PENYAIR SE-ASIA TENGGARA BERKUMPUL DI CANDI MUAROJAMBI

Desember 30, 2012
PENYAIR SE-ASIA TENGGARA BERKUMPUL DI CANDI MUAROJAMBI


Candi Muarojambi akan menjadi tempat bertemunya para penyair se-Asia Tenggara dalam acara Pertemuan Penyair Nusantara VI. Kegiatan tersebut akan berlangsung pada 30 Desember 2012 di Hotel Shang Ratu, Jambi. Tempat ini sekaligus menjadi tuan rumah Seminar Internasional Sastra Nusantara selama tiga hari pada 29 - 31 Desember 2012.

Rencananya para penyair yang hadir adalah dari Malaysia, Singapura, Thailand, Singapura, Kamboja, dan Brunei Darussalam. Ada pula penyair perwakilan dari Korea Selatan dan Perancis. Penyair nantinya akan diboyong berwisata ke Candi Muarojambi sekaligus melakukan pembacaan puisi di panggung yang telah disediakan. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi wahana komunikasi, edukasi dan hiburan langsung bagi wisatawan dan masyarakat.

Selain itu, selama berada di candi bersejarah tersebut para penyair juga akan melakukan proses transformasi ide menjadi karya puisi atau tulisan lainnya. Nantinya karya mereka akan diterbitkan dalam bentuk buku oleh panitia untuk ditransformasikan kepada publik yang ingin mengenal Candi Muarojambi dari sudut pandang penyair.

Candi Muarojambi adalah salah satu khazanah budaya klasik penting di Nusantara peninggalan Kerajaan Melayu Jambi pada abad ke-11. Candi ini telah ditetapkan Presiden SBY sebagai kawasan wisata terpadu pada 2010 dan juga telah diusulkan ke UNESCO untuk masuk daftar warisan dunia.

Photo courtesy by http://perahukayu.wordpress.com/2012

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.