TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL 2012: MENYAKSIKAN FESTIVAL BUNGA SEPERTI DI PASADENA AMERIKA

Agustus 08, 2012
TOMOHON INTERNATIONAL FLOWER FESTIVAL 2012: MENYAKSIKAN FESTIVAL BUNGA SEPERTI DI PASADENA AMERIKA



Sebuah event bertaraf internasional serupa Festival Bunga Pasadena di Amerika Serikat akan kembali digelar di Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Tomohon International Flower Festival (TIFF) berlangsung pada 8 - 12 Agustus 2012. Acara ini akan menampilkan salah satunya pawai kendaraan berhiaskan bunga-bunga indah dan akan diikuti oleh perwakilan negara-negara sahabat, Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi), 15 kabupaten/kota se-Sulut, BUMN, BUMD, serta perusahaan swasta. Kegiatan ini diperkirakan akan dikunjungi sekira 30 ribu orang.

Penyelenggaraan TIFF 2012 kali ini mengangkat tema "Wonderful Tomohon" dan dimaksudkan sebagai wadah promosi pariwisata bersama dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara ke Sulawesi Utara, khususnya ke Kota Tomohon. TIFF diharapkan dapat menjadi wadah promosi pariwisata, perdagangan, investasi dan florikultura bagi kota dan kabupaten se-Indonesia.

Tomohon International Flower Festival (TIFF) 2012 berisi 4 agenda kegiatan utama, yaitu: Tournament of Flower (ToF) (8 Agustus), Kontes Ratu Bunga (10 Agustus), Pameran Pariwisata, Perdagangan, Investasi dan Florikultura (8 - 12 Agustus), serta Festival Seni Budaya Nusantara (8 – 12 Agustus). 

Bukit Inspirasi yang lokasinya sekira 1 km dari pusat kota akan dihiasi bunga-bunga indah. Dinas Pertanian, Peternakan dan Perikanan Kota Tomohon telah menyediakan sedikitnya 3 juta kuntum bunga untuk mewarnai festival ini. Bunga tersebut disediakan oleh 42 kelompok tani dari Kota Tomohon, diantaranya adalah bunga komersil seperti aster dan crysan. 

TIFF sebagai event dua tahunan pertama kali diselenggarakan pada 2008 dimana saat itu masih berskala nasional dengan jumlah peserta sebanyak 46 kota se-Indonesia dan jumlah pengunjungnya sebanyak 20 ribu orang. Pada penyelenggaraan kedua pada 2010 barulah bertaraf international yang diikuti 82 peserta seperti Malaysia, Vietnam, Korea Utara, India, dan Rusia. Saat itu pengunjungnya mencapai 25 ribu orang.

Kota Tomohon sendiri berada sekira 22 km arah timur Kota Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara. Kota ini memang dikenal sebagai penghasil bunga apalagi saat musimnya tiba, saat dimana bunga-bunga bermekaran di berbagai sudut kota, bahkan, itu termasuk juga di setiap halaman rumah penduduk. Kawasan kota bernuansa pedesaan ini banyak ditumbuhi bunga-bunga berwarna-warni dan mustahil tidak mendapati halaman rumah warganya tanpa bunga-bunga indah. Salah satu alasan mengapa itu terjadi karena daerah ini didukung oleh tanah vulkanik yang subur. Udara yang sejuk, suasana kota yang tidak terlalu ramai, dan jalanan yang tidak terlalu lebar telah membuat kota ini begitu nyaman untuk bersantai dan menikmati keindahan beragam bunga berwarna-warni. Bisa jadi Tomohon sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan suasana seperti di negeri Belanda. 

Sebelum atau setelah melihat festival ini, Anda dapat menyambangi perkampungan flora di Kecamatan Tomohon Utara. Di sini ada beragam tanaman hias dalam pot serta bunga potong yang dijual di sederet kios-kios. Di sini tersedia juga tersedia hotel dan resort dimana Anda dapat menikmati panorama dua gunung api yang masih aktif, yaitu Gunung Lokon dan Gunung Mahawu. Berikutnya sayang apabila tidak menyambangi wisata bahari di kawasan Bunaken yang terkenal seperti Bunaken, Pulau Mantehage, Pulau Siladen, dan Pulau Manado Tua.

Untuk informasi dan korespondensi silakan hubungi pihak berikut.
Website: http://tiff2012.tomohon.info/
Email : budpar.tomohon@yahoo.com

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tomohon 
Jl. Raya Tomohon Kakaskasen Tiga, Kompleks Eks Rindam, 
Tomohon 95417
Telp/Fax: (0431) 351 706 

Contact Person :
Ingrid Munaiseche, ST (085343540477)
Chrisnaldus Roring, SE. (085240540897)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.