirip orang yang dikubur. Kuburan unik tersebut dapat ditemukan di Londa atau Lemo.  Sementara, salah satu situs terbaik untuk mengamati kehidupan tradisional Toraja yang unik dapat disaksikan di Desa Ke'te Kesu.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.