FESTIVAL ZAPIN INTERNASIONAL

November 13, 2012
FESTIVAL ZAPIN INTERNASIONAL


Bulan November akan menjadi waktu terbaik untuk Anda menyambangi Samarinda di Provinsi Kalimantan Timur. Selama 3 hari akan ada Festival Zapin Internasional yang dirangkai dalam Festival Kemilau dan Seni Budaya Etam. Acara tersebut dihelat pada 13 hingga 16 November di Stadion Madya Sempaja.

Festival Tari Zapin Internasional tersebut akan diikuti negara serumpun atau sedataran dengan Kalimantan, seperti Brunei Darussalam, Malaysia, dan sejumlah provinsi di Pulau Kalimantan. Lombanya melibatkan 14 kabupaten dan kota di Kaltim. Jurinya meliptui lima orang, yakni tiga juri dari seniman Tari Zapin di Kaltim, dan dua juri dari Jakarta. Dari masing-masing seni yang dilombakan, selain terdapat tiga juri utama juga terdapat 14 juri yang merupakan pengamat juri.

Dalam rangkaian Festival Kemilau ini digelar pula sejumlah tari dan seni tradisional Kalimantan seperti Tari Kreasi Daerah Pedalaman (Tari Dayak), Musik Kreasi Daerah (Tingkilan dan sejenisnya), dan Tari Kreasi Daerah Pesisir (Jepen).

Tari zapin sendiri merupakan seni khas Melayu yang aslinya dari Timur Tengah dan dibawa para pedagang di awal abad ke-16. Tarian ini sarat pesan moral dan pendidikan sebagai media dakwah Islamiyah yang dilantunkan melalui syair lagu yang didendangkan. Musik pengiringnya meliputi alat musik petik gambus dan tiga buah alat musik tabuh gendang kecil yang disebut marwas.

Photo Courtesy by http://www.kidnesia.com/Kidnesia/Potret-Negeriku

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.