FESTIVAL LEGU GAM 2013: PESTA RAKYAT KESULTANAN TERNATE

Maret 31, 2013
Legu Gam adalah festival rutin yang dirayakan masyarakat Ternate di Maluku Utara. Acara ini untuk merayakan ulang tahun Sultan Ternate dimana masyarakat dari seluruh pulau akan berkumpul di Kedaton atau Istana Sultan Ternate. Tahun ini Festival Legu Gam akan berlangsung dari 31 Maret - 13 April 2013.


Masyarakat Ternate akan berpartisipasi dalam berbagai seni pertunjukan tradisonal dan budaya. Secara harfiah Legu Gam berarti pesta rakyat. Legu Gam merupakan tradisi masyarakat Maluku Utara yang menggambarkan hubungan baik antara keluarga kerajaan dengan rakyat biasa. Simbol dari festival ini adalah tari legu, yaitu tarian kerajaan yang secara tradisional dipentaskan hanya di acara-acara resmi di hadapan sultan.


Festival Legu Gam 2013 akan diisi berbagai macam kegiatan menarik salah satunya adalah tarian bambu gila. Tarian ini adalah bentuk seni unik Maluku. Di dalamnya kental dengan aura mantra, kemenyan, serta sekelompok pria kuat yang bertarung melawan sebatang bambu sepanjang 2,5 meter dan berdiameter 8 cm. Pemandangan menarik ketika menyaksikan bambu bergerak lebih cepat dan liar dan hanya bisa dijinakkan seorang pawang yang memiliki kekuatan supranatural.


Festival Legu Gam 2013 juga akan diisi berbagai acara menarik. Pastikan Anda menyaksikan acara pameran, pertunjukan seni dan budaya, seminar, diving, lomba perahu, berenang, dan kompetisi memancing.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.