Mei 08, 2012
ASIA TOURISM FORUM KE-10 DI BANDUNG: “RETHINKING TOURISM” DAN STRATEGI PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN


Asia Tourism Forum ke-10 akan berlangsung pada 8-10 Mei 2012 di Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung, Jawa Barat. Menyusul kesuksesan forum ini sebelumnya yang diadakan di Vietnam, Thailand, Hong Kong, Korea, Perancis, dan Taiwan, tahun ini ATF ke-10 akan menandai perhelatan pertamanya di Indonesia dengan tema, “Rethinking Tourism” dan Strategi Pembangunan Berkelanjutan sebagai fokus utama pembahasan forum tersebut.

Forum Internasional ini merupakan pertemuan dua tahunan industri pariwisata bagi para praktisi, akademisi, peneliti, birokrat pemerintah, dan pembuat kebijakan pariwisata. Meraka akan bersama-sama bertukar informasi penelitian untuk keberlanjutan perkembangan pariwisata di Asia.

Asian Tourism Forum 2012 akan membahas sejumlah studi penelitian pariwisata. Setidaknya ada 55 Lembaga Pariwisata di kawasan Asia-Pasifik yang akan berpartisipasi dalam forum ini, dan sekitar 73 studi penelitian pariwisata akan disajikan di dalamnya. Forum ini juga akan dihadiri perwakilan dari negara-negara Eropa seperti Inggris, Turki, dan Yunani. ATF 2012 dijadwalkan dibuka resmi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Mari Elka Pangestu.

Selain itu Asian Tourism Forum 2012 juga akan membahas Pariwisata Kreatif (Creative Tourism). Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) membahas mengenai potensi pariwisata kreatif lokal di Bandung. Hal ini dikarenakan Bandung memiliki daya tarik kuat bagi wisatawan asing, contohnya seperti kuliner, kerajinan tangan, fashion dan pertunjukan komunitas kreatif. Budaya lokal dan Pariwisata Kreatif merupakan hal menarik sehingga menjadi modal yang kuat untuk menarik minat wisatawan dari mancanegara.

Forum ini akan menampilkan beberapa pembicara terkenal dalam industri pariwisata diantaranya adalah: Profesor Haiyan Song (Profesor di School of the Hotel and Tourism Management, Hong Kong Polytechnic University), Geoff Wall (Profesor Geografi dan Pengelolaan Lingkungan, Universitas Waterloo), Emirsyah Satar (Ketua & CEO Garuda Indonesia), Wiendu Nuryanti (Wakil Menteri  Pedidikan dan Kebudayaan), dan Prof. Dr. Abdul Kadir Haji Din (Professor Manajemen Pariwisata di UUM College of Arts and Sciences, Malaysia).

Pada hari pertama kegiatan forum akan diadakan pembukaan, plenary session dan planel discussion serta welcome dinner. Hari kedua akan dilakukan paper session, poster session, tour dan gala dinner. Hari ketiga, paper session dan penutupan ATF akan dilaksanakan di Gedung Merdeka dan STP Bandung Indonesia.

Informasi lebih lanjut dapat Anda lihat di laman berikut:

http://go.atf2012.com/

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.