Juli 13, 2012
FESTIVAL WAYANG INDONESIA 2012



Wayang Nusantara adalah satu dari sekian banyak kemegahan budaya Nusantara. Di dalam seni wayang terselip nilai-nilai budaya, religi, politik, pendidikan, dan juga ekonomi. Dari masa lalunya wayang telah menjadi sarana hiburan, pendidikan, media informasi, dan tentunya ajaran moral.

Wayang adalah salah satu seni pertunjukan asli Indonesia yang telah dikukuhkan UNESCO sebagai warisan mahakarya dunia dalam seni bertutur. Saat ini seiring perkembangan zaman, wayang memiliki ciri khas sesuai asal daerahnya dan mengalami sentuhan modernisasi tanpa menghilangkan akar dan esensinya. Apabila Anda berminat menelusuri lebih lauh dan melihat keindahan karya seni wayang Nusantara maka perlu mengunjungi Festival Wayang Indonesia 2012.

Rencananya Festival Wayang Indonesia 2012 akan digelar pada 13-15 Juli 2012 pukul 10.00 WIB di Kota Tua Batavia, Jakarta, Terutama di Taman Museum Fatahilah dan Museum Wayang. Dalam acara ini akan ada beragam kegiatan menarik beragam pentas wayang, yaitu: wayang golek, wayang kulit, wayang orang, dan wayang purwa. Akan ada pula kegaitan bazaar, bedah buku dan wisata kuliner untuk memeriahkannya.

Pembukaan acara pada 13 Juli akan menampilkan Wayang Suket bersama Ki Slamet Gundana. Berikutnya Wayang Kampoeng Sebelah bersama Ki Jliteng Suparman. Ada juga Konser Karawitan Sunda dan Tari Jaipong dari siswa SMKI Bandung serta Kolaborasi Wayang Golek (30 Dalang) oleh siswa SMKI Bandung.

Pada 14 Juli akan ada acara Lomba Lukis Wayang untuk anak tingkat SD. Ada pula Wayang Beber Metropolitan bersama Ki Andri, dan Wayang Palembang bersama Ki Wirawan.

Pada 15 Juli akan digelar sederet acara menarik yaitu: Pengenalan Wayang dari Sanggar Sarotama oleh Ki Mujiono, Wayang Jazz bersama Ki Sujiwo Tejo, Wayang Golek Betawi bersama Ki Tisar Purbaya, Wayang Shuffle bersama Ki Willem Bevers, dan penutupan dengan pagelaran Wayang Orang bersama Sanggar Swargaloka.

Informasi lebih lengkap silakan kunjungi laman berikut.

http://festivalwayangindonesia.com/

Untuk mengetahui lebih banyak tentang wayang Nusantara kunjungi juga artikel Museum Wayang di Kota Tua Batavia, Jakarta.
photo courtesy : http://istanapromo.com

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.